HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Langkah Sederhana Penghijauan Lingkungan, Mulai dari Diri Sendiri!

7 Langkah Sederhana Penghijauan Lingkungan, Mulai dari Diri Sendiri!

Melakukan penghijauan lingkungan memiliki banyak manfaat positif dan penting, lho. Tentunya ada banyak alasan mengapa penghijauan lingkungan perlu dilakukan. Di antaranya adalah penyediaan oksigen, penyerapan karbondioksida, peningkatan kualitas udara, keseimbangan ekosistem, dan lain sebagainya.

Penghijauan lingkungan bisa menjadi langkah penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan mendukung kualitas hidup yang lebih baik bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk memulai gerakan penghijauan lingkungan?

Langkah-Langkah Sederhana Penghijauan Lingkungan

penghijauan lingkungan
Sumber: Eiger Adventure

Penghijauan lingkungan bisa dimulai dari langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan oleh individu ataupun komunitas. Nah, berikut ini ada beberapa langkah sederhana yang dapat diambil untuk mendukung penghijauan:

1. Tanam Pohon dan Tanaman

Eigerian bisa menanam pohon atau tanaman di sekitar rumah atau area sekitar. Pohon-pohon ini nantinya akan memberikan manfaat besar dalam menyediakan oksigen, meredam suara, dan memberikan bayangan.

2. Bangun Taman atau Kebun Kecil

Membuat taman kecil atau kebun di halaman belakang rumah atau di tempat umum juga bisa jadi langkah sederhana untuk penghijauan lingkungan. Taman ini akan menjadi tempat untuk menanam tanaman hias, sayuran, atau buah-buahan.

3. Pilih Transportasi Ramah Lingkungan

Berpindah ke transportasi yang ramah lingkungan, seperti bersepeda, berjalan kaki, atau menggunakan transportasi umum juga menarik untuk dilakukan. Hal ini akan membantu mengurangi emisi gas buang dan mendukung lingkungan yang lebih bersih.

4. Daur Ulang dan Kurangi Sampah

Sebaiknya lakukan daur ulang material seperti kertas, plastik, dan logam. Eigerian juga perlu mengurangi penggunaan bahan sekali pakai dan hindari pemborosan. Dengan mengurangi sampah, itu artinya kita dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

5. Pilih Produk Ramah Lingkungan

Pilihlah produk yang memiliki label ramah lingkungan atau terbuat dari bahan-bahan daur ulang. Ini bisa mencakup pakaian, peralatan rumah tangga, atau produk sehari-hari lainnya.

6. Hemat dan Menjaga Kualitas Air

Hemat penggunaan air dengan cara memperbaiki kebocoran, memasang shower yang hemat air, dan mengurangi penggunaan air pada kegiatan sehari-hari. Jaga kualitas air dengan cara membuang limbah secara bijak dan menggunakan produk yang tidak mencemari air.

7. Ikut serta dalam Kegiatan Penghijauan Komunitas

Eigerian juga bisa bergabung dalam kegiatan penghijauan komunitas, seperti penanaman pohon bersama atau proyek penanaman hijau lainnya. Kerjasama dalam skala komunitas tentunya dapat memberikan dampak yang lebih besar.

Ingat, perubahan kecil dalam gaya hidup, seperti mengurangi penggunaan plastik, menggunakan produk ramah lingkungan, dan meminimalkan jejak karbon dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Jadi, jangan ragu untuk mulai ambil peran dalam penghijauan lingkungan, ya!

Baca juga: Cara Mudah Membuat Pupuk Organik yang Sehat dan Aman

Memulai Penghijauan Lingkungan di Sekitar Tempat Tinggal

penghijauan lingkungan
Sumber: Eiger Adventure

Bagi Eigerian yang tertarik untuk membuat taman kecil di rumah untuk berkontribusi pada penghijauan lingkungan, serta menciptakan lingkungan yang nyaman dan sejuk di sekitar rumah, ikuti beberapa tips ini!

  1. Pertama, pilihlah lokasi yang mendapatkan cukup cahaya matahari, terutama jika Eigerian berencana menanam tanaman yang membutuhkan sinar matahari langsung. Pertimbangkan juga faktor-faktor seperti drainase tanah dan angin, ya!
  2. Lalu, sesuaikan ukuran dan bentuk taman dengan ruang yang tersedia. Taman kecil bisa ditempatkan di balkon, halaman belakang, atau bahkan di dalam pot-pot di dekat jendela.
  3. Jika Eigerian memiliki ruang terbatas, pertimbangkan untuk menggunakan pot atau wadah untuk menanam tanaman. Ini memungkinkanmu untuk mengatur taman di berbagai bagian rumah.
  4. Lalu, pilih tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitar rumah. Pertimbangkan juga kebutuhan tanaman terhadap cahaya, air, dan suhu.
  5. Gabungkan tanaman hias dengan tanaman yang dapat memberikan manfaat, seperti tanaman obat ataupun sayuran. Ini tidak hanya meningkatkan estetika, tetapi juga akan memberikan manfaat.
  6. Pilihlah tanaman dengan tinggi yang berbeda untuk memberikan dimensi dan struktur pada taman kecilmu. Tanaman rendah bisa ditempatkan di bagian depan, sedangkan tanaman yang lebih tinggi dapat ditempatkan di belakang.
  7. Jangan lupa memanfaatkan bahan daur ulang untuk membuat pot atau dekorasi taman. Botol plastik bekas, potongan kayu, atau kontainer lainnya bisa memberikan sentuhan kreatif dan berkelanjutan pada taman.
  8. Berikan perawatan yang rutin pada taman kecilmu, termasuk penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan. Perawatan yang baik tentunya akan membantu tanaman tetap sehat dan taman tetap indah.

Baca juga: Banyak Manfaatnya, Yuk Gunakan Produk Ramah Lingkungan!

Membuat taman kecil di rumah bukan hanya menyegarkan udara sekitar, tetapi juga akan memberikan peluang untuk berpartisipasi dalam penghijauan lingkungan di tingkat rumah tangga.

Selain membuat taman di sekitar rumah, jangan lupa untuk selalu menggunakan produk ramah lingkungan dari EIGER seperti tas belanja kain, botol minum, dan penggunaan bahan-bahan daur ulang untuk pembuatan produknya. Langsung saja kunjungi website resmi EIGER Adventure dan temukan berbagai koleksi terbaru dengan harga terbaiknya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru