HomeTips & TrickGreen & HealthyMacam-macam Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Sambil WFH

Macam-macam Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Sambil WFH

Olahraga adalah gerakan fisik yang dilakukan untuk membuat otot kita tetap bekerja dan membakar kalori agar tubuh menjadi bugar. Ada banyak sekali jenis olahraga ringan dan berat yang bisa kita lakukan, baik itu sekadar jogging, berenang, berjalan kaki, senam, dan masih banyak lagi lainnya. Selama masa pandemi seperti sekarang ini, olahraga bukan lagi menjadi kebutuhan, melainkan menjadi gaya hidup baru. Jenis olahraga yang sedang jadi tren belakangan ini di antaranya adalah golf atau bersepeda untuk outdoor, dan senam atau yoga untuk indoor. Namun, apakah jenis-jenis olahraga yang sedang tren tersebut cocok untuk dilakukan selama WFH? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan Sambil WFH

olahraga ringan

Di masa pandemi, berolahraga di luar ruangan atau outdoor sebenarnya lebih dianjurkan dibandingkan berolahraga di dalam ruangan, apalagi di dalam studio atau gym. Pasalnya, sirkulasi udara di luar ruangan jauh lebih bagus dibandingkan dengan sirkulasi udara di dalam ruangan. Kita bisa melakukan olahraga seperti berjalan, jogging, bersepeda, bulu tangkis atau golf. Namun, jika hendak berolahraga di luar ruangan, kita harus ketat dan disiplin dalam memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, hingga menjaga jarak dengan orang lain.

Jika masih takut untuk berolahraga di luar rumah, kita bisa melakukan olahraga ringan. Seperti yoga, senam, atau aerobik di halaman atau di dalam rumah. Selain sehat, melakukan gerakan yoga juga dipercaya bisa membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, lho. Namun, sebelum melakukan yoga jangan lupa menyiapkan matras sebagai alas agar tidak licin. Setelah itu, kita bisa mulai melakukan berbagai gerakan seperti gerakan sukhasana dan pranayama.  Gerakan sukhasana dilakukan dengan cara duduk dengan kaki menyilang. Lalu kedua tangan diletakkan belakang sembari menahan badan dan kepala menengadah ke atas. Sedangkan untuk gerakan pranayama adalah aktivitas bernapas selama 10 kali. Jika kedua gerakan ini dilakukan secara bersama-sama, maka tidak hanya bisa menguatkan imun tubuh saja. Tetapi juga menghilangkan stress akibat rasa jenuh karena bekerja dari rumah.

Baca juga: Inilah Manfaat Lari Pagi bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Apa saja manfaat yoga?

Gerakan-gerakan yoga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, beberapa di antaranya adalah dapat mengurangi rasa sakit. Setelah bekerja dan duduk di depan laptop seharian, kita mungkin merasa pegal di beberapa bagian seperti pinggang, punggung, bahkan sampai leher. Dengan mempraktikkan yoga, kita bisa mengatasi rasa sakit di beberapa area tersebut. Pasalnya, gerakan yoga serupa dengan stretching yang juga bisa menghilangkan rasa pegal di badan.

Meditasi dalam yoga juga turut membantu kita untuk lebih mahir dalam mengatur napas secara baik dan benar. Ketika sedang bekerja dan tiba-tiba stres datang, kita bisa mempraktikkan pernapasan yang biasa digunakan dalam yoga dan kembali tenang. Setelah rutin melakukan yoga, maka aliran darah akan lebih lancar serta metabolisme tubuh juga terjaga. Hal ini dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak. Sebagai salah satu jenis olahraga ringan, yoga sangat cocok dilakukan sambil WFH. 

Tips Olahraga Ringan untuk Kesehatan Tubuh

olahraga ringan
Sumber: Freepik
  • Waktu melakukan olahraga ringan yang benar sebetulnya tidak ada aturannya, karena olahraga bisa kita lakukan kapan saja. Jika kita hendak berolahraga di malam hari, sebaiknya kita melakukannya 2 jam sebelum tidur. Sedangkan jika dilakukan di pagi, siang, atau sore hari dan kita merasa lapar sebelum olahraga, kita diperbolehkan untuk makan minimal 2 jam sebelum olahraga ringan ataupun berat.
  • Perlu diingat bahwa setelah berolahraga, sangat disarankan untuk tidak langsung mengonsumsi makanan berat.
  • Sebelum melakukan olahraga ringan, kita diwajibkan untuk melakukan pemanasan, dan pendinginan setelah selesai melakukan olahraga. Pemanasan dan pendinginan boleh berdurasi hanya 10 menit saja, asalkan dilakukan dengan baik dan benar. Meskipun berdurasi pendek, pemanasan dan pendinginan sangat penting untuk mengurangi risiko cedera dan akan membawa efek positif yang luar biasa bagi tubuh, otot, jantung, serta organ-organ lainnya.
  • Olahraga yang baik untuk tubuh adalah melakukannya secara rutin dan konsisten. Kita hanya perlu melakukan olahraga ringan selama 30 menit setiap harinya. Jika kita masih terhitung pemula, jangan lupa untuk selalu memulai olahraga ringan secara bertahap. 

Baca juga: Di Rumah Aja, Lakukan Aktivitas Fisik Ini Supaya Tetap Bugar!

Eiger punya sepatu low cut bergaya sporty yang cocok digunakan untuk pemakaian harian dan menemani Eigerian melakukan olahraga ringan di rumah. Florence adalah sepatu ringan dan breathable yang terbuat dari material kulit suede. Rip-stop pada bagian atas sepatu memberikan proteksi water repellent yang berfungsi untuk menjaga kaki tetap kering dari percikan air. Dilengkapi dengan bahan phylon pada bagian midsole, dan rubber pada outsole sepatu ini akan menjamin kenyamanan serta fleksibilitas Eigerian saat beraktivitas sepanjang hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru