HomeNews & InfoEIGER CareerBerkenalan dengan Rio Andika, Designer Tas EIGER yang Telah Berkarya Selama 8...

Berkenalan dengan Rio Andika, Designer Tas EIGER yang Telah Berkarya Selama 8 Tahun

“Bekerja cerdas dan let it flow”. Itulah pernyataan dari Rio Andika ketika ditanyai soal perjalanan kariernya selama delapan tahun sebagai seorang designer tas EIGER. Pria asal Lampung yang kini berdomisili di Bandung ini telah mengembangkan hobi dan bakat menggambarnya di bidang desain produk untuk kategori EIGER 1989.

EIGER 1989 sendiri merupakan salah satu lini produk dari EIGER yang berorientasi pada gaya hidup para pencinta kegiatan outdoor. Produk yang dihadirkan memiliki desain yang simpel, up-to-date, serta dilengkapi fitur dan teknologi yang telah disesuaikan untuk berbagai kegiatan, seperti aktivitas harian, city tour, traveling, atau bahkan camping ceria.

Menurut Rio, produk yang hadir di kategori ini merupakan jawaban untuk para pencinta dunia outdoor dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, mulai dari produk apparel, sepatu, tas, hingga aksesori.

“Lebih ke arah lifestyle di mana produk-produknya tidak terlalu technical. Jadi, cocok untuk aktivitas sehari-hari atau kegiatan outdoor ringan kayak traveling,” jelasnya.

Berbicara soal produk, tas menjadi salah satu barang andalan bagi setiap orang yang memiliki mobilitas tinggi, terlebih untuk bepergian jarak jauh. Selain melihat desain, ukuran, dan warnanya, dalam memilih tas juga perlu mempertimbangkan fungsi dan kenyamanan.

“Memilih tas itu harus sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya, serta nyaman dipakai. Jangan memilih karena terpengaruh oleh opini atau perilaku orang lain”, tambahnya.

Berkenalan dengan Rio Andika, Designer Tas EIGER

Lima tahun sebelum bergabung di EIGER, Rio yang baru lulus di bangku SMA ini meminta izin orang tuanya untuk pindah ke Bandung demi melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Universitas Telkom, Bandung.

Setelah meraih gelar Sarjana Desain di tahun 2015, pria kelahiran tahun 1994 ini pun mencoba peruntungannya di dunia kerja. Ia melamar di sebuah perusahaan dan agensi label meski tidak bertahan lama, hingga pada akhirnya ia tertarik bergabung ke salah satu brand outdoor terbesar di Indonesia, yaitu EIGER.

“Awalnya saya tahu EIGER pas saya masih kecil. Saya pernah dibelikan sandal gunung EIGER oleh orang tua. Pada saat itu saya senang banget! Jadi, waktu saya diterima kerja di EIGER, ada rasa bangga dan enggak percaya. Saya kasi tahu ke orang tua, mereka pun ikut senang,” pungkasnya.

Sesuai dengan jurusan yang ia tekuni di bangku kuliah, yaitu Desain Komunikasi Visual, Rio diterima sebagai Drafter atau Junior Designer di PT Eigerindo MPI yang menaungi brand EIGER. Ia mengaku selama bekerja di EIGER ada banyak ilmu dan kesempatan yang didapatkan untuk bisa terus belajar dan berproses.

Kesempatan inilah yang kemudian mengantarkannya pada posisi sebagai Lead Designer EIGER 1989, Bag Specialist yang saat ini ia duduki.

Hobi Olahraga Lari dan Bersepeda

Di sela-sela kesibukannya sebagai seorang designer, pria berkacamata yang sangat menyukai es cokelat ini mengakui selalu menyempatkan waktunya untuk berolahraga. 

Baginya olahraga sudah menjadi rutinitas yang wajib dilakukan setidaknya seminggu sekali demi menjaga fisik agar tetap sehat. Karena dengan terus bergerak aktif bisa mempengaruhi kesehatan mental sekaligus meningkatkan kreativitas. Dengan begitu, bekerja pun bisa jadi lebih produktif.

Lari dan bersepeda menjadi olahraga yang rutin ia lakukan di saat senggang atau akhir pekan. Tak cuma berlari di perkotaan, Rio juga sering menyempatkan waktu untuk berkumpul bersama teman-temannya yang tergabung dalam komunitas kecil, SEGER (Sepeda EIGER) dengan pergi gowes ke berbagai sudut jalanan di kota Bandung.

Baca Juga: Kulik SCORE, Budaya Kerja PT EIGERINDO MPI

Inspirasi dan Tantangan Sebagai Seorang Designer

Menurut Rio, dalam mencari inspirasi untuk menciptakan desain sebuah tas memang tidaklah singkat. Banyak hal yang harus ia dan timnya lakukan, mulai dari riset kebutuhan konsumen, merancang ideation, membuat prototipe, sampai tahap uji coba.

“Seorang product designer itu harus bisa merancang atau mendesain sebuah produk dengan menyatukan seni dan logika. Tak ketinggalan, juga harus punya kemampuan menganalisis kebutuhan konsumen sehingga konsumen merasa aman, nyaman, puas, sekaligus merasakan manfaatnya”, jelasnya.

Rio juga menambahkan kalau ada tantangan tersendiri dalam mendesain sebuah produk tas. “Apakah tas yang dibuat sudah menjawab kebutuhan konsumen? Itu yang harus kita pastikan. Selain itu, tantangannya juga saat mengolah bentuk tas agar tidak serupa serta membuat serial atau collection yang bisa memudahkan konsumen untuk mengetahui apa saja rangkaian produknya”, tambahnya.

Bangga Menjadi Bagian dari EIGER

Designer tas EIGER

Telah bergabung di EIGER sejak tahun 2016, pria berzodiak Cancer ini mengaku sangat beruntung dan bersyukur bisa berdedikasi untuk EIGER.

“Bangga dan senang bisa gabung di EIGER. Apalagi ketika melihat hasil karya saya dijual dan disukai banyak orang. Sampai saat ini, hasil karya lawas saya, kayak Cruiser 2.0 Laptop 18L, Mileage Backpack 28L, dan X-Portege Camera Pouch itu masih terus di-repeat dan habis terjual. Enggak disangka, saya yang basic-nya bukan product designer jadi bisa belajar banyak tentang mendesain produk,” pungkasnya.

Baginya, EIGER sudah menyediakan kesempatan dan fasilitas yang baik untuk mendukung pengembangan diri dan bakat yang ia miliki. “Tahun 2024 ini, terhitung genap sudah delapan tahun saya kerja di EIGER. Seru sekali kerja di sini, karena kondisi lingkungannya yang nyaman, persaingan pun sehat dan saling membantu.”

Selain itu, pria dengan penampilan rambut gondrongnya yang khas ini juga menambahkan kalau EIGER selalu memberikan kesempatan buat karyawannya belajar lebih banyak lewat pengalaman-pengalaman yang tak kalah seru, seperti di bulan Maret ini ia bersama rekan lainnya diberangkatkan ke Jepang untuk business trip.

“Serunya lagi, kita dikasi kesempatan untuk business trip yang didukung sendiri oleh CEO kita. Beliau selalu bilang, designer itu jangan hanya di kantor saja kerjanya, tetapi harus sering jalan-jalan melihat perkembangan brand lain seperti apa dan sudah sampai mana,” ujarnya.

Lewat pengalaman ini, tentu banyak hal yang ia dapatkan. Termasuk bisa melihat langsung gaya berpakaian warga lokal Jepang yang tak mengenal batasan dan warna. Serta bisa merasakan langsung experience seru saat berkunjung ke toko-toko dengan nuansa outdoor yang begitu kental.

Baca Juga: Butuh Rekomendasi Tas Traveling Terbaik untuk Perjalanan Wisata? Cek di Sini!

3 Tas Pilihan yang Cocok untuk Mudik atau Traveling

Berikut ini adalah 3 tas pilihan Rio Andika yang menurutnya sangat pas untuk dipakai ketika mudik atau traveling. Ayo, catat apa saja produknya dan segera masukkan ke dalam wishlist-mu!

1. Wanderfurther Multi Sacoche

 Wanderfurther Multi Sacoche

Memakai tas yang praktis dan ukuran yang pas memang bisa bikin kegiatan mudik atau traveling jadi lebih nyaman. Kamu bisa jadikan Wanderfurther Multi Sacoche ini jadi teman andalanmu saat bepergian jauh.

Memiliki desain yang ramping dan compact, tas selempang berkapasitas 4 L ini cocok banget dipakai buat menyimpan barang-barang esensial, seperti dompet, smartphone, powerbank, earphone, dan lainnya. Di bagian dalamnya terdapat saku dan organizer agar barang-barang bisa tersimpan dengan rapi.

2. Safar Travel Backpack 38L

Safar Travel Backpack 38L

Safar Travel Backpack 38L ini memang cocok dipakai untuk membawa banyak barang ketika bepergian jauh, seperti mudik atau traveling selama 3-5 hari karena kapasitasnya yang cukup besar, yaitu 38 L.

Ransel ini dilengkapi dengan banyak saku serta ruang penyimpanan utama yang memiliki akses bukaaan yang leluasa sehingga memudahkan untuk menata baju dan barang lainnya yang akan dibawa. Uniknya, tas ini juga memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan sepatu pada bagian bawah tas yang dilengkapi dengan lubang ventilasi untuk sirkulasi udara.

Untuk memberikan kenyamanan saat dipakai, tas ini juga dilengkapi dengan bantalan pada belakang tas dan tali bahu, serta terdapat webbing pada belakang tas untuk memudahkanmu memasang tas pada pegangan troli.

3. Wanderfurther Camera Backpack

Salah satu hasil Designer tas EIGER

Kamera menjadi barang yang wajib dibawa dalam daftar perlengkapan traveling, terutama bagi kamu yang hobi fotografi.

Dengan kapasitas 20 L, Wanderfurther Camera Backpack dilengkapi dengan kompartemen khusus kamera sehingga bisa memudahkanmu menyimpan berbagai peralatan fotografi sekaligus aksesorinya. Memiliki finishing water-repellent C6, ransel ini dapat melindungi barang-barang yang kamu bawa dari hujan berintensitas ringan atau cipratan air.

Temukan Tas EIGER 1989 Lebih Lengkap di Aplikasi EIGER Adventure!

Menyambut libur panjang Lebaran, Eigerian pasti sudah tak sabar buat mudik atau traveling bareng keluarga. Ayo, siapkan perlengkapanmu dari koleksi EIGER 1989 sekarang juga!

Selain 3 rekomendasi tas dari Rio di atas, kamu juga bisa temukan koleksi tas EIGER lainnya di eigeradventure.com atau juga bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru