HomeTips & TrickTravelingIni 5 Spot Rafting Bandung yang Bisa Eigerian Coba

Ini 5 Spot Rafting Bandung yang Bisa Eigerian Coba

Salah satu kegiatan outdoor yang tergolong ekstrim dan seru untuk dicoba adalah rafting. Kegiatan ini banyak dibuka di berbagai daerah dengan aliran sungai yang menantang, sehingga menawarkan pengalaman yang sulit dilupakan. Untuk Eigerian yang ada di Jawa Barat, rafting Bandung bisa jadi opsi yang menarik untuk disambangi.

Kota ini mendapat julukan Paris Van Java bukan tanpa sebab. Keindahan dataran tinggi dan pegunungan yang dimilikinya benar-benar mengesankan, dipadukan dengan kekayaan kuliner dan keramahan penduduknya.

Selain itu, Bandung juga ternyata memiliki beberapa spot untuk rafting yang seru, karena sungainya yang memiliki aliran deras, cukup lebar, dan meliuk-liuk.

Beberapa rekomendasi tempat rafting Bandung bisa Eigerian cermati di bawah ini.

Baca Juga: Sama-Sama Seru, Kenali Perbedaan Rafting Sungai dan Arung Jeram

1. Sungai Palayangan Pangalengan

rafting bandung
Sumber: Situs atourin.com

Terletak di kawasan Objek Wisata Situ Cileunca Pangalengan, Eigerian bisa mencapainya dengan berkendara dua jam dari pusat Kota Bandung. Bisa dibilang rafting yang ada di sungai ini adalah salah satu yang paling populer.

Jalur rafting yang ada di sungai ini mencapai 5 kilometer, dengan aliran yang cukup stabil. Selain bisa menikmati pengalaman berarum jeram dengan seru, Eigerian juga akan mendapatkan bonus pemandangan hutan pinus yang sangat sejuk.

Sebagai informasi, jeram yang ada di area sungai ini terbagi menjadi beberapa kategori. Terdapat tujuh jeram tingkat III, dan sebelas jeram tingkat II dengan beragam bentuk berbeda. Dengan variasi ini, Eigerian pasti akan dapat pengalaman seru saat mencobanya.

2. Sungai Cisangkuy, Bandung Selatan

rafting bandung
Sumber: Situs travelen.com

Rekomendasi rafting Bandung yang kedua ada di Sungai Cisangkuy. Lokasinya ada di Desa Cikalong, Kecamatan Lumajang, sekitar 45 menit dari pintu tol Soreang. Salah satu daya tarik dan keseruan yang ditawarkan adalah ukuran sungainya yang besar, dan berbatu-batu.

Didominasi oleh jeram dengan tipe standing wave dan cusion, badan Eigerian dijamin akan bergoyang saat menerjang jeram yang ada di sini. Dikombinasikan dengan pemandangan indah serta udara sejuk, pengalaman yang membekas di ingatan pasti bisa didapatkan.

Jalur terpanjang yang tersedia pada rafting di sini adalah sejauh 20 kilometer. Penasaran ingin mencobanya?

3. Sungai Ciwidey

rafting bandung
Sumber: Situs fantastrip.id

Sungai Ciwidey jadi tujuan berikutnya yang bisa dicoba. Letaknya ada di Jalan Raya Soreang-Ciwidey, Sukajadi, Soreang, Kabupaten Bandung. Dengan jalur sepanjang 4 kilometer, kamu bisa mencoba pengalaman arum jeram singkat tapi tetap terasa seru.

Cukup banyak opsi paket perjalanan untuk arum jeram di sungai ini, mulai dari short trip, medium trip, hingga long trip, bisa dipilih sesuai dengan keinginan Eigerian. Jeramnya juga cukup bervariasi, antara tingkat II dan tingkat III yang silih berganti untuk menambah pengalaman yang kamu dapatkan.

4. Rafting di Ciater

rafting bandung
Sumber: Situs kompasiana.com/Al Fiani Nenden

Mencoba arum jeram di Ciater bisa jadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu luang dan mendapatkan pengalaman baru. Jeram yang ada di sini adalah jeram buatan, dan ada rekayasa aliran air dengan beberapa pintu air di titik strategis.

Jika rafting biasanya dinikmati karena angin yang dingin, di Ciater Eigerian bisa menikmati rafting dengan sensasi air hangat dari pintu air yang ada. Menarik bukan?

Terletak di sebelah utara Bandung, kamu bisa mencapainya dengan cukup mudah karena tempat wisata ini terkenal dan banyak dikunjungi masyarakat. Sepertinya yang satu ini cocok untuk pemula ya?

5. Sungai Citumang, Pangandaran

rafting bandung
Sumber: Situs indowalk.com

Sungai Citumang sendiri ada di Kabupaten Pangandaran, dan sudah lama dikenal memiliki keindahan alam yang memukau. Jeram yang ada di sungai ini cenderung ringan dan cocok untuk agenda rekreasional. Jadi kamu yang sama sekali belum pernah mencoba rafting bisa tetap menikmati suasana dan pengalaman dengan aman.

Ada beberapa opsi operator yang menyelenggarakan wisata rafting di sungai ini. Harganya juga akan beragam, dan bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Selain bisa menikmati pengalaman rafting yang aman, kamu juga akan disuguhi pemandangan alam yang tenang serta sungai yang jernih.

Baca Juga: Teknik & Tips Fotografi Alam yang Hasilnya Kece bagi Pemula 

Gunakan Peralatan Lengkap agar Rafting Lebih Aman!

Masing-masing jeram dan sungai memiliki karakternya masing-masing, sehingga menjadikan rafting Bandung sebagai salah satu agenda wisata yang seru untuk dicoba. Tentu saja untuk bisa menikmati kegiatan ini, Eigerian wajib menggunakan peralatan yang disediakan oleh operator demi keselamatan dan kenyamanan berarum jeram.

Nah untuk melengkapi peralatan yang digunakan, Eigerian juga wajib membawa beberapa barang untuk mendukung kenyamanan arum jeram yang akan dilakukan. Mulai dari pakaian yang nyaman untuk kegiatan basah-basahan, pakaian ganti, alas kaki yang nyaman seperti sandal gunung, dan hal lain seperti sunblock atau obat-obatan pribadi.

Beberapa produk ini bisa Eigerian temukan dengan mudah di rekomendasi berikut ini.

Eiger Tronnador 2.0 T-Shirt

rafting bandung
Sumber: Eiger Adventure

Dirancang secara khusus untuk kegiatan luar ruang, kaos ini tidak hanya bisa Eigerian pakai untuk trekking dan hiking saja. Karena terbuat dari bahan yang cepat kering, produk ini cocok untuk rafting. Harganya adalah Rp176.900.

Eiger Etrier MT Shorts Update

rafting bandung
Sumber: Eiger Adventure

Untuk celana, produk ini bisa menjadi opsi menarik. Bahan yang digunakan poliester elastis anti abrasi di bagian lutut dan belakang, sehingga membantu kamu bergerak leluasa tanpa terasa panas. Harganya sendiri adalah Rp505,900.

Eiger WS Lorentz XG 3L Jacket

rafting bandung
Sumber: Eiger Adventure

Agar tidak terasa dingin saat berada di area rafting Bandung, kamu juga bisa menggunakan jaket keren ini. Terbuat dari pertex shield untuk memastikan Eigerian terlindung, sebab bahan in dirancang dengan konstruksi menyatukan material yang ringan dengan membran waterproof breathable serta windproof. Kamu juga bisa terhindar dari guyuran hujan tapi tetap bebas lembab karena adanya ventilasi ritsleting di bagian ketiak. Dengan harga Rp2,534,900, kamu bisa membawa pulang salah satu produk andalan Eiger Adventure ini.

Eiger Prowess 2.0 Sandals

rafting bandung
Sumber: Eiger Adventure

Nah sandal gunung ini akan cocok dipakai rafting, karena bisa membantu kamu melindungi bagian jari-jari. Tersedia sampai ukuran 45, kamu bisa membawa pulang sandal keren ini dengan harga Rp407,900 saja. 

Itu tadi rekomendasi 5 rafting Bandung yang bisa Eigerian coba. Tentu saja, semua harus dilakukan dengan aman dan sesuai arahan instruktur, agar pengalaman yang didapatkan benar-benar seru tapi tetap mengutamakan keselamatan. Untuk produk-produk Eiger Adventure yang disebutkan di atas, Eigerian bisa langsung mengklik namanya, dan belanja di situs resmi Eiger Adventure. Harga terbaik, gratis ongkir, produk ori, dan metode pembayaran yang beragam, dijamin pengalaman belanja yang didapatkan juga berkesan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru