HomeTips & TrickLifestyle9 Olahraga Ekstrem Terpopuler, Cocok Buat Adrenaline Junkies!

9 Olahraga Ekstrem Terpopuler, Cocok Buat Adrenaline Junkies!

Para adrenalin junkies pastinya tak akan ada habisnya untuk mengeksplorasi banyak jenis olahraga ekstrem yang populer dan bisa dilakukan di Indonesia. Bukan olahraga biasa yang bisa dilakukan meski minim persiapan atau skill, jenis olahraga tak biasa ini dianggap memiliki tingkat bahaya tinggi dan memacu adrenalin. 

Olahraga ekstrem memang bisa dilakukan oleh mereka yang berpengalaman dan punya jam terbang tinggi. Tapi buat Eigerian yang tertarik untuk mencobanya tetap diperbolehkan dengan catatan harus memiliki bekal pengetahuan, perlengkapan, pengalaman, dan pendampingan dari ahlinya secara ketat.  

Daftar Olahraga Esktrem yang Populer dan Bisa Dilakukan di Indonesia

1. Wall Climbing

Pertama, jenis olahraga ekstrem yang banyak diminati orang adalah wall climbing. Cabang dari olahraga panjat tebing ini dilakukan dengan memanjat dinding buatan, bisa di dalam maupun luar ruangan.

DIbandingkan dengan rock climbing, olahraga wall climbing dirasa jauh lebih aman dilakukan bahkan oleh pemula. Hal ini karena lingkungan untuk wall climbing dapat diatur sesuai dengan kemampuan pemanjat.

Beberapa teknik yang perlu dikuasai mulai dari slab climbing, hooking, face climbing, dan lain-lain. Aktivitas memanjat dinding ini menggabungkan latihan kekuatan dan kardio sekaligus. Selain itu, wall climbing juga melibatkan keseimbangan, peregangan, konsentrasi, dan koordinasi tubuh. 

2. Skydiving

Sumber: traveltodayindonesia.com

Pernahkah Eigerian membayangkan sensasi terjun bebas dan melayang di udara? Bermodal pengetahuan, keberanian yang besar, dan fisik yang sehat, jadi kunci penting melakukan olahraga ekstrem satu ini. 

Tidak sendirian, skydiving dilakukan bersama seorang profesional, mulai dari meluncur dari pesawat udara, melayang di udara, sampai mendarat dengan selamat.

Untuk menghadapi tekanan udara saat terjun bebas dan melayang di udara, dibutuhkan kondisi fisik yang sehat. Hal ini meliputi fleksibilitas, kekuatan inti tubuh, reaction time, dan kewaspadaan secara mental.

Contoh beberapa lokasi terbaik skydiving di Indonesia seperti Nusawiru Paracenter (Jawa Barat), Danau Lido (Jawa Barat), Pangandaran (Jawa Barat). 

Baca juga: 7 Tips Melakukan Skydiving Indonesia dan Spot Lokasi Terbaik

3. Cross Country atau Lari Lintas Alam

Para pecinta olahraga lari tentu telah mengenal aktivitas fisik yang cukup menantang satu ini. Lari lintas alam atau cross country adalah salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan di luar lintasan lapangan atau stadion. Seperti namanya, lari dilakukan melewati medan alam terbuka, seperti perbukitan, hutan, jalan berkelok, hingga pinggiran pantai. 

Lari jarak jauh di alam terbuka ini biasanya dilakukan secara berkelompok dengan target yang disesuaikan oleh kemampuan pelari. Cross country cukup berat dan sangat melelahkan sehingga biasanya dilakukan oleh pelari pro dengan jam terbang tinggi. 

Faktor yang membuat lari lintas alam ini berat karena melewati medan yang mulus hingga ekstrem. Apalagi harus melewati medan pegunungan yang berbatu, turunan curam, berlumpur, licin, dan lainnya. Jadi, selain mempersiapkan tubuh yang bugar, juga memerlukan fokus dan kehati-hatian selama berlari. 

4. Caving atau Susur Gua

Sumber: eigeradventure.com

Buat kamu pecinta aktivitas seru dan menantang di alam bebas, susur gua atau caving adalah salah satu opsi menarik yang bisa dicoba. Sebelum melakukannya, caver atau sebutan untuk penelusur gua, wajib mengenal dan memahami struktur gua, membawa peralatan lengkap, serta teknik-teknik dasar caving.

Susur gua termasuk aktivitas olahraga yang memerlukan kondisi tubuh yang fit. Ketika menyusuri gua horizontal, jaga kondisi lutut dan siku tetap optimal untuk melakukan gerakan membungkuk, tengkurap, merayap, dan telentang. Selain itu, dibutuhkan juga kemampuan berenang dan menyelam karena ada risiko terendam air atau banjir. 

Sementara untuk menyusuri gua vertikal, memerlukan kemampuan menyeimbangkan berat badan dan skill menggunakan tali. Teknik susur gua vertikal yang biasa diterapkan adalah SRT (Single Rope Technique) atau teknik tali tunggal. 

5. Olahraga Parkour

Ilustrasi olahraga parkour. Sumber: Freepik

Parkour menjadi salah satu olahraga yang sedang nge-trend dan banyak diminati oleh kaum muda. Arti kata parkour dalam Bahasa Perancis adalah seni gerak. Atau definisinya parkour adalah aktivitas berlari atau bergerak melalui area di perkotaan menggunakan gerakan terampil untuk melompati tembok dan benda lainnya. 

Parkour mengandalkan kekuatan fisik, fleksibilitas, dan kemampuan gerak yang terus dilatih. Yang lebih menantang dari berlari dan melompati tembok atau benda lain adalah parkour tidak menggunakan alat bantu apapun. Jadi, tanpa latihan khusus, pendampingan, dan menguasai berbagai teknik parkour, olahraga ini tidak dapat asal dilakukan. 

Baca juga: 11 Teknik Dasar Olahraga Parkour, Cermati di Sini!

6. Slackline

Sumber: eigeradventure.com

Bagi sebagian orang nama olahraga slackline mungkin masih terdengar kurang familier. Ternyata slackline adalah salah satu olahraga ekstrem yang membutuhkan tingkat fokus dan ketenangan yang tinggi.

Slackline berfokus pada teknik keseimbangan berjalan di atas seutas tali yang dikencangkan antara dua titik jangkar di berbagai ketinggian. Jenis tali yang biasanya digunakan adalah tali webbing atau tali berbentuk pita yang pastinya kuat menopang tubuh. 

Variasi ketinggian yang dipilih ditentukan dari kemampuan seseorang dalam menjaga keseimbangan tubuhnya. Tidak hanya dilakukan di atas permukaan tanah, namun sudah banyak pegiat slackline yang beraksi di atas pohon yang tinggi, sungai, danau, bahkan di tebing yang curam untuk pengalaman menguji nyali.

7. Flyboarding, Olahraga Air Ekstrem

Ilustrasi Flyboarding. Sumber: Freepik

Flyboarding adalah permainan atau olahraga air ekstrem yang diciptakan oleh Franky Zapata, atlet jetski profesional asal Perancis, dan pertama kali muncul pada tahun 2012. Alat utamanya memakai flyboard yang dipasang menyatu dengan papan yang telah dilengkapi mesin berteknologi canggih.

Pada bagian bawahnya ada pipa sepanjang kurang lebih 18 meter yang terhubung pada turbin jetski. Pipa inilah yang memompa air keluar dari bagian bawah flyboard, lalu menimbulkan daya dorong dari bawahnya.

Daya dorongnya bisa mengangkat tubuh orang dewasa hingga 10 meter di atas permukaan air. Saat melakukannya, seorang profesional bisa memainkan banyak manuver menarik!

Ada banyak lokasi atau destinasi wisata yang menyediakan flyboarding, seperti di Gili Trawangan (Lombok), Tanjung Benoa (Bali), Nusa Lembongan (Bali), dan Pantai Losari (Makassar).

8. Arung Jeram

Olahraga air memacu adrenalin lainnya yang bisa Eigerian lakukan adalah arung jeram. Dibandingkan rafting yang lebih cocok untuk pemula, arung jeram biasanya lebih ekstrem dan menantang. Menggunakan perahu karet yang kuat khusus arung jeram, kamu akan mendapatkan adrenalin lebih tinggi dalam menghadapi arus air yang kuat dan jeram yang berbahaya.

Untuk melakukan tantangan seru mendayung melalui jeram-jeram liar di sungai, arung jeram mengandalkan kerja sama tim, petualangan, kekompakkan, dan keberanian tinggi. Wajib coba!

Lengkapi Gear Olahragamu dengan Produk EIGER Adventure

Nah sekarang kamu sudah mengetahui beragam olahraga ekstrem yang hanya boleh dilakukan oleh para profesional. Bagi Eigerian yang masih pemula, perbanyak pengetahuan, tingkatkan latihan, dan pengalaman untuk mencoba olahraga ekstrem yang ingin dikuasai. Jangan sekali-kali mencoba olahraga yang menantang adrenalin tanpa didampingi oleh ahlinya, ya!

Untuk mendukung aktivitas outdoor semakin aman dan nyaman, lengkapi semua perlengkapan yang kamu butuhkan, mulai dari baju, celana, legging, sepatu, kacamata, tas, helm, dan lainnya, bisa cek sekarang di website EIGER Adventure Official

Belanja online di situs resmi EIGER sangatlah mudah, cepat, dan nyaman. Produk sudah terjamin original dan berkualitas serta didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti pay later, bank transfer, hingga COD.

Yuk dapatkan harga terbaik, promo menarik, voucher belanja, hingga gratis ongkir seluruh wilayah di Indonesia untuk semua pilihan barang yang kamu butuhkan di Eiger Adventure Official

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru