HomeTips & TrickRidingSudah Tahu 7 Tips Aman Boncengan Motor? Simak Di Sini Yuk!

Sudah Tahu 7 Tips Aman Boncengan Motor? Simak Di Sini Yuk!

Turut serta dalam kegiatan riding mungkin adalah salah satu hal yang sering kamu lakukan. Meski memang seru ketika melakukan perjalanan dengan menunggangi tunggangan sendiri, namun membonceng juga sebenarnya memiliki sensasi yang unik. Tapi, tentu kamu wajib paham bagaimana cara membonceng pada boncengan motor yang benar..

Mengapa?

Sebab secara praktis, tingkat keamanan dan kenyamanan berkendara saat membonceng akan berpengaruh pada kondisi perjalanan. Bayangkan saja ketika kamu melakukan perjalanan panjang, namun posisi duduk yang diambil salah, bukan seru yang didapat, justru bisa menjadi pemicu sakit pinggang.

Nah, maka dari itu dalam artikel singkat kali ini, mari kita lihat beberapa tips untuk berboncengan dengan nyaman dan aman pada boncengan motor yang tersedia. Mari lihat selengkapnya!

Boncengan Motor

1. Pertama dan Utama, Riding Gear yang Berkualitas

Tidak hanya wajib digunakan untuk pengendara motor saja, namun pembonceng juga wajib menggunakan riding gear yang berkualitas. Hal ini ditujukan agar proteksi maksimal bisa didapatkan setiap orang yang berada di atas motor.

Memang, tak ada yang ingin hal buruk terjadi. Tapi setidaknya dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang berkualitas dan bisa melindungi diri, kamu bisa mendapatkan perlindungan lebih baik saat berkendara, baik di depan atau membonceng.

Baca Juga : 7 Perlengkapan Touring Motor yang Diperlukan, Klik Di Sini!

2. Titik berat yang Seirama dengan Pergerakan Motor

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tak sedikit orang yang membuat jarak saat berboncengan dengan sepeda motor. Padahal faktanya, di perjalanan berkecepatan tinggi dan jauh, hal ini bisa berbahaya. Selain karena ada angin yang berputar di bagian tengah, posisi titik berat jadi tidak seimbang dengan pergerakan motor.

Salah satu alasan mengapa ketika berboncengan motor dianjurkan bisa lebih rapat dengan pengemudi adalah agar titik beban bisa disesuaikan dengan pergerakan motor. Hal ini menyangkut keseimbangan berkendara, sehingga tentu wajib jadi perhatian pengendara dan pembonceng.

3. Ketiga, Pastikan Duduk Senyaman Mungkin

Tips kedua yang bisa kamu praktekkan adalah cari posisi duduk senyaman mungkin. Pada motor-motor touring, biasanya boncengan motor (bagi motor yang memilikinya) akan didesain senyaman mungkin sehingga mendukung kegiatan riding jarak jauh.

Sebagai pembonceng, kamu wajib mencari posisi duduk paling nyaman yang bisa kamu dapatkan, sehingga tak perlu banyak bergerak ketika perjalanan dilakukan. Namun demikian, tetap perhatikan tingkat keamanan saat berkendara, karena ini juga akan berperan besar dalam kegiatan riding yang dilakukan.

4. Tetap Waspada dan Jangan Sampai Tertidur

Kita semua tahu betapa nyamannya berkendara pada perjalanan jauh dan kecepatan yang cenderung tinggi saat touring. Untuk pengendara mungkin kantuk bukan jadi masalah. Namun untuk pembonceng, hal ini akan jadi tantangan tersendiri.

Sebagai pembonceng, kamu wajib tetap menjaga kewaspadaan dan tidak mengantuk. Lihat jalan dengan cermat, dan selalu siap dan siaga untuk mengantisipasi keadaan darurat. Meski demikian, kondisi badan tak perlu tegang, rileks saja, nikmati perjalanan, tapi tetap jaga konsentrasi.

5. Tips Boncengan Motor : Jangan Bawa Barang Berlebih

Sederhana, tapi terkadang dilupakan, adalah ketika kamu berkendara berboncengan naik sepeda motor, bukan berarti barang bawaan yang kamu bawa juga bertambah dua kali lipat. Selain tidak nyaman saat berkendara hal ini juga dapat mengurangi keseimbangan, dan berdampak langsung pada keamanan berkendara.

Tetap bawa barang bawaan sewajarnya, sehingga motor tetap dalam kondisi seimbang. Misalnya ketika touring, dua ransel saja sudah cukup banyak. Jika memang memerlukan barang yang lebih banyak, kamu bisa memanfaatkan tas tambahan di badan motor yang dipasang dengan benar.

6. Tidak Terlalu Banyak Bercanda

boncengan motor
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Bercanda memang bagus untuk membantu menghidupkan suasana dan menjaga agar pengendara tidak mengantuk. Namun hal ini tetap harus dilakukan dalam taraf yang normal, sehingga konsentrasi pengendara yang ada di depan kamu tidak terganggu.

Berkendara memerlukan fokus yang tinggi, sehingga tidak bisa dilakukan dengan distraksi yang terus menerus dan terlalu banyak. Ingat, berkendara di jalan raya memiliki ancaman keamanan yang tinggi, jadi tetap utamakan selamat dan jangan bercanda berlebihan.

7. Berkendara dengan Kecepatan Normal

Utamakan keselamatan, akan jadi frasa yang terus diulang setiap kali membahas mengenai tips berkendara, termasuk tips boncengan motor yang aman. Berboncengan motor ketika berkendara memberikan beban yang lebih besar pada motor, sehingga momentum untuk mengurangi kecepatan akan semakin lama.

Maka dari itu, sebisa mungkin tetap kontrol kecepatan motor yang kamu miliki sehingga tetap siap pada segala apapun yang terjadi. Jangan berkendara terlalu cepat, karena nantinya untuk mengurangi kecepatan diperlukan waktu yang lebih lama.

Baca Juga : 5 Produsen Besar Hadirkan Motor Klasik Kekinian 

Well, itu tadi tips boncengan motor agar lebih aman dan nyaman. Cukup banyak juga ya ternyata? Tapi semua itu semata hanya agar aktivitas riding yang kamu lakukan tetap bisa aman serta terkendali.

Tentu saja, untuk pembonceng motor, kamu atau orang lain, bisa mendapatkan riding gear terbaik dari produk yang ada di laman milik Eiger Adventure. Berkualitas, memiliki banyak sekali opsi dan pilihan, serta dijamin meningkatkan kepercayaan diri, riding gear milik Eiger Adventure menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya dan bisa digunakan semua kalangan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru