HomeTips & TrickGreen & HealthyAksi Nyata Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2022

Aksi Nyata Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2022

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tampaknya akan jadi perayaan besar di tahun 2022 ini. Hal ini mengingat tahun ini juga menjadi tahun ke-50, sejak hari peringatan tersebut ditetapkan oleh Majelis Umum PBB tahun 1972 lalu.

Lalu apa saja kegiatan yang bisa dilakukan untuk turut serta dalam perayaan tersebut? Terlebih dahulu, apa tema yang diangkat untuk tahun 2022 ini?

Pada laman resmi ppid.menlhk.go.id disebutkan bahwa sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia dimulai ada Konferensi Stockholm tahun 1972 lalu. Kala itu isu peringatan hari tersebut muncul dan jadi dasar atas semua perayaan yang hingga saat ini dilakukan. Tema yang diangkat pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama adalah ‘Only One Earth’.

Kali ini, tepat 50 tahun setelah Konferensi Stockholm, tema yang sama kembali diangkat untuk mengingatkan bahwa kelestarian lingkungan adalah isu mendasar untuk semua orang. Dengan berpijak pada satu Bumi yang sama, setiap elemen manusia harus memberikan perhatian pada isu ini.

Untuk turut merayakannya, berikut aksi nyata yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga : Jenis Tanaman Dalam Rumah yang Aman dan Bermanfaat

1. Mematikan Perangkat Elektronik yang Tidak Digunakan

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Konsumsi energi listrik yang dikelola dengan baik bisa membantu upaya pelestarian lingkungan. Hal ini karena penggunaan energi secara praktis juga menghasilkan limbah yang akan dirasakan oleh lingkungan, sehingga semakin efisien penggunaannya maka semakin sedikit pula limbah yang dihasilkan.

Mulai dari televisi, komputer, pendingin ruangan, melepas charger perangkat yang tidak digunakan, dan lain sebagainya. Intinya, perangkat elektronik yang tidak sedang digunakan, bisa kamu matikan sehingga konsumsi energinya bisa diminimalkan.

2. Perbanyak Berjalan Kaki

Masyarakat modern memang erat dengan kendaraan bermotor untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni 2022 nanti, kamu bisa mencoba membiasakan diri untuk memperbanyak berjalan kaki.

Berjalan kaki memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh, pikiran, dan juga alam. Dengan berjalan kaki, tubuh kamu akan bergerak aktif dan membakar kalori serta melatih otot-otot tubuh. Secara lingkungan, tidak ada polusi yang dihasilkan dari jalan kaki kecuali berupa keringat yang berasal dari gerakan fisik kamu. Limbah polusi udara bisa dikurangi secara signifikan.

3. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Hemat Air

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Yap, setiap peringatan yang dilakukan dan berhubungan dengan lingkungan, laut, atau kelestarian pasti memasukkan poin ini dalam aksi nyata perayaannya. Hemat air secara langsung bisa membantu lingkungan untuk tetap lestari, sebab air jadi sumber kehidupan yang harus selalu dijaga kebersihan dan ketersediaannya.

Batasi penggunaan air di rumah tangga, seperti untuk mandi atau untuk hal lainnya. Tingkatkan efisiensi penggunaan air, sehingga tidak ada pemborosan air yang terjadi di dalam rumah kamu. Hal sederhana ini bisa membantu Bumi tetap memiliki stok air bersih untuk masa depan.

4. Tentu Saja Membersihkan Lingkungan!

Aksi nyata untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah dengan membersihkan lingkungan. Lingkungan rumah, lingkungan sekitar rumah, atau bahkan mengikuti aksi bersih-bersih yang dilakukan komunitas pecinta lingkungan.

Jika menjadi kebiasaan untuk menjaga kebersihan, maka lingkungan tempat kamu tinggal kualitasnya akan meningkat. Udara terasa lebih segar, kebersihan terjaga, limbah dan sampah terkontrol serta dapat diolah dengan baik, dan lain sebagainya.

5. Menanam Pohon

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Keberadaan pohon dalam lingkungan hidup adalah hal mutlak, agar pengolahan karbondioksida bisa semakin optimal. Dengan banyaknya pohon yang kamu jumpai di tempat kamu hidup, maka kualitas udara akan meningkat.

Menanam pohon akan jadi aktivitas seru yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kamu bisa membeli bibit pohon yang dijual, atau turut serta dalam kegiatan komunitas pecinta alam untuk meramaikan kegiatan ini. Biasanya menjelang hari peringatan dan pada hari H, pelaksanaan kegiatan komunitas banyak dilakukan. Kamu bisa mendaftar, dan turut serta di dalamnya.

Baca Juga : 7 Macam Olahraga Di Rumah, untuk Daya Tahan dan Produktivitas!

6. Reduce, Reuse, Recycle

Konsep mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang jadi konsep kunci dalam mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan. Pelaksanaan prinsip ini tidak hanya bisa membantu mengurangi produksi limbah, namun juga mengasah kreativitas secara langsung.

Mengurangi produksi sampah rumah tangga, kemudian memanfaat kembali barang-barang yang masih memiliki nilai guna, serta mendaur ulang sampah plastik untuk menjadi produk lain, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bisa diramaikan dengan kegiatan massal untuk hal ini.

7. Gaungkan Pesan Pelestarian Lingkungan

Dengan menggunakan media sosial yang kamu miliki, kamu bisa turut menggaungkan pesan pelestarian lingkungan pada khalayak ramai. Pesan dari peringatan hari seperti ini biasanya juga akan diberikan secara langsung, sehingga semua orang bisa kompak dalam menyebarkan pesan tersebut.

Penggunaan twibbon misalnya, atau atribut lain di akun media sosial yang kamu miliki, bisa jadi cara paling sederhana untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Bagikan juga konten-konten terkait ya!

8. Pilih Produk dan Produsen Ramah Lingkungan

Pemilihan produk dan produsen ramah lingkungan agaknya menjadi hal wajar di era kekinian. Kepedulian atas isu lingkungan membuat banyak produsen memodifikasi sistem produksinya, sehingga bisa menjalani proses yang lebih ‘hijau’ sehingga dampak buruk untuk lingkungan bisa diminimalkan.

Tentu saja, untuk poin ini Eiger Adventure akan jadi pilihan terbaik kamu.

Baca Juga : Jenis Tanaman Dalam Rumah yang Aman dan Bermanfaat 

Produk Eiger Adventure, sejak lama sistem produksi Eiger Adventure telah menerapkan konsep lebih ramah lingkungan, sehingga dapat menghasilkan produk-produk sustainable yang berkualitas. Kepedulian Eiger juga tampak dalam Sustainable Report Eiger tahun 2022. Berkomitmen turut aktif menjaga kelestarian lingkungan, kamu bisa mendapatkan produk berkualitas dari Eiger Adventure dengan konsep sustainable product dan ramah lingkungan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments