HomeTips & TrickMountaineeringCatat! Inilah Daftar Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita

Catat! Inilah Daftar Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita

Aktivitas mendaki gunung alias hiking memang tidak membatasi gender. Siapa pun bisa menikmati indahnya alam pegunungan. Hanya saja, wajib disadari dan dipahami bahwa ada perbedaan antara pria dan wanita dari sisi fisik, sehingga perlengkapan mendaki gunung untuk wanita pun ada yang sama dan ada juga yang berbeda dengan para pria. Oleh karena itu, bagi wanita yang ingin berwisata ke pegunungan, sebaiknya menyiapkan perlengkapan mendaki gunung untuk wanita agar aktivitas hiking lebih aman dan nyaman.

Pakaian Mendaki Gunung untuk Wanita

Pada dasarnya, pakaian mendaki adalah perlengkapan mendaki gunung untuk wanita dan pria. Namun pada wanita, ada hal-hal khusus yang perlu diperhatikan menyangkut kenyamanan serta keamanan selama pendakian. Pakaian mendaki sendiri terdiri atas beberapa macam seperti  pakaian yang dikenakan. 

Di antaranya adalah jaket gunung, celana, mantel, sepatu atau sendal gunung, penutup kepala, masker, sarung tangan, hingga jilbab bagi yang berhijab. Pemilihan pakaian ini harus didasarkan pada kebutuhan  pendakian dan jangan karena ingin modis saja, ya.

Kita perlu mengenakan pakaian yang bahannya mudah menyerap keringat. Kemudian, pilih jaket, mantel, serta sepatu dengan ukuran yang tepat. Bagi wanita yang berhijab, jangan lupa menggunakan jilbab yang praktis serta menempel erat pada bagian kepala. 

Sementara itu, untuk pakaian bawah disarankan untuk tidak menggunakan rok, tapi pakailah celana panjang atau pendek. Hindari mengenakan celana jeans, sebab selain berat juga lama kering saat terkena basah. Pilihlah yang bahannya ringan seperti celana polar multifungsi yang memiliki banyak saku. Opsi lainnya adalah memakai celana legging khusus untuk kegiatan outdoor plus celana pendek.

Rekomendasi pakaian mendaki gunung wanita

Berikut ini ada beberapa perlengkapan mendaki gunung untuk menunjang aktivitas hiking bagi wanita yang paling direkomendasikan:

  • EIGER MENTAYA 2IN1 JACKET WS. Terdiri dari dua jaket, Mentaya 2in1 Jacket WS ini akan memastikan kenyamanan kita. Jaket luar dilengkapi dengan ventilasi resleting pada ketiak, teknologi tropic repellent, dan tropic windblock, serta jaket dalam dilengkapi dengan teknologi tropic warm. Kenakan keduanya sekaligus atau pilih salah satu jaket sesuai dengan kondisi medan dan kebutuhan, ya
  • EIGER PUNEGARA CONVERTIBLE PANTS. Punegara Convertible Pants dari Women Series EIGER ini hadir untuk mendukung para pengiat outdoor dengan kemudahan berkat fitur convertible yang dapat mengubah celana panjang ini menjadi celana pendek ataupun sebaliknya. Dilengkapi dengan gusset di bagian selangkangan serta articulated knees yang akan memberikan keleluasaan bergerak saat menjelajahi berbagai medan pendakian. 
  • EIGER LIVIA WS BEANIE. Terbuat dari bahan akrilik 100% dengan motif jacquard, beanie Livia WS ini akan menjaga kepala kita tetap hangat dalam kondisi cuaca yang dingin.

Tas Carrier

perlengkapan mendaki gunung untuk wanita

Dibutuhkan tenaga dan fisik yang prima, tidak hanya untuk menjelajahi alam saja, tetapi juga membawa peralatan termasuk tas carrier. Sebaiknya pilih tas carrier maksimal untuk wanita yang berukuran sedang dengan kapasitas 30-50 liter saja. 

Baru jika pendakian diperkirakan akan memakan waktu berhari-hari dan tas carrier ukuran sedang dirasa kurang memadai untuk menampung perlengkapan, maka bisa membawa tas carrier berukuran 60-70 liter. Jangan lupa membawa cover bag-nya untuk mengantisipasi jika turun hujan, ya! 

Rekomendasi tas carrier wanita

Berikut ini adalah beberapa pilihan tas carrier berukuran sedang yang paling cocok untuk pendaki wanita:

  • EIGER PHALANGER 35 WS. Phalanger 35 WS adalah backpack berkapasitas 35 liter yang dirancang khusus untuk menemani kegiatan hiking (1-2 hari). Untuk memberikan kenyamanan saat membawa beban, tas ini juga didukung oleh tali bahu yang dirancang secara ergonomis supaya pas dipakai mengikuti tubuh wanita dan teknologi backsystem fit light. Phalanger 35 ini juga memiliki banyak tempat penyimpanan, di antaranya adalah kompartemen utama, saku tutup atas, dan dua saku depan untuk menjaga barang bawaan terorganisir dan mudah diakses. Dilengkapi juga dengan rain cover untuk menjaga barang bawaan tetap terlindungi dari hujan.
  • EIGER ARDOR 45 LUNARIS WOMAN RUCKSACK. Memiliki bobot yang ringan dan berdaya tahan kuat, Ardor Lunaris 45 merupakan backpack berkapasitas 45 liter yang dirancang khusus untuk menemani kegiatan hiking (1-3 hari). Untuk memberikan kenyamanan saat membawa beban, tas ini juga didukung oleh tali bahu yang dirancang secara ergonomis agar pas dipakai mengikuti tubuh wanita dan teknologi backsystem aerovent light yang memaksimalkan aliran udara dan meminimalkan kontak langsung dengan punggung. Ardor Lunaris 45 ini juga memiliki banyak tempat penyimpanan, di antaranya kompartemen utama, saku tutup atas, saku depan, saku samping, dan saku hip belt untuk menjaga barang bawaan terorganisir dan mudah diakses.

Urinoir atau Urinal Wanita

Untuk yang satu ini, sangat cocok bagi kita yang tidak mau ribet saat “Panggilan Alam” telah berkumandang. Urinal ini sangat bermanfaat ketika kita sedang beraktifitas secara outdoor dalam waktu yang cukup lama, ditambah lagi ketika kita berada di lokasi yang sulit untuk menemukan toilet atau tempat untuk buang air kecil.

Obat-obatan Pribadi

Selain membawa obat-obatan P3K yang memang menjadi kebutuhan pokok pendaki, jangan lupa siapkan obat-obatan pribadi jika memiliki penyakit tertentu. Obat-obatan pribadi yang dimaksud juga termasuk obat pereda nyeri untuk haid, mengingat terkadang datangnya haid juga disertai dengan rasa nyeri. 

Bagi yang menderita gangguan pada mata, sebaiknya hindari menggunakan contact lens dan ganti dengan kacamata. Sebab, kondisi gunung yang kering dan berdebu bisa membuat contact lens menjadi tidak steril.

Sunblock

Kulit wanita cenderung lembut, tipis, dan lebih rentan terhadap paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Maka dari itu, perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang perlu dibawa adalah sunblock. Bawalah sunblock dengan minimal SPF 30 untuk digunakan sebagai tameng kulit dari paparan sinar matahari, mengingat cuaca di gunung sulit ditebak. Terkadang dingin namun dalam waktu singkat berubah menjadi terik, panas, dan kering.

Trekking Pole

perlengkapan mendaki gunung untuk wanita

Fungsi dari trekking pole sama halnya dengan kruk atau tongkat penyangga tubuh yang digunakan para lansia atau mereka yang menderita disabilitas pada kaki. Hanya bedanya, jika kruk dan tongkat penyangga digunakan untuk membantu memberikan keseimbangan pada tubuh, maka fungsi trekking pole adalah untuk membagi beban barang bawaan sehingga tidak hanya bertumpu pada kaki. Trekking pole ini menjadi perlengkapan mendaki gunung yang harus dibawa. Dengan membawa trekking pole, maka beban berat yang menggantung di pundak akan menjadi lebih ringan.

Logistik

Bahan-bahan logistik menjadi kebutuhan lainnya yang penting ketika melakukan pendakian gunung. Hanya saja, ada catatan khusus bagi wanita yang memiliki kebiasaan ngemil. Tidak ada larangan untuk membawa camilan saat mendaki gunung, lho

Tapi usahakan camilan yang dibawa tidak hanya untuk memuaskan nafsu makan semata, tapi untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh. Jadi, jenis camilan yang dibawa pun juga harus memertimbangkan kadar kalori dan nilai gizinya. Jangan khawatir, sangat banyak camilan yang mengandung kadar gizi yang baik dan tingkat kalori yang tinggi sekaligus praktis saat dibawa untuk mendaki gunung, kok

Itulah perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang wajib dibawa saat mendaki gunung. Selain peralatan yang disebutkan di atas, tentunya juga perlengkapan-perlengkapan lain seperti tenda, matras, sleeping bag, pisau, peralatan navigasi, lampu, dan sebagainya.

Baca juga: Pahami Cara Pasang Tenda yang Kokoh Supaya Nyaman dan Aman

Tips Memilih Sepatu Gunung untuk Wanita

Meskipun boleh memakai sendal, namun mendaki gunung ternyata jauh lebih nyaman dan aman jika pakai sepatu. Yang namanya sepatu gunung memang sudah dirancang dan disesuaikan secara khusus dengan jalur pendakian yang berbatu. Selain itu, sepatu gunung yang benar-benar bagus biasanya juga memiliki fitur waterproof

Sepatu gunung menjadi perlengkapan mendaki yang wajib dibawa saat menapaki medan di gunung. Berikut ini ada beberapa tips memilih sepatu gunung yang perlu diperhatikan:

  • Usahakan untuk memilih sepatu gunung yang ukurannya lebih besar dari ukuran kaki, dan pastikan ada ruang cukup di depan ujung kaki supaya kaki tidak tersiksa terutama saat turun gunung.
  • Pastikan bagian leher sepatu gunung memiliki lapisan yang lembut agar bagian atas tumit terlindungi.
  • Pilih sepatu gunung yang solnya berceruk tajam, dan bagian punggung solnya tinggi supaya kaki menapak dengan mantap saat melewati medan berbatu.
  • Pilihlah sepatu gunung yang sol tumitnya besar dan kuat, serta terbuat dari karet ataupun sintetis serupa untuk menahan laju badan saat turun gunung agar tidak mudah terpeleset. 

Baca juga: Pentingnya Memahami Pengetahuan Dasar Tentang Orientasi Peta

Belanja segala macam perlengkapan mendaki gunung untuk wanita secara online di website Eiger Adventure Official tidak perlu khawatir. Dijamin, belanja #PastiMakinAsyik karena ada banyak pilihan dengan kualitas dan harga yang terbaik.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments