HomeEditor PickEmil Gandanegara, Designer Baju EIGER yang Sudah Berkarier Lebih dari 20 Tahun

Emil Gandanegara, Designer Baju EIGER yang Sudah Berkarier Lebih dari 20 Tahun

Mari berkenalan dengan Raden Emil Gandanegara, seorang Senior Product Designer baju EIGER yang telah berkarier selama lebih dari 20 tahun di perusahaan retail ini. 

Pria yang sering disapa Emil ini telah bergabung bersama EIGER sejak tahun 2004.

Memiliki hobi hiking dan trekking, Emil mengaku bergabung bersama EIGER karena perusahaan ini bergerak di bidang kesukaannya, yaitu bidang outdoor. 

Sebelum menjadi Senior Product Designer, ia sempat menjadi Junior Graphic Design dan Product Design untuk kategori all headwear, t-shirt, sweatshirt, baselayer, jacket, dan sebagainya. 

Kenal Lebih Dalam dengan Emil

Designer Baju EIGER

Pria yang menyukai makanan sehat ini juga menjelaskan alur kerja sebagai Senior Product Designer: 

1. Mengkonsultasikan dengan Lead desainer

Tugas designer baju EIGER adalah memenuhi permintaan dan menciptakan desain produk yang sesuai dengan bentuk, fungsi, harga, serta batasan. 

Atasan akan memasukkan informasi dan merinci lingkup proyek serta informasi yang dibutuhkan sebelum memulai produksi.

Baca juga: Berkenalan dengan Rio Andika, Designer Tas EIGER yang Telah Berkarya Selama 8 Tahun

2. Menemukan inspirasi

Mendapatkan inspirasi dari kehidupan sehari-hari, seperti  dari internet melihat tren fesyen dan warna, foto, majalah, seni, film, traveling, buku dll. 

Juga mencoba memahami tren fesyen saat ini mengetahui persona konsumen EIGER serta mengkomunikasikan keinginan sesuai kebutuhan desain.

3. Membuat sketsa ide

Desainer memvisualisasikan desain dengan sketsa. Sketsa menyajikan ide dalam sudut pandang lain. 

Mengkomunikasikan elemen teknis sebuah ide, termasuk jenis bahan, ukuran, jahitan, panjang lengan, kesesuaian, bentuk, dll. 

Nantinya, sketsa-sketsa tersebut dibuatkan dalam bentuk Techpack untuk membuat prototipe pertama.

4. Memilih kain

Selanjutnya  memilih jenis kain yang tepat dengan meneliti berat, ketebalan, konstruksi, dan memahami bagaimana kain tersebut agar pas, bergerak, dan nyaman dipakai pada tubuh.

5. Memilih warna

Desainer harus memilih Pantone warna yang yang sesuai untuk produk yang mereka buat.

6. Pembuatan sample atau prototipe

Setelah Tech Pack dibuat dan diberikann ke pembuat pola lalu dibuatkan prototipe agar dapat melihat sample proto dalam bentuk 3D, juga mempelajari proto sampel saat fiting, pemilihan bahan, warna, jahitan, printing, grafis, bordir, kancing, dan menentukan aksesori.

Untuk produk tehnikal harus mempertimbangkan tipe tubuh target konsumen dan bahan yang sesuai dengan aktivitasnya agar didapat fiting yang tepat maka kita harus memperhatikan harmoni, proporsi, keseimbangan, dan aksen. 

Hal ini sangat penting.

7. Menguji Produk

Untuk produk sehari hari dapat digunakan model untuk memvisualisasikan desain untuk melihat bagaimana produk tersebut pas dan sesuai dengan proporsi bentuk yang sebenarnya. 

Sedangkan untuk produk tehnikal sebagian diuji coba oleh orang yang expert dibidangnya (biasanya oleh Tim EAST) untuk mendapatkan masukan dari mereka pada saat produk tersebut diuji di lapangan sehingga didapat informasi dari sampel produk tersebut seperti bagaimana rasanya saat digunakan, pergerakan, fungsi, bentuk, ukuran, tekstur, fitur dll. 

Lalu, Lead desainer selanjutnya dapat menginformasikan revisi atau perubahan yang perlu dilakukan desainer untuk membuat hasil akhir yang benar dan sesuai dengan prinsip fungsi, problem solving. 

Estetika, detail dan inovatif.

Apparel dan Aksesori (EIGER Mountaineering dan Tactical), Produk EIGER yang Didesain oleh Emil Gandanegara

 Designer Baju EIGER

Memiliki dampak yang signifikan untuk produk-produk EIGER, kemudian designer baju EIGER ini dipercaya untuk membuat grafis kaus dan apparel lainnya. 

Hingga kini, Emil mendesain apparel dan aksesori untuk kategori EIGER Mountaineering dan Taktikal. 

Saat sedang mendesain, pria yang lahir dan tinggal di Bandung ini memperoleh inspirasi dari produk sejenis, melihat outfit para pegiat dari luar negeri dan dalam negeri, melihat dan mempelajari produk brand-brand ternama.

Kemudian, melihat desain dan tren global yang meliputi warna serta detailing. Semua itu tentu berawal dari corat-coret sketsa utamanya untuk produk teknikal. 

Nyaman dan Bangga Bekerja di Eigerindo

Menurut Emil, Eigerindo memiliki suasana bekerja yang nyaman, bisa bertemu, belajar, dan berdiskusi dengan para tokoh pegiat alam. 

Bekerja di Eigerindo juga merupakan kebanggaan baginya karena bisa berkontribusi terutama untuk mendesain produk-produk yang digemari konsumen.

Baca juga: Berkenalan dengan Yanyan, Karyawan EIGER yang Sudah Bekerja Selama 23 Tahun

Apalagi, jika produk juga bisa laku terjual. Eigerindo juga memberikan pengalaman yang bermanfaat, seperti pelatihan dan business trip

Dengan begitu, perusahaan memberikan kesempatan kepada setiap karyawan untuk mengembangkan diri.

Bahkan, Emil pernah business trip ke Korea, Singapore, Malaysia, dan Vietnam untuk melihat produk brand outdoor di negara-negara Asia tersebut. 

Rekomendasi 3 Kaus EIGER versi Emil  yang Cocok Dipakai Sehari-hari

Berdasarkan cerita Emil, EIGER memiliki cukup banyak nama produk. Untuk penamaan produk itu sendiri, biasanya dibuat berdasarkan tema, misalnya nama cuaca: nimbus, cumulo nimbus, atau dari nama bebatuan. 

Sehubungan dengan itu, berikut rekomendasi kaus EIGER yang cocok dipakai sehari-hari versi Emil:

1. Sherman SS Tactical Tees 

Saat ditanya terkait rekomendasi kaus EIGER apa yang ingin diberikan ke Eigerian, Emil menyebutkan Sherman SS Tactical Tees. 

Kaus ini memiliki bahan quick dry dan terdapat velcro panel di bagian lengannya. Buat kamu yang mau memiliki Sherman SS Tactical Tees, bisa mencari lebih lanjut di link ini

2. EIGER 28 Gunung Tech Tees 

Baju EIGER rekomendasi Emil berikutnya ada adalah EIGER 28 Gunung Tech Tees.

Kaus dari EIGER Mountaineering ini memiliki bahan berpori yang berfungsi untuk mempercepat proses evaporasi keringat saat beraktivitas, ditambah lagi ada patch ikonik ekspedisi 28 gunung di bagian lengan kanannya.

Buat Eigerian yang mau trekking bisa cek di sini biar bisa belanja dan mencari tahu lebih banyak!

3. Cleaver SS Tactical Tees

Kaus Cleaver SS Tactical merupakan kaus lengen pendek dengan fitur yang diperlukan untuk pakaian tactical.

Emil merekomendasikan kaus Cleaver SS Tactical karena kaus ini terbuat dari bahan yang cepat kering dengan jala di kedua sisinya, sehingga kaus ini bisa membuatmu merasa tetap sejuk saat sedang beraktivitas.

Cek di sini buat tahu fitur dan keunggulan Cleaver SS Tactical lebih lengkap, Eigerian.

Ayo, Temukan Baju EIGER Lebih Lengkap di Aplikasi EIGER Adventure!

Beraktivitas semakin nyaman dengan memakai baju EIGER! Tidak hanya tiga rekomendasi baju EIGER di atas, kamu juga bisa menemukan koleksi kaus EIGER lainnya di eigeradventure.com atau bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. 


Biar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile Apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru