HomeTips & TrickMountaineeringRayakan Hari Kartini di Gunung, Ini Tips Mendaki untuk Wanita!

Rayakan Hari Kartini di Gunung, Ini Tips Mendaki untuk Wanita!

Buat kamu para pendaki wanita, bagaimana cara kamu memperingati Hari Kartini tahun ini? Ada yang berencana mendaki gunung? Ayo, ikuti tips persiapan yang harus kamu lakukan untuk merayakan Hari Kartini di atas puncak gunung nanti.

Stigma bahwa wanita adalah makhluk yang lemah, terkadang membawa aura ketidakmandirian pada wanita itu sendiri. Apalagi saat melakukan pendakian bersama rombongan.

So, dalam rangka memperingati Hari Kartini ini, ayo buktikan kalau wanita juga bisa dan mampu menggapai cita-citanya. Ayo, siapkan rencana pendakianmu dengan ikuti beberapa tips mendaki gunung di bawah ini agar kegiatan pendakianmu aman dan menyenangkan.

Rayakan Hari Kartini di Gunung, Ini 5 Tips Mendaki untuk Wanita!

Tips persiapan yang harus kamu lakukan untuk merayakan Hari Kartini di atas puncak gunung nanti

1. Kenali gunung yang ingin didaki

Hal pertama yang harus Eigerian lakukan sebelum memutuskan untuk melakukan pendakian adalah mencari sebanyak mungkin informasi mengenai gunung yang akan didaki. 

Mulai dari medan, pos yang akan dilalui, perkiraan waktu pendakian, ketersediaan air bersih, cuaca di gunung, dan lainnya. Pengetahuan mengenai jalur, situasi, dan kondisi alam akan memudahkan kamu untuk mempersiapkan mental, fisik, serta perlengkapan yang harus dibawa.

2. Catat kebutuhan yang akan dibawa

Setelah mendapat gambaran mengenai gunung yang akan didaki, selanjutnya buatlah daftar perlengkapan yang kamu butuhkan. Mulai dari sepatu hiking, baju dengan bahan yang sesuai, jenis jaket yang pas, peralatan pendakian, obat-obatan, persediaan makanan, dan lainnya. 

Daftar ini sangat penting agar kamu tidak lupa membawa barang yang kamu butuhkan. Selain itu, juga akan memudahkan kamu untuk memilah bawaan seefektif dan seefisien mungkin.

3. Kenali siklus menstruasi

Tak seperti pria yang bebas mendaki kapan saja, wanita perlu menyesuaikan jadwal pendakian dengan siklus menstruasinya. Terlepas dari mitos yang melarang wanita haid untuk mendaki, siklus bulanan ini memang biasanya dibarengi dengan berbagai keluhan dan nyeri yang bisa mengganggu aktivitas.

Nah, agar kegiatan pendakian tak terkendala, pastikan waktunya tidak berbarengan dengan jadwal menstruasimu, ya.

Baca Juga: Bolehkah Mendaki Gunung Saat Haid? Simak Jawaban Lengkapnya!

4. Persiapkan fisik sebelum melakukan pendakian di Hari Kartini

Ini adalah bagian terpenting dalam persiapan pendakian khususnya bagi kaum wanita, yaitu latihan fisik! Khususnya untuk pendakian yang panjang, kesiapan fisik adalah yang paling utama di samping kesiapan mental.

Latihan fisik yang mudah dilakukan adalah lari dan naik turun tangga. Lakukan 10-30 menit setiap harinya sebelum melakukan pendakian. Dua kegiatan ini dapat melatih pernapasan serta melatih otot-ototmu, khususnya pada bagian paha, kaki, dan lutut.

5. Jangan malu untuk istirahat ketika sudah lelah

Setelah semua persiapan dilakukan dan kamu siap memulai pendakian, jangan lupa bahwa istirahat merupakan hal yang penting dalam berkegiatan di outdoor. Ingat, keselamatanmu lebih penting dari apa pun.

Jangan sungkan meminta rombongan untuk beristirahat kalau memang sudah merasa lelah. Lemaskan otot, atur napas, dan penuhi kebutuhan nutrisi dengan makan dan minum agar tubuh kembali fit untuk melanjutkan pendakian.

3 Rekomendasi Carrier untuk Wanita

Ayo, catat! Inilah beberapa rekomendasi carrier untuk mendaki gunung yang dirancang khusus untuk wanita.

1. ARDOR 45 LUNARIS WS 1.0

Mempunyai bobot ringan dan berdaya tahan kuat, Ardor Lunaris WS 45 1.0 merupakan ransel berkapasitas 45 L yang dirancang untuk pendakian selama 3-4 hari. Didukung oleh tali bahu yang dirancang secara ergonomis, tas Ardor Lunaris WS 45 1.0 menjadi pas dipakai karena mengikuti tubuh wanita.

Selain itu, tas ini juga dilengkapi dengan teknologi backsystem Aerovent Light sehingga bisa memaksimalkan aliran udara dan meminimalkan kontak langsung dengan punggung. Ardor Lunaris WS 45 1.0 tersedia dalam dua warna, yaitu maroon dan ungu.

2. PHALANGER 35 W

Eigerian yang ingin melakukan pendakian dengan durasi yang singkat, Phalanger 35 WS cocok jadi pilihanmu. Memiliki kapasitas 35L yang cukup memuat perlengkapanmu selama 1-2 hari.

Carrier ini dilengkapi dengan teknologi backsystem Fit Light Adjustable yang dapat memberikan kenyamanan pada punggung. Selain itu, carrier ini juga didukung dengan tali bahu yang dirancang secara ergonomis agar pas dipakai mengikuti tubuh wanita. Dilengkapi pula rain cover untuk menjaga barang bawaanmu tetap terlindungi dari hujan.

3. ESCAPADE 25 WS

Escapade 25 WS dirancang khusus untuk wanita dengan tali bahu yang ergonomis sehingga pas dipakai mengikuti bentuk tubuh. Selain itu, Escapade 25 WS juga dilengkapi dengan teknologi backsystem Fit Light Hike yang mampu memberikan kenyamanan pada punggung meskipun membawa beban yang banyak.

Terbuat dari material daur ulang pada lapisan dalamnya sehingga lebih ramah lingkungan, carrier ini juga dilengkapi kompartemen khusus untuk menyimpan kantong air, serta saku-saku yang fungsinya untuk memudahkan akses dan mengorganisir perlengkapan kamu.

Baca Juga: Catat! Inilah Daftar Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita

Rayakan Hari Kartini Bersama EIGER, Lebih Aman dan Nyaman!

So, sudah siap merayakan Hari Kartini bersama EIGER? Ayo, lengkapi peralatan dan perlengkapan mendakimu sekarang juga!

Kunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu untuk mendapatkan berbagai promo menarik atau berbelanja lebih mudah dan praktis melalui mobile apps EIGER Adventure. Unduh aplikasinya di ponselmu sekarang juga, Eigerian. Klik link-nya di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru