HomeTips & TrickMountaineering7 Perlengkapan Masak di Gunung yang Wajib Dibawa Eigerian

7 Perlengkapan Masak di Gunung yang Wajib Dibawa Eigerian

Jika Eigerian ditanya tentang salah satu kegiatan yang pasti dilakukan saat mendaki gunung dalam waktu beberapa hari, apa yang pertama terbersit dalam pikiran? Salah satunya tentu keperluan logistik untuk memasak. Maka tidak heran jika persiapan perlengkapan masak di gunung jadi hal yang tidak boleh diabaikan.

Perlengkapan memasak akan memegang peran penting dalam membuat makanan yang diperlukan untuk mengembalikan stamina. Maka dari itu, perlengkapan masak di gunung juga sebenarnya cukup lengkap, tapi hadir dalam ukuran portabel dan ringkas sehingga mudah dibawa.

Beberapa perlengkapan masak di gunung yang idealnya masuk dalam bawaan Eigerian antara lain adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Lagi, 5 Simpul Tali Temali untuk Kegiatan Luar Ruang

1. Kompor Portabel

Dengan ukuran yang ringkas dan struktur yang cukup kokoh, Eigerian sebaiknya membawa kompor ini untuk memudahkan proses memasak. Nantinya kompor ini akan disambungkan dengan gas kaleng dengan ukuran yang sama ringkasnya, untuk membuat api.

Memang tidak masalah kalau Eigerian ingin mencoba memasak menggunakan kayu bakar dan membuat tungku dari batu. Tapi akan jauh lebih praktis jika kompor ini dibawa dan menjadi kelengkapan di dalam logistik.

Opsi produknya cukup banyak, dengan berbagai fitur yang juga bersaing. Jadi kamu tidak perlu cemas untuk mendapatkan produk yang tepat.

2. Gas Kaleng

perlengkapan masak di gunung
Sumber: freepik.com

Akan menjadi sumber bahan bakar utama dari kompor yang kamu bawa, gas kalengan ini bisa dengan mudah ditemukan di minimarket atau toko peralatan pendakian gunung terdekat yang ada di lokasimu.

Harganya cukup terjangkau, dimensinya ringkas, tapi sangat direkomendasikan untuk membawa beberapa kaleng gas dalam satu kali pendakian karena penggunaannya cukup boros. Namun demikian jika Eigerian ingin berhemat, pengisian ulang bisa dilakukan pada penyedia jasa perbaikan korek yang ada di pinggir jalan.

Produk gas kalengan sendiri dijual secara bebas di berbagai lokasi. Jadi jika Eigerian lupa membelinya, kemungkinan besar produk ini tersedia di toko dekat area pendakian.

3. Cooking Set Aluminium

Well sebenarnya tidak harus menggunakan cooking set dari bahan alumunium. Tapi dengan model seperti ini, beban yang harus dibawa tidak akan terlalu besar karena cooking set ini tergolong ringan dan tidak memakan banyak tempat.

Opsi lain yang bisa digunakan adalah nesting. Perlengkapan masak di gunung ini fleksibel dari sisi penggunaan, sehingga jadi pilihan menarik untuk orang-orang yang ingin perjalanan dan barang bawaannya lebih ringkas saat melakukan pendakian.

Kelengkapan yang ada dalam satu cooking set biasanya mulai dari panci, teflon, mangkuk, spatula, dan beberapa perlengkapan kecil lainnya.

4. Sendok, Garpu, Pisau

perlengkapan masak di gunung
Sumber: freepik.com

Dalam bentuk portabel sebenarnya sendok, garpu, dan pisau yang digunakan adalah bentuk lipat. Hal ini ditujukan untuk menghemat ruang dan mengurangi beban barang bawaan yang harus digendong di dalam tas carrier.

Untuk pisau sendiri, Eigerian bisa menggunakan pisau lipat yang ringkas dengan berbagai peralatan kecil lain di dalamnya. Namun jika memang benar-benar ingin ditujukan untuk memasak, pisau dengan jenis lain juga bisa dipakai selama cukup tajam.

Selama perjalanan, pastikan peralatan lipat ini disimpan dalam posisi yang benar agar tidak rusak atau merusak perlengkapan lain karena terbuat dari logam yang cukup keras.

5. Piring dan Gelas

Nah selanjutnya untuk perlengkapan masak di gunung adalah piring dan gelas. Dua perlengkapan ini juga wajib dibawa supaya Eigerian bisa makan makanan yang sudah dimasak dengan nyaman, serta minum dengan baik.

Untuk opsinya sendiri tersedia beberapa jenis, seperti piring dan gelas melamin, model plastik sekali pakai, atau bahan lainnya. Dalam pemilihan jenis piring dan gelas yang digunakan, ada baiknya didiskusikan dengan rombongan.

Hal ini karena jika menggunakan model sekali pakai, sampah yang dihasilkan harus dibawa turun kembali. Sedangkan untuk model melamin atau logam yang digunakan berkali-kali, harus dibersihkan setelah digunakan agar tidak memicu bau  tak sedap.

6. Perlengkapan Masak di Gunung: Korek

perlengkapan masak di gunung
Sumber: freepik.com

Untuk bisa menyalakan api, Eigerian jelas memerlukan korek. Memang bukan benda yang berukuran besar atau merepotkan untuk dibawa, tapi tetap ingat untuk hati-hati dalam penggunaannya agar tidak memicu hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukan pendakian.

7. Penerangan

Memang sebenarnya tidak menjadi perlengkapan masak di gunung yang paling penting, tapi membawa sumber penerangan bisa membantu proses memasak lebih nyaman dan terlihat jelas progresnya.

Eigerian bisa dengan mudah menggunakan senter, headlamp, atau lampu dan sumber cahaya lain yang dibawa untuk menerangi masakan yang sedang diproses.

Baca Juga: Akan Mendaki? Ini Cara Melatih Fisik Agar Tidak Cepat Lelah 

Rekomendasi Produk dari Eiger Adventure

Eiger Campfire Stove Yellow

perlengkapan masak di gunung
Sumber: Eiger Adventure

Dengan harga hanya Rp256,900 saja, kamu bisa mendapatkan kompor berkualitas dari Eiger Adventure ini.

Eiger Cooking Set 1.0 Orange

perlengkapan masak di gunung
Sumber: Eiger Adventure

Untuk produk cooking set sendiri, Eiger menyediakan Eiger Cooking Set 1.0 Orange yang berisi panci dan wajan. Tahan lengket dan anti gores, harganya hanya Rp300,900 saja.

Eiger Meal Package

perlengkapan masak di gunung
Sumber: Eiger Adventure

Dengan harga hanya Rp167,900 saja, Anda akan mendapatkan satu set perlengkapan makan berupa mangkok, spork, sumpit, dan carry bag.

Carabiner Mug 1.0

perlengkapan masak di gunung
Sumber: Eiger Adventure

Unik dan mudah dibawa, Anda dapat memperoleh mug keren ini dengan harga hanya Rp96,900 saja.

Coghlans Match Box Storage

perlengkapan masak di gunung
Sumber: Eiger Adventure

Estetis dan fungsional mungkin adalah dua hal yang muncul ketika Eigerian pertama melihat produk ini. Produk ini kedap air sehingga cocok untuk membawa korek api. Harganya adalah Rp39,500.

Eiger Rectify Lantern

perlengkapan masak di gunung
Sumber: Eiger Adventure

Berfungsi baik untuk menjadi sumber penerangan, produk ini dapat dibawa pulang dengan harga Rp247,900. 

Itu tadi sekilas tentang beberapa perlengkapan masak di gunung yang idealnya dibawa Eigerian, beserta rekomendasi produk yang bisa dipilih dari Eiger Adventure. Sedikit pengingat, agar senantiasa membeli produk Eiger Adventure di situs resminya. Hal ini akan memberikan benefit berupa harga terbaik, gratis ongkos kirim produk, jaminan produk ori, dan opsi pembayaran yang beragam untuk meningkatkan kenyamanan berbelanja. Segera dapatkan produk dari Eiger Adventure untuk pendakianmu, dan rasakan semua kemudahan yang diberikan!7 Perlengkapan Masak di Gunung yang Wajib Dibawa Eigerian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru