HomeTips & TrickRidingTips Berkendara Sepeda Motor di Jalan Banjir Supaya Tetap Aman

Tips Berkendara Sepeda Motor di Jalan Banjir Supaya Tetap Aman

Tips Berkendara Sepeda Motor atau mengendarai sepeda motor dengan terpaksa menerjang jalan banjir tidak boleh sembarangan. Pasalnya, air bisa masuk ke mesin dan menyebabkan kerusakan pada mesin sepeda motor kita.

Oleh karena itu, perlu diketahui tentang batas aman motor untuk menerobos jalan banjir. Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, sebelum melintasi jalanan yang tergenang banjir kita perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah ketinggian air.

Sebelum melintas jalan banjir, kita perlu memastikan bahwa ketinggian air tidak melebihi dari ujung knalpot sepeda motor. Kemudian, kita juga perlu memastikan terlebih dahulu apakah ruas jalan tersebut aman untuk dilewati atau tidak.

Hal ini sangat penting, untuk memastikan agar sepeda motor kita tidak macet di tengah perjalanan yang akhirnya semakin menyusahkan kita karena harus mendorong dalam kondisi jalanan tergenang banjir.  Jika sepeda motor sudah mengalami mogok ketika melintas di jalan yang tergenang air, sebaiknya tidak langsung dihidupkan.

Penyakit Motor yang Sering Muncul Saat Banjir

jalan banjir

Jalanan banjir memang sebisa mungkin harus dihindari, karena dampak yang disebabkan ketika menerjang genangan air bisa mengerikan bagi kondisi sepeda motor kita. Sepeda motor bisa rusak begitu saja ketika nekat menerjang banjir. Setidaknya, ada 4 penyakit sepeda motor yang bisa timbul karena menerjang banjir yang wajib diketahui. 

  1. Terlalu sering menyusuri banjir akan memperbesar kemungkinan rangka sepeda motor menjadi berkarat. Hal ini tentu saja membuat rangka sepeda motor menjadi keropos dan rawan patah mendadak di kemudian hari. Bahkan besar kemungkinan jika bagian ini perlu diganti dengan biaya yang tentunya tak sepele.
  2. Air yang masuk ke dalam mesin juga akan membuat kendaraan menjadi rentan terhadap kerusakan. Jika tidak segera dikuras oli, maka piston sepeda motor bisa rusak, dan memaksa motor kesayangan kita untuk singgah di bengkel.
  3. Sebagian pengendara sepeda motor mungkin yakin bahwa sepeda motornya tidak bisa kemasukan air. Tapi tidak hanya itu, pendinginan mesin yang tiba-tiba mau tidak mau akan menyebabkan lubang piston (liner) menyempit. Jika mesin dalam kondisi hidup, di mana suhu di dalam mesin cukup tinggi, maka bagian yang bergerak seperti piston akan memuai. Jika lubang piston menyusut,maka hal ini akan menyumbat piston dan menyebabkan leher piston menjadi bengkok.
  4. Terkadang pengendara tidak menyadari bahwa kabel motor sudah kendor karena sudah tua. Jika terkena air, maka dapat menyebabkan hubungan arus pendek. Belum lagi kalau aki motor kebanjiran, maka kita harus siap-siap membeli aki yang baru! 

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan secara rutin untuk sepeda motor agar kondisinya selalu terjaga. Jika terpaksa harus menerjang jalan banjir, ada beberapa tips dan trik yang bisa kita lakukan agar tetap nyaman dan aman dalam berkendara. Penasaran kan

Tips dan Trik Menghadapi Jalan Banjir

  1. Jangan menjadi orang pertama yang melintasi jalan banjir. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa dalam genangan air di jalan yang akan kita lewati tersebut.
  2. Usahakan untuk selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain di depan. Hal ini dilakukan agar kita bisa menjaga kecepatan konstan selama melewati genangan air. 
  3. Hindari untuk menerobos banjir yang terdapat di lajur dua arah.
  4. Usahakan untuk menjaga putaran mesin tetap stabil. 
  5. Hindari penggunaan rem depan untuk menghindari rem blong ataupun terpeleset. 
  6. Tutup komponen aliran udara dan kelistrikan. Cara ini sering dilakukan oleh pengendara sepeda motor saat terjebak dalam jalan banjir dan terpaksa melewatinya. Siapkan plastik dan karet untuk melindungi komponen saluran udara seperti filter udara, karburator, tutup oli, dan juga cangklongan busi. Pastikan menutup dengan rapat supaya tidak ada celah untuk air masuk.
  7. Untuk motor dengan kopling atau motor bebek, pertahankan gigi terendah. Sedangkan untuk motor matic, berikan rpm tinggi yang disertakan dengan rem. 

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini, Saat Memilih Sepatu Touring

Pelajari Teknik Pengereman yang Tepat

Tips Berkendara Sepeda Motor

Tips Berkendara Sepeda Motor Berkendara di jalan banjir harus ekstra hati-hati karena kondisi jalannya licin. Kita juga harus memperhatikan teknik pengereman yang aman selama berkendara. Jika kita salah melakukan teknik pengereman, maka akan memperbesar resiko kecelakaan. Berikut ini ada beberapa tips dalam teknik pengereman yang tepat saat berkendara dalam kondisi hujan dan menghadapi jalan banjir. 

  1. Gunakan empat jari untuk membantu mengurangi kecepatan sepeda motor lebih maksimal.
  2. Sebelum mengerem, pastikan kita mengurangi kecepatan sepeda motor dengan menutup tuas gas, terutama jika kita mengendarai motor matic.
  3. Usahakan tangan kita memegang stang motor dengan kuat. Cara ini perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas motor saat di jalan dan menghindari jika tiba-tiba ban motor selip.
  4. Saat musim hujan, gunakan rem depan dan rem belakang. Jika kita menggunakan satu rem saja misalnya rem belakang, maka hal ini dapat membuat ban belakang terjadi selip dan kita bisa tergelincir.

Baca juga: Posisi Badan yang Tepat Agar Nyaman dan Aman Saat Riding Motor

Belanja perlengkapan riding, di mana lagi kalau bukan di Eiger Adventure. Berbagai macam riding gear berkualitas bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera. Ada banyak diskon yang sayang sekali untuk dilewatkan, lho. Jadi, tunggu apa lagi?

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments