HomeTips & TrickTravelingPesona Taman Nasional Karimunjawa, Dari Kuliner Hingga Flora Faunanya

Pesona Taman Nasional Karimunjawa, Dari Kuliner Hingga Flora Faunanya

Bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja? Bagaimana jika kamu mencoba wisata di Taman Nasional Karimunjawa? Taman nasional di utara Pulau Jawa ini memiliki pesona yang tidak main-main loh Eigerian. Sebelum berangkat wisata kesana ada baiknya kamu mengenal lebih jauh tentang Taman Nasional Karimunjawa, yuk cari tahu lewat artikel berikut ini.

Pesona Taman Nasional Karimunjawa

Terbagi ketiga pengelolaan yakni zona inti, zona perlindungan dan zona pemanfaatan sumber daya alam, Pulau Karimunjawa ini berada dalam kawasan dan wilayah Kabupaten Jepara. Sistem zonasi ini bermanfaat bagi penelitian, pengetahuan, pendidikan dan pariwisata dan budaya. 

Dengan berbagai fauna dan flora asli, Karimunjawa jadi salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan. Kulinernya Pun tak kalah menarik, mulai dari Pindang serani, Ikan serepeh, Es gempol dan lainya bisa kamu temukan dan nikmati secara langsung disini. Bagaimana tertarik kah Eigerian mengunjungi salah satu taman wisata ini?

Flora dan Fauna Asli Karimunjawa

Sesuai dengan kondisi alamnya, Karimun Jawa terkenal dengan jenis keanekaragaman flora dan faunanya. Bahkan jenis flora yang ada di kawasan Karimun Jawa sebagian adalah spesies langka yang sudah hampir punah. Yuk cek flora dan fauna asli Karimun Jawa:

Flora

Salah satu flora Karimunjawa yang tidak bisa kamu temui di alam bebas adalah Pohon Dewandaru. Pohon Dewandaru menjadi salah satu flora khas Karimunjawa karena hanya bisa berkembang di daratan Karimun.   

Selain Pohon Dewandaru, di Karimunjawa kamu juga dapat menemukan pohon setigi. Pohon ini memiliki banyak manfaat loh Eigerian. Selain menjaga keseimbangan lingkungan di area Pulau Karimunjawa, pohon ini dipercaya juga dapat memperkecil resiko beberapa penyakit serius. 

Saat berada di Pulau Karimunjawa kamu juga dapat membeli berbagai cinderamata dari kayu Kalimasada. Jenis kayu ini dapat kamu temui di Karimunjawa. Coraknya yang sangat unik dan baunya yang harum membuat kerajinan dari kayu ini jadi favorit wisatawan. 

Fauna 

Selain flora, kamu juga dapat menemukan aneka fauna baik di daratan maupun lautan. Kekayaan alam Karimunjawa memang tidak bisa lagi dipungkiri. Maka dari itu, aktivitas snorkeling jadi salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan selagi berada disini. 

Di daratan terdapat fauna khas seperti rusa, landak, trenggiling, ular, bangau tong tong, dan elang laut putih.Sementara itu di perairan dapat kamu temui karang lunak, akar bahar, kerang merah, penyu sisik, dan penyu hijau. Bagaimana apakah kamu tertarik melakukan wisata di pulau ini?

Kuliner Pulau Karimunjawa

Berwisata kurang afdol rasanya tanpa mencicipi makanan khas dari daerah setempat. Sama halnya ketika kamu mengunjungi Karimun Jawa. Ada banyak kuliner yang bisa kamu coba.

Kebanyakan kuliner khas Karimunjawa adalah hidangan laut seperti; Pindang Serani, Ikan Serepeh, Tongseng cumi, Siomay tongkol, Bakso ekor kuning dan lain-lain. Ada pula Es gempol yang bisa kamu santap sebagai makanan penutup.

Aktivitas Seru di Pulau Karimunjawa 

Selain berwisata kuliner dan menikmati flora faunanya, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas seru loh. Ada wisata air seperti snorkeling, atau tracking mangrove di Desa Kemujan. Yang uniknya lagi, kamu bisa memacu adrenalin dengan melihat penangkaran Hiu di Menjangan Besar. 

Ada juga beberapa destinasi tempat yang bisa kamu kunjungi, seperti Bukit love di dusun Jati Kerep, Batu Topeng di desa Karimunjawa, Pulau Gleyang dan masih banyak destinasi lainya. Tertarik? Tunggu apalagi, yuk kunjungi Taman Nasional Karimunjawa.

Baca Juga: Berkunjung ke Taman Nasional Bunaken, Wajib Jajal Aktivitas Seru Ini! 

Dapatkan Koleksi Spesial EIGER X Taman Nasional 

Koleksi edisi spesial Taman Nasional terdiri dari kaus dan tumbler dengan grafis yang mengangkat keunikan alam dari 54 Taman Nasional di Nusantara. Salah satunya Taman Nasional Karimunjawa 

Ingin miliki seluruh koleksi kaos dan tumbler edisi spesial Taman Nasional ini? Segera kunjungi eigeradventure.com, Shopee Eiger Adventure Official Store, atau Eiger Adventure Store terdekat di kotamu.

Jangan lupa, koleksi ini terbatas. Ayo tunjukkan rasa peduli kamu terhadap kelestarian lingkungan dan jadilah yang pertama untuk memiliki koleksi spesial ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments