HomeTips & TrickMountaineering6 Tips Pilih Sepatu Anti Licin dari EIGER & Kelebihannya!

6 Tips Pilih Sepatu Anti Licin dari EIGER & Kelebihannya!

Salah satu gear utama yang wajib Eigerian persiapkan saat akan berkegiatan outdoor, termasuk hiking dan jelajah alam, adalah sepatu yang bagus. Sepatu memiliki fungsi vital untuk melindungi kaki dalam melewati berbagai medan saat di alam bebas. Tentunya Eigerian memerlukan proteksi dan kenyamanan tinggi dengan mengenakan sepatu anti licin.

Seperti apa ciri-ciri dan tips memilih sepatu anti licin yang cocok menemani segala aktivitas outdoor? Eiger Adventure siap memberikan panduan untukmu serta rekomendasi sepatu outdoor terbaik hanya di Eiger.

Tips Memilih Sepatu Anti Licin yang Cocok untuk Aktivitas Outdoor

Berbeda dengan sepatu biasa yang digunakan untuk sehari-hari, sepatu anti licin untuk aktivitas outdoor harus memiliki kemampuan tidak tergelincir saat melewati medan yang sulit dan basah. Salah satunya dengan memakai soft rubber soles yang memiliki lekukan atau tapak yang membantu sepatu tidak terpeleset saat menapak di segala medan.

Namun tidak cukup menjadi anti licin, secara keseluruhan ada beberapa tips yang harus Eigerian pertimbangkan saat memilih sepatu outdoor.

1. Memilih Model Sepatu yang Nyaman

Tips memilih sepatu outdoor yang nyaman yaitu dengan mempertimbangkan model sepatunya. Kenyamanan harus diprioritaskan karena kamu akan memakai sepatu ini tidak hanya sekali untuk menjelajah alam. Sesuaikan model sepatu dengan bentuk kakimu serta utamakan sepatu dengan proteksi menyeluruh hingga pergelangan kaki. 

2. Pilih Ukuran yang Tepat agar Nyaman

Pertama, pada umumnya sebelum memilih sepatu atau alas kaki, Eigerian memilih ukuran yang pas dan sesuai dengan kaki. Namun, untuk sepatu hiking ada sedikit pengecualian. Ternyata untuk sepatu outdoor yang berkualitas, sebaiknya pilih ukuran yang sedikit lebih besar dari kaki dengan memastikan ada sedikit ruang di ujung kaki agar kaki lebih terasa nyaman dan tidak terasa sakit. 

3. Pilih Leher Sepatu yang Nyaman

Pastikan bahwa leher sepatu terbuat dari bahan yang lembut dan mampu menutupi serta melindungi bagian atas tumit. Hal ini karena bagian atas tumit paling sering bergesek selama pendakian. Jadi, pastikan pilih sepatu dengan leher yang nyaman agar tidak merasakan sakit dan terhindar dari cedera kulit.

4. Pilih Sol Sepatu yang Tepat dan Aman

Sepatu anti licin yang berkualitas tentunya berbeda dengan sepatu yang dipakai sehari-hari. Sol sepatu gunung biasanya dibuat khusus untuk mendukung pendakian yang mayoritas melewati medan yang bervariasi dan licin. 

Untuk itu, pastikan kamu mendapatkan sol sepatu yang memiliki ceruk tajam serta punggung sol yang tinggi. Selain itu juga pilih sol tumit yang cukup besar serta kuat, dan berbahan karet agar kaki tetap aman dan kuat. 

5. Fitur Proteksi yang Optimal

Sepatu outdoor yang kamu gunakan juga sebaiknya memiliki fitur proteksi maksimal pada bagian kaki. Proteksi mencakup perlindungan dari air, bebatuan, jalan berlumpur, bebatuan yang licin, dan medan yang lumayan curam. Oleh karena itu, pilih sepatu yang bisa membuat kaki tetap nyaman dan digunakan dalam waktu yang lama. 

6. Pemilihan Bahan Sepatu 

Untuk kondisi hujan yang kerap terjadi selama menjelajah hutan tropis, lebih direkomendasikan memakai sepatu gunung dengan bahan kulit baik itu asli atau sintetis yang berkualitas. 

Pasalnya, bahan sepatu ini membantu melindungi kaki dari rembesan kaki dan membuat sepatu awet lebih lama. Pastikan juga sepatu disematkan teknologi proteksi yang baik agar bagian sepatu tidak cepat rusak dari paparan air atau medan. 

Fitur dan Kelebihan Sepatu Outdoor di EIGER Adventure

sepatu anti licin

Saat berpetualang di alam bebas, Eigerian melewati permukaan tanah yang bervariasi, mulai dari jalan berbatu, tanah berlumpur, akar-akar pohon, hingga tingkat elevasi medan yang berbeda. Untuk itulah, sepatu dari EIGER Adventure dirancang dengan kelebihan sebagai berikut:

1. Vibram pada Sol Luar (Outsole)

Di bagian sepatu mountaineering sering dijumpai logo kuning bertuliskan ‘VIBRAM’. Sejarahnya, VIBRAM merupakan nama sebuah perusahaan dari Italia yang berasal dari nama pemiliknya sendiri, yaitu Vitale Bramani. Ia merupakan seorang pendaki sekaligus pemandu gunung serta anggota Italian Alpine Club (CAI).

VIBRAM memproduksi sol karet untuk sepatu yang dirancang khusus untuk kegiatan outdoor. Beberapa keunggulan sol Vibram yaitu memiliki daya tahan yang jauh lebih lama dari karet biasa, tahan terhadap abrasi atau abrasion resistant dan memberikan daya cengkram yang baik sesuai kondisi medan dan iklim.

2. Insole Ortholite

Insole memiliki fungsi untuk meredam beban tubuh. Teknologi yang semakin maju membuat insole dapat dilepas pasang disesuaikan dengan kebutuhan. Bantalan sepatu EIGER didesain breathable sehingga kaki tidak cepat lembap dan memastikan permukaan sepatu tetap kering meski terkena hujan. 

Teknologi Ortholite kini diaplikasikan juga di sepatu gunung, yang membuat kaki kita lebih mudah bernafas karena sirkulasi udara yang baik pada sepatu dan memberikan sensasi empuk serta ringan.

3. Waterproof

Kelebihan sepatu gunung dari EIGER yang disematkan teknologi waterproof untuk meminimalisir air yang mungkin dapat merembes ke dalam sepatu, membuat sepatu tetap kering.

Rekomendasi Sepatu Anti Licin untuk Aktivitas Outdoor dari EIGER

1. EIGER MAMBA MID Shoes

sepatu anti licin

Sepatu mid-cut Mamba hadir secara khusus untuk para penggiat hiking di alam terbuka. Dirancang dengan kombinasi material nubuck dan Cordura yang tahan lama dan lapisan dalam dengan membran waterproof. 

Bagian dalam sepatu didukung insole Ortholite yang memberikan bantalan, breathable (memiliki daya evaporasi tinggi yang mampu menguapkan kelembapan sehingga cepat kering), dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman. 

Sepatu ini juga memiliki outsole Vibram untuk grip yang lebih baik dan memberikan kenyamanan dan keamanan kaki saat menempuh berbagai medan di alam bebas. 

Tersedia varian warna navy dan grey yang bisa kamu pilih.

2. EIGER ANACONDA 2.5 SHOES

sepatu anti licin

Anaconda 2,5 adalah sepatu approach low-cut khusus untuk kegiatan approach (rock climbing). Sistem konstruksi gusset dengan waterproof membran pada sepatu berfungsi untuk mencegah langsung masuknya elemen seperti kerikil ataupun air dari bagian atas sepatu. 

Bagian dalam sepatu didukung insole Ortholite yang memberikan bantalan breathable (memiliki daya evaporasi tinggi yang mampu menguapkan kelembapan sehingga mudah kering) dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman.

Fitur:

– Outsole Vibram

– Insole Ortholite

3. EIGER LORA MC SHOES

sepatu anti licin

Tampilan tangguh sepatu mid-cut Lora didesain khusus untuk aktivitas hiking. Material nylon mono mesh yang fleksibel pada layer luar upper sepatu berfungsi sebagai konstruksi dipadukan bahan kulit nubuck dengan proteksi anti air. Sedangkan pada bagian dalam dilapisi dengan membran waterproof. 

Selain berfungsi sebagai bantalan dan peredam hentakan, Insole Ortholite yang ringan dan berdaya evaporasi tinggi, efektif menguapkan kelembapan sehingga permukaan sepatu tetap kering. 

Sepatu ini juga didukung outsole Vibram dengan desain grip dan traksi yang adaptif untuk medan luar ruang yang bervariasi dan menantang.

Baca juga: Jangan Asal Beli, Pahami Tips Memilih Sepatu Hiking yang Berkualitas

Itu tadi sekilas tentang ciri-ciri, tips memilih sepatu anti licin serta rekomendasi produk yang ada di Eiger Adventure. Dengan memilih sepatu gunung yang baik dan cocok, akan membantu Eigerian berjalan dengan aman dan nyaman saat pendakian.

Kamu bisa memilih sepatu terbaik dari rekomendasi yang kami berikan. Tentu saja untuk stock produk yang habis, dalam waktu dekat akan segera dilakukan restock untuk memenuhi permintaan Eigerian semua. 

Selalu belanja di situs resmi Eiger Adventure, karena Eigerian akan mendapatkan benefit ongkir gratis, jaminan produk ori, harga terbaik, dan opsi pembayaran yang beragam untuk semua metode yang diinginkan. Rencanakan touring sekarang, dan mari menjelajah bersama Eiger Adventure!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru