HomeTips & TrickGreen & HealthyAntisipasi BB Naik Setelah Lebaran, Coba Olahraga Membakar Kalori Ini!

Antisipasi BB Naik Setelah Lebaran, Coba Olahraga Membakar Kalori Ini!

Lebaran seringkali dihubungkan dengan meningkatnya konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat dan kalori tinggi. Nah, untuk mengantisipasi kenaikan berat badan selama periode ini, olahraga membakar kalori bisa jadi strategi terbaik. 

Eigerian perlu menetapkan jadwal rutin untuk berolahraga sebelum dan sesudah hari raya. Jadwal rutin ini nantinya akan membantumu dalam mempertahankan konsistensi dalam berolahraga. Kemudian, Eigerian bisa memilih jenis olahraga dengan intensitas tinggi karena aktivitas ini membantu membakar kalori lebih efisien dalam waktu yang lebih singkat.

Penasaran, apa saja olahraga membakar kalori yang efektif untuk mengantisipasi kenaikan berat badan setelah Lebaran? Simak rekomendasinya di bawah ini, yuk!

Jenis Olahraga Membakar Kalori yang Bisa Dilakukan di Rumah

olahraga membakar kalori
Sumber: Eiger Adventure

Olahraga menjadi salah satu cara yang efektif untuk membakar kalori dan mempertahankan berat badan yang sehat. Ketika Eigerian berolahraga, tubuh akan menggunakan energi yang disimpan dalam bentuk kalori untuk mendukung aktivitas fisik. Berikut ini ada beberapa jenis olahraga membakar kalori yang paling direkomendasikan dan bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

  1. Lari di Tempat: Eigerian bisa melakukan lari di tempat selama beberapa menit untuk meningkatkan denyut jantung dan membakar kalori. Selain itu juga bisa ditambahkan variasi dengan melakukan lompatan atau menggerakkan lengan secara aktif.
  2. Skipping atau Lompat Tali: Skipping atau lompat tali merupakan olahraga kardiovaskular yang efektif untuk membakar kalori. Eigerian bisa melakukannya di dalam rumah dengan menggunakan tali lompat atau melakukan gerakan skipping di tempat.
  3. Gerakan Kardio Berbasis Lantai: Gerakan seperti jumping jack, high knees, burpees, mountain climbers, dan skater jumps adalah beberapa contoh gerakan kardiovaskular yang bisa Eigerian lakukan di rumah tanpa peralatan.
  4. Senam Aerobik: Olahraga membakar kalori berikutnya yang bisa dilakukan di rumah adalah senam aerobik atau zumba dengan melihat video yang tersedia secara online. Senam aerobik ini bisa jadi cara yang menyenangkan untuk membakar kalori dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular.
  5. Latihan Kekuatan Tubuh: Latihan kekuatan seperti push-up, sit-up, squat, lunges, dan plank juga bisa diandalkan untuk membantu memperkuat otot-otot tubuh dan juga membakar kalori.
  6. Peregangan dan Yoga: Meskipun tidak secara langsung dapat membakar kalori sebanyak olahraga kardiovaskular, tapi yoga dan peregangan tetap penting untuk meningkatkan fleksibilitas, memperbaiki postur, serta meredakan stres. Ini juga akan membantu menjaga keseimbangan antara latihan kardio dan kekuatan.
  7. Berjalan atau Lari di Tangga: Jika Eigerian memiliki tangga di rumah, coba lakukan berjalan atau lari di tangga sebagai latihan kardiovaskular yang efektif. Ini bisa membakar banyak kalori dalam waktu singkat, lho.

Baca juga: Simak 7 Manfaat Gym dan Tips Aman Melakukannya bagi Pemula

Tips Agar Semangat Berolahraga

olahraga membakar kalori
Sumber: Eiger Adventure

Meskipun terbukti banyak manfaatnya, namun kebanyakan orang seringkali merasa malas untuk berolahraga. Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga semangat berolahraga yang bisa Eigerian praktikkan:

  1. Tetapkan Tujuan yang Realistis: Tetapkan tujuan yang spesifik, terukur, dan realistis untuk diri sendiri. Misalnya, Eigerian menentukan target jumlah latihan per minggu atau waktu tertentu untuk menjaga berat badan ideal setelah Lebaran.
  2. Cari Aktivitas yang Dinikmati: Pilihlah aktivitas yang dinikmati sehingga Eigerian cenderung untuk melakukannya secara teratur. Cobalah berbagai jenis olahraga dan temukan yang paling sesuai dengan minat dan preferensimu, ya.
  3. Jadwalkan Waktu Khusus untuk Olahraga: Tips berikutnya, tentukan jadwal rutin untuk berolahraga dan masukkan ke dalam rutinitas harianmu. Menjadwalkan waktu untuk olahraga seperti menjadwalkan janji penting lainnya akan membantumu memprioritaskan kebugaran fisik.
  4. Temukan Partner atau Grup Olahraga: Berolahraga dengan teman atau bergabung dengan grup olahraga juga bisa memberikan dukungan dan motivasi tambahan. Bersama-sama, Eigerian dapat saling mendorong dan bertanggung jawab satu sama lain.
  5. Variasi dan Tantangan: Cobalah untuk membuat variasi dalam jenis olahraga yang Eigerian lakukan untuk mencegah kebosanan dan memicu semangat baru. Tantang diri sendiri dengan mengatur target baru atau mencoba latihan-latihan yang lebih intens atau kompleks.
  6. Hadapi Hambatan dengan Solusi: Identifikasi hambatan-hambatan yang mungkin menghalangimu untuk berolahraga, seperti kurangnya waktu atau kelelahan. Lalu carilah solusi untuk mengatasinya, misalnya dengan menyesuaikan jadwal latihan atau mencari cara untuk meningkatkan energi.
  7. Beri Hadiah pada Diri Sendiri: Jangan lupa berikan hadiah pada diri sendiri setelah mencapai tujuan tertentu atau mempertahankan konsistensi dalam berolahraga. Tentunya, ini bisa berupa sesuatu yang menyenangkan atau bermanfaat.

Selalu ingat manfaat positif dari berolahraga, baik itu untuk kesehatan fisik, mental, ataupun emosional. Memahami betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan dapat menjadi motivasi tambahan untuk tetap bergerak.

Baca juga: Bisa Dilakukan Saat Puasa, Inilah 6 Olahraga Ringan untuk Perempuan

Selain itu, pastikan untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi fisik. Eigerian bisa mengkombinasikan berbagai jenis olahraga untuk menciptakan rutinitas latihan yang bervariasi dan efektif dalam membakar kalori serta meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. Supaya lebih semangat berolahraga, pastikan untuk menggunakan outfit olahraga yang nyaman. Tak perlu bingung karena Eigerian bisa menemukannya di website resmi EIGER Adventure.

Supaya lebih praktis dan mudah, kini Eigerian juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang bisa diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya tersedia lebih lengkap, ada banyak promo menarik, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia, lho. Cek koleksi terbarunya sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru