HomeTips & TrickTravelingKetahui 5 Tips Traveling ke Nepal di Sini!

Ketahui 5 Tips Traveling ke Nepal di Sini!

Buat kamu yang mau traveling ke Nepal, ketahui 5 tips traveling ke Nepal di sini, yuk!

Nepal adalah kota yang terletak di antara daratan Asia Selatan yang berbatasan dengan sebelah utara Republik Rakyat Tiongkok serta India sebelah barat, timur dan selatan. Kota yang dijuluki Negeri 1000 kuil ini, memiliki pesona pegunungan yang menakjubkan di sekitarnya. 

Salah satu pesona pegunungan yang terkenal di Nepal adalah Gunung Everest. Selain itu, Nepal juga memiliki daya tarik di wisata spiritualnya yang bersejarah.

Tips Traveling ke Nepal

Nah, kalau kamu punya rencana akhir tahun liburan ke Nepal, ayo ketahui tips traveling ke Nepal berikut ini:

1. Ketahui bahasa yang digunakan di Nepal

Bahasa yang digunakan di Nepal adalah bahasa lokal Nepali. Namun jangan khawatir karena Bahasa Inggris juga cukup populer di lokas-lokasi wisata di kota ini. 

Jadi saat menyusuri Nepal, kamu masih bisa jalan-jalan hanya bermodalkan Bahasa Inggris. 

2. Gunakan mata uang Rupee Nepal

Saat melakukan perjalanan ke luar negeri, wisatawan tentu harus menukar uang rupiah ke negara tujuan terlebih dahulu. 

Nah, kalau ke Nepal kamu perlu menukar uang rupiah ke uang Rupee Nepal terlebih dahulu, ya Eigerian.

Baca juga: Fungsi dan Cara Menggunakan Gembok Koper Selama Traveling

3. Ketahui sim card dan akses wifi yang dipakai di Nepal

Hal yang tidak kalah penting untuk diketahui berikutnya adalah akses internet yang bisa dipakai di Nepal. Agar bisa mendapatkan akses internet yang cukup cepat, kamu bisa pergi ke cafe-cafe di Kathmandu.

Sementara provider yang paling populer di Kota Nepal adalah Ncell.

4. Selesaikan urusan visa online Nepal

Sebelum berwisata ke Nepal, pastikan urusan visa online sudah selesai, ya Eigerian. Proses apply visa traveling Nepal tanpa visa maksimal 60 hari.

5. Ketahui biaya menginap di Nepal

Untuk menemukan tempat menginap di Nepal, tidaklah sulit. Di sana kamu bisa menemukan berbagai jenis penginapan dengan berbagai variasi harga. 

Kisaran harga menginap di Nepal, yaitu sekitar $5 dan $35. Berikut adalah jenis penginapan yang bisa kamu jadikan referensi untuk menginap selama traveling di Nepal.

Rekomendasi Tempat Traveling ke Nepal

Nepal memiliki empat musim, musim yang paling sempurna untuk menikmati tempat traveling ke Nepal adalah setelah monsoon yang terjadi akhir bulan September hingga akhir bulan November. Pada waktu tersebut, cuaca cenderung kering dan awan cerah pada waktu tersebut. 

Jika begitu, deretan pegunungan Himalaya akan lebih tampak jelas. Nah, berikut rekomendasi tempat traveling ke Nepal yang bisa kamu kunjungi:

Baca juga: Inilah 6 Aplikasi Traveling yang Wajib Ada di Smartphone!

1. Nagarkot

Kalau kamu ingin menikmati pemandangan Pegunungan Himalaya, kamu bisa berkunjung ke Nagarkot. Letaknya, ada di pinggiran utara Lembah Kathmandu. 

Tidak hanya Pegunungan Himalaya, di sana jamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Everest di sebelah Timur Laut. Lokasi Nagarkot bisa ditempuh 4 jam dari pusat Kota Kathmandu. 

2. Stupa Boudhanath

Stupa Boudha adalah situs warisan budaya dunia yang lokasinya ada di area perdagangan kuno antara Tibet dan Nepal. Warisan budaya ini dikenal sebagai stupa bundar terbesar di dunia. 

Stupa Boudhanath bisa dikunjungi kapan pun karena buka 24 jam.

3. Museum Patan

Museum Patan adalah warisan religius kuno Hindu dan Buddha yang terletak di Lembah Kathmandu. Wisata warisan religius ini menjadi salah satu museum kuno terbaik di kawasan Asia Selatan. 

4. Kuil Pashupati Nath

Kuil Pashupati Nath terletak di pinggiran Kathmandu dan menjadi lokasi spiritual tertua dan tersuci. Tempat ini berada di samping aliran Sungai Bagmati. 

Biasanya, Kuil Pashupati Nath ramai dikunjungi oleh penganut agama Hindu lokal dan turis mancanegara ketika Festival Maha Shivaratri. 

Pilihan Transportasi Traveling ke Nepal

Saat traveling ke Nepal, kamu bisa menggunakan transportasi berikut ini:

1. Taksi

Penggunaan tarif bus untuk taksi di Nepal biasanya menggunakan tarif meteran. Kendati begitu, biasanya supir taksi tidak ingin menyalakan meteran dan lebih memilih untuk memberikan harga di muka. 

2. Bis umum

Nah, kalau kamu ingin naik transportasi yang harganya lebih murah, kamu bisa memakai bus umum. Biasanya, bus umum bergabung dengan penduduk lokal dan cenderung melaju dengan lebih lambat. 

3. Rikshaw

Kalau kamu ingin merasakan keramaian kota, berkeliling ke Kathmandu sangat direkomendasikan. Untuk pergi ke sana, kamu bisa naik rikshaw atau becak. Mirip seperti di Indonesia, kamu mesti nego terlebih dahulu sehingga bisa naik rikshaw di Nepal dengan harga yang tepat. 

4. Pesawat

Sama seperti bepergian ke destinasi jarak jauh lainnya, untuk ke Nepal kamu bisa menggunakan pesawat. 

Baca juga: Cegah Alergi Dingin Kambuh Saat Traveling di Alam Terbuka, Pakai 5 Tips Ini!

Makanan Khas saat Traveling ke Nepal

Sama-sama menjadi bagian dari kawasan Asia Selatan, Nepal memiliki cita rasa makanan yang mirip dengan Indonesia. Makanan di Nepal, penuh dengan rempah dan pedas.

Nepal dekat dengan India bagian barat, jadi tak heran kamu akan menemukan makanan-makanan ala kari dengan cita rasa yang kuat. Inilah rekomendasi makanan khas Nepal yang bisa dicoba:

1. Mutton curry

Mutton curry adalah sejenis kari yang kuahnya kental. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan chapati dan beras basmati. 

2. Dal bhat

Indonesia memiliki hidangan yang mirip dengan dal bhat, yaitu nasi rames atau nasi campur. Hidangan ini berisi sup kacang, kari, sayuran, dan menu daging. 

3. Lamb bhutuwa

Kalau kamu mau hidangan yang mengenyangkan, cobain menu daging domba panggang khas Nepal ini, deh! Hidangan ini sudah nikmat hanya dengan nasi hangat dan acar tomat yang segar.

4. Veg pulao

Veg pulao adalah makanan nasi khas Nepal yang menyehatkan. Hidangan ini terdiri dari beras basmati dengan campuran sayur. Biasanya, menu makanan ini dihidangkan sebagai makan malam.

Seru Traveling ke Nepal Bersama EIGER

Nah, itulah tips traveling ke Nepal. Biar traveling ke Nepal semakin seru, kamu bisa memakai produk EIGER, seperti EIGER Armma Sweater, EIGER Serena Vest, dan perlengkapan naik gunung dari EIGER. 

Ayo belanja perlengkapan traveling di eigeradventure.com atau EIGER Store Adventure terdekat di kotamu! Gratis ongkir, produk original, pembayaran dengan banyak metode, dan punya harga terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru