HomeTips & TrickTravelingSimpel, Ini 7 Tips Outdoor Cooking untuk Kegiatanmu!

Simpel, Ini 7 Tips Outdoor Cooking untuk Kegiatanmu!

Aktivitas luar ruang yang berlangsung dalam beberapa hari biasanya juga harus disertai dengan urusan memasak. Meski mungkin kamu cukup jago ketika memasak di dapur, tapi nyatanya outdoor cooking memiliki tantangan tersendiri yang membuatnya jauh lebih tricky dari yang kamu kira.

Seperti namanya, outdoor cooking adalah aktivitas memasak yang dilakukan di luar ruang. Konteks kegiatanya bisa beragam, mulai dari camping, mendaki gunung, trekking, atau jelajah alam dan berbagai kegiatan lain yang dilakukan baik secara individu atau berkelompok.

Nah untuk membantu Eigerian supaya hasil masakan yang dihasilkan tidak hanya edible tapi juga lezat dan bernutrisi, beberapa tips ini bisa digunakan menjadi acuan.

Baca Juga: Cara Melakukan Kayaking untuk Pemula, Perhatikan Tipsnya

1. Buat Rencana Masak yang Cermat

Terbilang cukup klise dan membosankan, tapi punya rencana memasak akan jadi hal yang sangat berguna. Beberapa informasi penting seperti jumlah orang yang akan makan, berapa kali akan memasak, hingga mungkin alergi yang dimiliki seseorang bisa jadi pertimbangan utama.

Dengan informasi ini, Eigerian bisa merencanakan makanan apa yang akan dimasak, seberapa banyak jumlahnya, dan metode memasak paling nyaman yang bisa dipakai. Semakin detail informasi dan recananya, maka semakin mudah juga waktu memasak yang kamu punya.

Cook planning ini bisa juga membantu kamu melakukan meal preparation sehingga semua bahan bisa dibawa dengan baik, tidak berlebihan, dan siap dimasak pada waktunya nanti.

2. Makanan Sederhana, Outdoor Cooking Jadi Praktis!

outdoor cooking
Sumber: Eiger Adventure

Enak dan bernutrisi tidak perlu merujuk ke makanan mewah, tapi makanan sederhana bisa jadi opsi teratas Eigerian. Alasan utama tentu karena proses memasak yang mudah dan bahan makanan yang bisa ditemukan tanpa harus berusaha terlalu sulit.

Makanan sederhana yang bisa dibuat seperti omelet telur, omelet mi instan, salad, pancake, kemudian beberapa masakan berbahan dasar telur, sosis, nugget, smoke beef, toast, dan sejenisnya. Makanan ini cukup memberikan tenaga untuk aktivitas, dan mudah dimasak dan disiapkan.

Tidak ada salahnya juga Eigerian mencoba membawa marinasi daging ayam untuk daging yang dikonsumsi. Tapi tentu, persiapan yang dilakukan harus lebih banyak. Tapi selama semua sudah dipersiapkan dengan baik, tidak ada masalah.

3. Organisir Urusan Memasak dengan Baik

outdoor cooking
Sumber: Eiger Adventure

Mungkin cukup banyak yang menganggap hal ini berlebihan, tapi memiliki pengelolaan yang baik pada urusan outdoor cooking bisa meningkatkan efisiensi kegiatan ini.

Keluarkan hanya bahan makanan yang akan dimasak, gunakan hanya peralatan yang diperlukan, nyalakan kompor seperlunya, bersihkan semua alat masak setelah dipakai, dan kembalikan semua ke tempatnya semula.

Dengan langkah-langkah simpel ini area memasak dan tenda akan menjadi lebih rapi dan terlihat bersih setiap saat. Memasak tidak jadi sebuah beban, karena area kerja selalu mendukung untuk proses yang diperlukan.

4. Sebaiknya Tidak Usah Mencoba-Coba Menu

outdoor cooking
Sumber: freepik.com

Sumber: freepik.com

Well saran yang cukup bijak dan mempertimbangkan kepentingan banyak orang karena makanan akan dikonsumsi semua rombongan, masak hanya makanan yang Eigerian tahu atau pernah masak saja.

Kegiatan luar ruang selalu memerlukan asupan makanan untuk mengembalikan energi. Maka akan sangat lebih baik jika makanan yang dimasak dan dimakan bernutrisi serta bisa dinikmati oleh semua orang.

Bukan berarti tidak boleh bereksperimen untuk soal masakan dan makanan dalam outdoor cooking, tapi untuk opsi lebih aman, memasak makanan-makanan yang sudah pernah dimasak dan yakin dengan rasanya lebih direkomendasikan.

5. Selalu Jaga Kebersihan Area Memasak

outdoor cooking
Sumber: Eiger Adventure

Outdoor cooking, selain menantang dari segi masakan dan cara memasak, juga menantang dari sisi kebersihan dan higienitasnya. Tidak heran jika tips sebelumnya membahas mengenai kebersihan dari area memasak yang Eigerian punya.

Tujuannya tentu agar masakan yang dihasilkan dibuat dari bahan yang bersih, dimasak hingga matang, dan disajikan dalam keadaan matang tanpa adanya kontaminasi dari bakteri atau zat lain yang bisa meracuni makanan.

Selain itu, area masak yang bersih juga sedap dipandang ‘kan?

6. Cari Lokasi yang Jauh dari Semak Belukar

outdoor cooking
Sumber: freepik.com

Hal terakhir yang Eigerian butuhkan adalah kejadian di luar perkiraan, seperti memicu kebakaran, harus bertemu dengan hewan liar yang berbahaya, dan risiko lain sejenisnya. Jadi setidaknya memastikan lokasi yang jauh dari semak belukar atau dedaunan kering bisa jadi langkah paling sederhana yang bisa kamu lakukan.

Cari lokasi yang cukup datar dan nyaman untuk berkegiatan selama kamu memasak. Di area berkemah, lokasi seperti ini tidak akan terlalu sulit ditemukan.

7. Pakai Peralatan Berkualitas untuk Outdoor Cooking

Ada beberapa peralatan yang sebaiknya kamu siapkan, dengan kualitas yang tidak boleh main-main. Mulai dari kompor portabel, gas kaleng, nesting atau cooking set, pisau lipat, serta alat makan seperti sendok dan garpu.

Kompor Portabel

outdoor cooking
Sumber: Eiger Adventure

Perangkat ini menjadi sumber api untuk kegiatan outdoor cooking dan meletakkan berbagai wadah untuk memasak. Untuk peralatan ini, kamu bisa memakai Eiger Campfire Stove Yellow dengan harga Rp254,320 saja. Tentu untuk bisa dipakai kamu juga memerlukan gas kalengan yang bisa dengan mudah didapatkan di berbagai toko.

Untuk pelengkapnya, kamu bisa menggunakan Firemaple Windshield FMW-508 sebagai penahan angin di sekitar kompor.

Nesting atau Cooking Set

outdoor cooking
Sumber: Eiger Adventure

Cooking set ini, seperti namanya, dipakai untuk memasak berbagai makanan yang kamu punya. Kamu bisa merebus atau menggoreng makanan dengan perangkat nesting atau cooking set ini. Dari Eiger Adventure, kamu bisa mencoba Eiger Cooking Set 1.0 Orange dengan harga Rp298.320 saja. Peralatan yang ada dalam bundle-nya sudah dibuat dari alumunium dengan hard anodizing sehingga tahan gores.

Cutlery atau Alat Makan

outdoor cooking
Sumber: Eiger Adventure

Untuk bisa menyantap makanan dengan nyaman, kamu juga perlu satu perangkat cutlery atau alat makan. Alat makan ini bisa berupa sendok, garpu, spork, atau set lengkap berisi beberapa alat makan sekaligus. Eiger Adventure memiliki Eiger Cutlery Set SS Kitchenware yang bisa kamu gunakan untuk urusan ini denga harga hanya Rp122,320 saja.

Pisau Lipat Serbaguna

outdoor cooking
Sumber: Eiger Adventure

Kamu perlu pisau lipat yang tajam dan berguna untuk mendukung kegiatan memasak. Eiger Ning Knives 3941 Knives bisa jadi opsi menarik meski memang sekarang ini persediaannya sedang kosong di gudang Eiger Adventure.

Baca Juga: Ini 5 Spot Rafting Bandung yang Bisa Eigerian Coba 

Itu tadi setidaknya tujuh tips outdoor cooking yang bisa dibagikan pada Eigerian sekalian. Tentu saja, untuk mendapatkan peralatan dan perlengkapan memasak yang berkualitas untuk kegiatan di luar ruang, Eigerian bisa langsung masuk ke situs resmi Eiger Adventure. Harga terbaik, jaminan produk ori, gratis ongkir, hingga opsi metode pembayaran yang beragam bisa didapatkan. Persiapkan semuanya, dan maksimalkan pengalaman yang kamu dapatkan! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru