HomeTips & TrickGreen & HealthyBisa Dilakukan Saat Puasa, Inilah 6 Olahraga Ringan untuk Perempuan

Bisa Dilakukan Saat Puasa, Inilah 6 Olahraga Ringan untuk Perempuan

Bulan puasa tentunya bukan alasan bagi kita untuk tidak menjaga kondisi tubuh. Terlebih buat kamu para perempuan yang ingin tetap bergerak aktif. Ayo, ketahui seperti apa olahraga ringan untuk perempuan yang bisa dilakukan saat puasa!

Sebelum berolahraga, kita tentu harus mengenali terlebih dahulu kondisi tubuh kita. Jika tubuh memberikan alarm untuk beristirahat karena tidak enak badan atau sakit, maka jangan dipaksakan untuk bergerak, ya Eigerian.

Sebaliknya, jika kamu merasa sehat, pilihlah olahraga yang ringan dan sesuai dengan kemampuanmu. Tidak perlu memacu tubuh untuk bergerak cepat dan berat karena hal itu malah akan membuatmu kelelahan dan lemas.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, yang terpenting adalah terus bergerak secara rutin dengan berolahraga minimal 30 menit. Eigerian bisa menambah durasi sesuai kemampuan tubuh secara perlahan nantinya.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi olahraga ringan yang bisa dilakukan para perempuan selama berpuasa:

Bisa Dilakukan Saat Puasa, Inilah 6 Olahraga Ringan untuk Perempuan

Olahraga ringan untuk perempuan

1. Yoga dan pilates

Olahraga yang satu ini pastinya menjadi salah satu olahraga ringan yang masih dapat dilakukan perempuan selama masa puasa.

Kedua olahraga ini dapat membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Di samping itu, sirkulasi darah dan kekuatan otot perut juga dapat dilatih dengan olahraga ini. Tentunya, berguna untuk membentuk otot perut serta mengurangi gejala gangguan pada perut seperti kram perut saat berpuasa.

2. Jalan Santai

Salah satu olahraga ringan untuk perempuan yang cocok saat puasa dan bisa dilakukan adalah jalan santai.

Aktivitas fisik ini dapat membuat kamu menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung, otot, dan tulang. Selain itu, olahraga ini ringan untuk dilakukan sehingga tidak rentan menyebabkan dehidrasi akibat keringat yang mengucur. Meski begitu, ada baiknya untuk melakukannya di sore hari saat menjelang berbuka puasa.

3. Joging Salah Satu Olahraga Ringan untuk Perempuan

Jika jalan santai dianggap terlalu mudah dilakukan, kamu bisa coba lakukan joging. Joging selama kurang lebih 10 menit dapat membakar 180-266 kalori, berdasarkan berat badan individu.

Kamu bisa melakukannya di pagi hari saat masih banyak energi tersimpan atau di sore hari untuk menghabiskan tenaga yang tersisa karena akan berbuka puasa.

4. Dance workout

Olahraga yang menggabungkan dua aktivitas, yaitu menari dan olahraga ini cocok untuk dijadikan pilihan olahraga saat sedang berpuasa.

Dance workout juga memiliki manfaat yang baik, dapat membantu meningkatkan mood dan membakar kalori dengan efektif. Pastikan untuk melakukan olahraga ini di sore hari ketika sudah mendekati waktu berbuka, ya Eigerian.

5. Bersepeda

Bersepeda santai dengan jarak yang dekat hingga sedang dapat menjadi salah satu olahraga saat puasa yang tepat.

Selain membakar kalori dan lemak, kegiatan ini juga dapat mengencangkan otot serta menyehatkan jantung. Selain itu, bersepeda dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga perasaan stres dapat hilang.

6. Berenang

Olahraga berenang dapat membantu meringankan kelelahan secara fisik dan psikologis. Selain itu, dengan melakukan olahraga berenang, pengaturan mood, anxiety, hingga kelelahan yang sering terjadi pada perempuan juga bisa diatasi.

Selain bisa membantu meregulasi mood saat berpuasa, menurut laman Byrdie, berenang merupakan olahraga ringan yang juga tetap dapat dilakukan saat sedang dalam masa menstruasi. Eigerian bisa memilih waktu sekitar 1 jam sebelum berbuka untuk melakukan olahraga ini.

Baca Juga: Olahraga saat Puasa dan 13 Manfaatnya

Saat berpuasa, hal yang perlu diperhatikan adalah waktu yang tepat untuk berolahraga agar tidak mengganggu puasa dan aktivitas harian. Atur jam olahraga pada saat pagi hari setelah sahur atau menjelang berbuka puasa.

Dengan begitu, risiko untuk alami dehidrasi lebih kecil. Pastikan tidak berolahraga di siang hari saat udara sedang panas karena dapat membuat tubuh lemas dan dehidrasi.

4 Tips Agar Kamu Makin Semangat Olahraga

Olahraga ringan untuk perempuan

1. Lakukan olahraga di alam terbuka

Olahraga sambil menghirup udara segar tentunya lebih menyenangkan. Eigerian bisa melakukannya di pagi hari sambil mengitari taman di sekitar rumah.

Di samping itu, kamu bisa memanfaatkan fasilitas olahraga yang disediakan di taman sehingga gerakan olahraga pun bisa lebih beragam. 

2. Olahraga bersama keluarga atau teman

Agar olahraga di bulan puasa lebih bersemangat, kamu bisa melakukannya bersama-sama dengan keluarga maupun teman.

Berjalan bersama sambil mencari takjil, atau pergi ke pasar mencari bahan masakan untuk berbuka akan lebih menyenangkan dan berkeringat. Sambil bercanda dan bercerita di jalan, perjalanan tidak akan terasa. Semua senang, keringat keluar, dan badan terasa lebih fit. 

3. Olahraga bersama diiringi musik  

Musik membuat olahraga lebih menyenangkan dan bersemangat. Pilih musik yang sesuai dengan selera dan cocok untuk mengiringi kamu berolahraga.

Selain hati menjadi senang, pikiran lebih tenang, olahraga yang dilakukan semakin lama akan tak terasa. Nikmati lagunya, sesuaikan iramanya, dan teruslah bergerak.

4. Lakukan olahraga sambil beraktivitas di kantor

Untuk Eigerian yang bekerja kantoran dan sedang menjalani ibadah puasa, olahraga tetap bisa dikerjakan di sela-sela kesibukan jam padat. Hanya dengan duduk di kursi kemudian menggerakkan tangan dan kaki selama 10-15 menit, tubuh akan terasa lebih segar.

Baca Juga: 10 Tips Naik Gunung Ketika Puasa Supaya Tidak Batal

Tampil Stylish dan Nyaman Saat Olahraga Menggunakan Outfit dari EIGER

Ayo, tetap jaga kebugaran tubuhmu selama bulan Ramadan ini, Eigerian. Jangan lupa lengkapi perlengkapan olahragamu dengan outfit dari EIGER, mulai dari legging, kerudung, baselayer, jaket, kaus kaki, dan lainnya.


Segera kunjungi eigeradventure.com dan EIGER Adventure Store terdekat di kotamu, atau kamu juga bisa belanja melalui EIGER Adventure mobile apps. Unduh aplikasinya sekarang juga di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS karena banyak keuntungan yang sayang buat dilewatka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru