HomeTips & TrickMountaineeringMengenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ini Persiapan Ke Sana

Mengenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ini Persiapan Ke Sana

Eigerian sejati tentu paham benar, di Jawa Timur terdapat taman nasional yang memiliki popularitas luar biasa. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, merupakan salah satu taman nasional terbesar yang ada di Indonesia, dan sangat terkenal di kalangan wisatawan atau pendaki di banyak daerah.

Tidak hanya karena medan dan lanskapnya yang luar biasa indah, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga memiliki daya tarik budaya serta ekosistem yang unik. Maka untuk mengenalnya lebih dekat, mari simak di bagian selanjutnya.

Mengenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

bromo tengger semeru
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Letak dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sendiri berada di Jawa Timur, dan masuk dalam beberapa wilayah administratif seperti Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo.

Cukup luas? Jelas, jika dilihat dari bentangan dari barat ke timur, setidaknya jaraknya mencapai 30 kilometer, sedangkan bentangan utara ke selatannya sendiri mencapai 40 kilometer. Tak heran jika taman nasional ini jadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

Baca Juga : Musik Indonesia untuk Mengiringi Hobimu, Kenapa Tidak?

Daya Tarik Lanskap Alam

Di dalam luasnya area Bromo Tengger Semeru ini sendiri terdapat beberapa cagar alam yang bisa dikunjungi, dinikmati, dan dijelajahi. Mulai dari Cagar Alam Pasir Tengger seluar 5.250 hektar, kemudian Cagar Alam Laut Ranu Kumbolo seluas 1.340 hektar, Cagar Alam Ranu Pani-Ranu Regulo seluas 96 hektar

Dengan luas dan beragamnya bentang alam ini, tentu Eigerian tak akan kehabisan tempat untuk dijelajahi bukan?

Daya Tarik Budaya

Dari sisi daya tarik budayanya sendiri, Eigerian bisa bertemu dengan suku Tengger, yang sudah menetap di sana sejak abad ke-9 masehi, sejak era kerajaan Medang di Jawa Timur. Suku Tengger yang hidup di sana tinggal di desa Ngadas dan desa Ranu Pani.

Jika dilihat, kehidupan suku Tengger ini sangat sederhana, namun terasa sangat hangat ketika kamu berinteraksi dengan mereka. Mereka sendiri menggantungkan hidup dari hasil alam dan hasil kebun yang dimiliki di area rumahnya, sehingga memiliki pola hidup sangat sehat.

Penduduk suku Tengger ini juga secara langsung berperan besar pada kondisi alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Merekalah yang menjadi ‘petugas’ penjaga keasrian lingkungan taman nasional, sehingga sampai saat ini masih bisa terjaga dan terus lestari.

Daya Tarik Biota

Selain lanskap dan aspek budaya yang kental, lokasi ini juga dikenal dengan kekayaan alam hayatinya. Mulai dari flora dan fauna, terdapat banyak sekali spesies unik di sini, sehingga tergolong satu ekosistem dengan keragaman yang luar biasa.

Dari data terakhir yang berhasil kami himpun, setidaknya kamu bisa menemukan 38 jenis satwa liar dan ragam flora yang unik. Seperti misalnya cemara gunung, jamuju, edelweis yang memukau, anggrek dan rumput langka, serta rerumputan, centigi, akasia, dan cemara. Terbilang sangat lengkap untuk area seperti ini.

Hal in karena Taman nasional Bromo Tengger Semeru memiliki tiga ekosistem berbeda, yakni sub-montana, montana, dan sub-alphin. Jadi tak heran jika keragaman unsur biota sangat tinggi.

Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Jika Ingin Berkunjung Ke Sana

bromo tengger semeru
Gambar hanya ilustrasi

Beberapa persiapan sebelum berkunjung ke Taman nasional Bromo Tengger Semeru sebaiknya kamu lakukan, agar tidak repot ketika sampai di sana. Agar lebih sederhana dan mudah, kamu bisa melihat yang disampaikan di bawah ini.

Persiapan Fisik, Jelas dan Tak Boleh Dilewatkan

Mempersiapkan fisik secara optimal perlu dilakukan, karena medan yang ada di sana cukup berat. Selain hawa dingin yang akan menyerang kamu secara bertubi-tubi track yang tersedia juga cukup berat untuk pemula.

Memang untuk menjelajahinya, kamu bisa saja menyewa jasa mobil off-road untuk urusan ini. Tapi akan sangat disayangkan jika pengalaman pertama kamu tidak langsung menapaki permukaan pasir di sana bukan?

Pakaian Lengkap, dan Hangat

Selanjutnya yang juga tak boleh dilewatkan adalah pakaian lengkap, dan yang pasti hangat. Mengingat kondisi di Bromo Tengger Semeru sangat dingin, maka pakaian hangat harus selalu dikenakan. Mulai dari kaos, jaket, sarung tangan, penutup kepala, celana panjang, hingga sepatu boots, baiknya disiapkan sebelum kamu berangkat ke sana.

Makanan dan Minuman Ringan

Untuk sedikit mengisi tenaga, jangan lupa juga untuk membawa makanan dan minuman ringan saat Anda berkunjung ke sana. Jika tidak membawa bekal, belilah dari pedagang lokal yang tersedia, sehingga kamu sekaligus bisa membantu perekonomian warga sekitar.

Baca Juga : Perhatikan 3 Hal Ini, Saat Memilih Sepatu Touring 

Well, kunjungan ke Bromo Tengger Semeru sendiri hingga saat ini memang masih dibatasi dan kamu harus melakukan pemesanan secara online. Tapi tak ada salahnya bukan untuk mencari informasi dan mempersiapkan diri?Dalam kunjungan kamu selanjutnya ke Taman nasional Bromo Tengger Semeru, pastikan kamu didukung dengan peralatan lengkap dan berkualitas dari Eiger Adventure. Tidak main-main, setiap perangkat yang disediakan Eiger Adventure memiliki standar produk yang tinggi sehingga menjamin kenyamanan dan keamanan kamu saat bertualang. Kunjungi laman produknya, dan dapatkan produk terbaik sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru