HomeTips & TrickMountaineering5 Fungsi Utama Pelindung Kaki Naik Gunung, Sudah Tahu?

5 Fungsi Utama Pelindung Kaki Naik Gunung, Sudah Tahu?

Agenda naik gunung yang sudah tertunda lama akhirnya kini bisa dilaksanakan, meski musim hujan mulai datang. Perlengkapan yang berkualitas selalu Eigerian perlukan supaya pendakian berjalan lancar, salah satunya adalah pelindung kaki naik gunung.

Disebut dengan istilah gaiter, perangkat ini sebenarnya adalah tambahan untuk melindungi bagian kaki yang berada di atas sepatu. Gaiter umum dipakai pada pendakian di area yang terjal, penuh semak belukar, atau trek berbatu yang bisa mencederai kaki Eigerian.

Baca Juga: 8 Tips Agar Tetap Aman dan Nyaman Mendaki Gunung Saat Hujan

Lebih Lanjut, Ini Fungsi Gaiter dalam Pendakian

Pelindung kaki naik gunung
Sumber: freepik.com

Seperti yang disinggung secara singkat pada paragraf pembukaan tadi, gaiter atau pelindung kaki naik gunung memiliki fungsi utama untuk melindungi bagian kaki di atas sepatu dari gesekan, benturan, atau cedera ringan lain yang muncul karena batu atau ranting.

Tapi secara lebih detail, setidaknya ada lima fungsi lain idealnya dijalankan oleh gear yang satu ini.

1. Menjaga Kenyamanan

Gaiter digunakan untuk menjaga kenyamanan di dalam sepatu, supaya benda kecil seperti kerikil, lumpur, atau salju dan pasir tidak masuk ke dalam sepatu dan mengganggu kenyamanan. Lagipula hal ini juga bisa membuat bagian kaki lecet dan memicu terjadinya cedera.

2. Menghalau Air

Selain menghalau benda kecil untuk masuk ke sepatu, pelindung kaki ini juga bisa membantu menghalau air secara langsung masuk ke dalam sepatu. Hal ini sangat terasa saat kamu melalui medan yang basah, menghadapi hujan, atau melangkah di kubangan.

3. Melindungi Celana

Gesekan tidak hanya terjadi di bagian sepatu saja, tapi juga bagian bawah celana. Sialnya, gesekan di bagian bawah celana ini bisa mengikis celana yang kamu pakai dan membuatnya menjadi aus. Gaiter kemudian bisa memberikan perlindungan di bagian bawah celana sehingga celana yang dipakai tidak mudah rusak.

4. Mengurangi Risiko Lintah dan Serangga

Selain kelembapan, tantangan yang harus dihadapi saat melintasi area basah adalah adanya serangga dan lintah yang bisa dengan mudah menempel di kaki. Nah dengan memakai gaiter, risiko ini bisa ditekan karena praktis area terbuka pada kaki bisa dikurangi.

5. Menjaga Celana Tetap Kering

Hal ini akan terasa saat kamu melintasi area tanah basah atau rerumputan setelah hujan atau di pagi hari. Bagian bawah celana bisa dengan mudah menyerap air, dan membuat langkahmu semakin berat. Eigerian yang memakai pelindung kaki naik gunung bisa menghindari hal ini agar tidak terjadi.

Kenali Pelindung Kaki Naik Gunung Berkualitas, Pilih Produk yang Tepat

Untuk bisa memilih produk pelindung kaki naik gunung yang tepat dan berkualitas, kamu bisa menggunakan empat acuan utama berikut ini. Setidaknya dengan empat acuan ini kamu bisa mendapatkan opsi produk yang lebih pas dipakai untuk naik agenda naik gunung.

  • Pertama, pastikan gaiter yang akan kamu beli waterproof, sebab tanpa fitur ini fungsinya akan terbatas pada perlindungan gesekan saja, dan bukan pada paparan air
  • Kedua, pilih produk dengan bobot yang ringan. Gaiter seharusnya bisa dipakai tanpa menambah beban terlalu signifikan di bagian kaki, sehingga langkah bisa tetap terasa nyaman dan ringan
  • Ketiga, cari pelindung kaki naik gunung yang punya desain mudah dipakai dan mudah dilepas. Dengan begini kamu bisa menggunakannya tanpa memerlukan banyak waktu, dan segera dibersihkan setelah sampai ke tempat pendirian tenda atau saat beristirahat
  • Keempat, pastikan ukurannya pas dengan kaki, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. Gaiter yang pas akan menjalankan fungsinya dengan baik sehingga kamu bisa melakukan perjalanan dengan nyaman dan terlindung

Begini Kira-Kira Cara Memakainya

Pelindung kaki naik gunung

Sumber: freepik.com

Yang perlu kamu pahami adalah produk gaiter punya banyak jenis dan bentuk. Tapi intinya gear ini digunakan di kaki bagian bawah, dengan menggunakan pengait, dan penutup yang bisa diatur sedemikian rupa.

Setelah kamu memilih produk gaiter yang akan dipakai, cermati dulu bentuk dan desainnya. Pastikan kamu bisa memakai gaiter sesuai dengan desain produk ini, sehingga fungsi yang dijalankan benar-benar maksimal.

Pelindung kaki naik gunung umumnya punya tiga bagian yang dapat dikaitkan dan dikencangkan. Pada bagian atas atau di bawah lutut, kemudian pada bagian tengah yang ada di area betis atau tulang kering, dan di bagian bawah yang nantinya akan dikaitkan pada tali sepatu serta dilingkarkan ke bagian bawah sepatu dan dikaitkan ke sisi gaiter yang lain.

Posisikan gaiter pada kaki yang tepat, kemudian coba pasang masing-masing pengait atau pengencang pada kaitannya masing-masing. Dapat dipastikan setiap tali atau pengait memiliki ‘pasangan’ di sisi lain sehingga dapat dikaitkan dengan baik.

Atur kekencangan masing-masing pengait, dan pastikan bagian atas dan bawah gaiter sudah terpasang cukup kencang sehingga bisa menjalankan fungsinya untuk melindungi bagian kaki dan celana yang kamu pakai.

Coba goyangkan dan gunakan untuk melangkah, jika tidak ada perubahan posisi artinya kamu sudah memasang pelindung kaki naik gunung dengan cara yang benar.

Baca Juga: Eigerian, ini Seven Summit Jawa Barat yang Aman untuk Didaki 

Untuk bisa mendaki gunung dengan nyaman, gaiter memang tepat untuk menemani di waktu hujan. Tapi hal ini bukan berarti gear lain seperti sepatu, celana, dan pakaian tidak penting. Beberapa rekomendasi produk di bawah ini bisa kamu gunakan untuk mendukung agenda pendakianmu.

Eiger Outland X28 pro Pants

Pelindung kaki naik gunung
Sumber: Eiger Adventure

Dirancang untuk petualangan, celana ini didukung dengan fitur mechanical stretch sehingga nyaman dipakai. Kamu juga bisa dengan mudah menyematkan gaiter di bagian lutut sehingga terpasang kencang. Harganya adalah Rp449,100 sampai Rp499,000.

Salvator

Pelindung kaki naik gunung
Sumber: Eiger Adventure

Sepatu jungle boots ini didesain untuk mendukung aktivitas luar ruang yang kamu lakukan, seperti di area hutan dan sebagainya. Kokoh dan solid, sepatu ini akan memberikan perlindungan sempurna untuk kakimu. Harganya ada di angka Rp1,169,100 sampai Rp1,299,000.

Skywalk Mid Cut Sock

Pelindung kaki naik gunung
Sumber: Eiger Adventure

Nah untuk mendukung kenyamanan di dalam sepatu Salvator, kamu bisa menggunakan produk kaos kaki ini. Dengan harga hanya Rp89,000 saja, kenyamanan dan fitur canggihnya bisa kamu rasakan.

Itu tadi sekilas tentang informasi pelindung kaki naik gunung yang bisa dibagikan pada artikel ini.

Tentu Eigerian sudah paham benar di mana harus mencari produk yang diperlukan jika ingin naik gunung bukan? Situs resmi Eiger Adventure menawarkan berbagai benefit jika berbelanja langsung di bagian produknya. Gratis ongkir, harga terbaik, metode pembayaran beragam, hingga jaminan kualitas original, semua akan didapatkan. Dapatkan apa yang kamu perlukan sekarang di situs resmi Eiger Adventure!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru