HomeTips & TrickMountaineering5 Tips Mencari Produk Senter Outdoor, Cermati di Sini!

5 Tips Mencari Produk Senter Outdoor, Cermati di Sini!

Pendakian yang dilakukan terkadang harus berhadapan dengan gelapnya malam, atau kurangnya cahaya akibat kerapatan vegetasi yang ada di jalur. Ini kenapa, penggunaan senter outdoor menjadi penting. Karena dengan alat ini Eigerian dapat melihat jalan secara lebih jelas, sehingga mengurangi risiko akibat salah jalur atau tersesat.

Nah yang perlu dipahami, senter outdoor sendiri punya berbagai jenis dan varian yang berbeda, yang digunakan berdasarkan peruntukannya masing-masing. Di artikel ini Eigerian akan dibantu dengan sederet informasi berguna tentang fungsi, tips memilih, dan cara menggunakan senter ini dalam aktivitas pendakian.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Tenda Bocor Saat Camping di Gunung

Pertama, Fungsi dari Senter Outdoor

Senter outdoor
Sumber: freepik.com

Secara umum, seperti namanya, senter outdoor digunakan untuk memberikan cahaya bagi para pendaki saat melakukan kegiatan pendakian. Dari sisi kekuatan cahaya, jelas lebih besar jika dibandingkan dengan senter rumahan pada umumnya.

Senter ini memiliki angka luminasi yang besar agar dapat memberikan penerangan yang cukup pada penggunanya saat menghadapi kegelapan total. Selain itu, senter kategori ini juga tak jarang tahan terhadap air, sehingga dapat digunakan meski terkena percikan atau dalam hujan sekalipun.

Dengan daya tahan baterai yang lebih lama, senter ini dapat digunakan hingga pendakian selesai. Kamu juga bisa menambahkan baterai cadangan sebagai persiapan untuk membantu penerangan yang diperlukan.

Kenali Senter Luar Ruang yang Berkualitas, Cermati Cirinya

Ada beberapa ciri yang bisa digunakan untuk memilih senter luar ruang yang berkualitas. Secara umum, cirinya adalah sebagai berikut.

1. Build Quality yang Solid

Karena digunakan untuk pendakian yang notabene merupakan kegiatan ekstrim, maka build quality menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pastikan material yang digunakan solid, sehingga memiliki daya tahan yang baik atas berbagai kondisi.

Cermati produk yang akan dibeli dengan teliti, pastikan tidak ada cacat produksi, dan konfirmasi spesifikasi serta fitur yang ditawarkan pada penjual.

2. Luminasi yang Sesuai

Senter outdoor dijual dalam berbagai ukuran luminasi untuk mengetahui tingkat intensitas cahaya yang menjadi output-nya. Kamu juga bisa melihatnya di kemasan produk, dan disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki.

Semakin besar angka luminasi artinya senter bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang pula. Pertimbangkan hal ini dengan kapasitas baterai yang diberikan, karena akan berkaitan erat.

3. Jenis Lampu yang Digunakan

Jangan salah pilih karena jenis lampu yang dipakai akan berpengaruh pada tingkat kecerahan dan penggunaan daya baterai. Lampu yang banyak direkomendasikan adalah jenis LED, karena hemat daya dan menghasilkan cahaya yang lebih baik.

Warna yang dipilih juga bisa disesuaikan. Untuk keperluan jarak jauh, kamu bisa menggunakan warna lampu putih. Sedangkan untuk area yang berkabut, lampu berwarna kuning lebih direkomendasikan.

4. Desain yang Ergonomis

Well bentuk barang kegiatan luar ruang selalu harus berorientasi pada hal ini. Nyaman dipegang, mudah dibawa, dan tidak menjadi beban tambahan yang terlalu besar untuk total perlengkapan pendakian, jadi hal penting untuk dipertimbangkan.

5. Fitur Tambahan

Kamu juga bisa mempertimbangkan beberapa fitur tambahan lain yang ditawarkan oleh produk senter outdoor ini. Misalnya saja daya tahan pada air (tahan percikan, tahan air, anti air), kemudian kemudahan penggantian baterai (tinggal diganti atau perlu diisi ulang dayanya), dan lain sebagainya.

Cermati Penggunaannya, Fungsikan Seperti Seharusnya

Senter outdoor
Sumber: freepik.com

Tentu saja senter, apapun bentuk dan jenisnya, memiliki fungsi utama untuk memberikan tambahan cahaya di tempat yang gelap agar penglihatan lebih jelas. Dengan fungsi dasar ini, penggunaannya cenderung tidak sulit dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain digunakan untuk menerangi area yang gelap saat pendakian, kamu juga wajib mengetahui bahwa senter dapat digunakan untuk memberikan tanda permintaan pertolongan ketika terjadi hal darurat. Caranya mudah, kamu tinggal mengedipkan senter selama 60 kali setiap 1 menit. Atau kamu bisa menggunakan mode kedip yang ada pada senter sehingga benda ini dapat menyala dan mati berulang-ulang dalam waktu tertentu.

Dalam menggunakan senter, kamu juga sebaiknya memperhatikan pantangan atau panduan dari pengelola gunung yang ada. Di beberapa tempat, terdapat pantangan seperti tidak menyorotkan senter ke area tertentu, tidak memainkan senter secara sembarangan, dan lain sebagainya. Informasi ini bisa didapatkan di basecamp ketika kamu akan memulai pendakian. Jangan ragu juga untuk bertanya pada pemandu pendakian jika belum mengetahuinya.

Tidak Perlu Repot Mencari, Eiger Adventure Memiliki Produk Berkualitas!

Tentu saja sebagai salah satu brand yang menawarkan berbagai perlengkapan luar ruang berkualitas, Eiger Adventure juga memiliki produk senter outdoor yang dapat digunakan. Beberapa produk dan informaisnya dapat Eigerian cermati di bawah ini.

Osbert Flashlight

Senter outdoor
Sumber: Eiger Adventure

Dengan harga hanya Rp179,100 saja, Eigerian sudah bisa mendapatkan senter yang ringkas dan mudah digunakan untuk kegiatan berkemah dan kegiatan outdoor lainnya. Dengan output sebesar 200 lumens, jangkauan yang bisa diberikan adalah sejauh 200 meter.

Beta Torch

Senter outdoor
Sumber: Eiger Adventure

Praktis, ringkas, dan mudah dibawa, menjadi tiga kata kunci untuk produk ini. Dengan harga Rp125,100 saja, kamu bisa mendapatkan senter tahan air dan tahan benturan dengan rating IPX4. Senter ini cocok untuk pendakian jarak dekat dengan output maksimum pada angka 100 lumens.

Hybrid Torch

Senter outdoor
Sumber: Eiger Adventure

Dirancang dengan desain yang ringkas dan memiliki banyak fungsi, dijamin perjalananmu tidak akan dilalui dalam gelap. Dengan baterai lithium yang dapat diisi ulang, output maksimal cahayanya mencapai 300 lumens. Tersedia juga fitur tahan air dan fitur zoom yang dapat disesuaikan. Harganya adalah Rp458,100.

Baca Juga:  6 Tips Pilih Sepatu Anti Licin dari EIGER & Kelebihannya!

Itu tadi sekilas tentang senter outdoor, dan rekomendasi produk yang dimiliki oleh Eiger Adventure. Tentu kamu masih bisa mengulik lebih jauh tentang produk lain yang ditawarkan Eiger Adventure di situs resminya, sekaligus berbelanja dengan mendapatkan benefit langsung. Mulai dari harga produk terbaik, jaminan produk original, gratis ongkir ke berbagai daerah di Indonesia, dan metode pembayaran yang beragam. Persiapkan kegiatan pendakian dengan baik, dan dapatkan pengalaman seru dalam perjalanannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru