HomeTips & TrickMountaineeringIni Alasan Mengapa Perlengkapan Outdoor Didominasi Warna Cerah

Ini Alasan Mengapa Perlengkapan Outdoor Didominasi Warna Cerah

Peralatan yang lengkap tentu jadi syarat mutlak saat melakukan kegiatan di alam bebas. Tetapi, apakah Eigerian tahu, mengapa kebanyakan perlengkapan outdoor didominasi oleh warna-warna cerah?

Ternyata ada alasan di baliknya, lho. Mulai dari segi keamanan, bahkan secara psikologis bisa meningkatkan mood. Mungkin masih belum banyak yang menganggap hal ini penting. Tapi ayo, cari tahu apa saja alasan perlengkapan outdoor berwarna cerah atau menyolok?

Baca Juga: Catat! Inilah Daftar Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita

Alasan Penting Dominasi Warna Cerah Pada Perlengkapan Outdoor

(Foto Perlengkapan Outdoor Berwarna Cerah. Sumber: EIGER Adventure)

Untuk keamanan

Menggunakan pakaian berwarna cerah saat melakukan kegiatan outdoor akan meningkatkan penglihatan orang lain terhadap kita. Apalagi kalau kita terpisah dari rombongan atau tersesat di hutan, maka akan memudahkan tim penyelamat melakukan pencarian.

Dapat mempengaruhi mood

Siapa sangka, warna pakaian yang cerah ternyata bisa mempengaruhi mood seseorang. Tak cuma orang yang melihatnya, tetapi juga bisa mempengaruhi mood atau psikologis dari penggunanya juga, lho.

Pasalnya, menggunakan pakaian warna cerah, seperti oranye, kuning, atau pink, bisa membuat otak melepaskan dopamine yang dikenal sebagai hormon bahagia. Hormon tersebut bisa meningkatkan mood jadi positif. Sementara warna-warna seperti biru dan hijau bisa memicu otak melepaskan hormon oksitosin yang membuat mood jadi lebih tenang. Menarik kan?

Tidak menyerap panas

Manfaat lain yang bisa dirasakan dari pakaian berwarna cerah adalah tidak menyerap panas matahari. Berkegiatan di alam bebas yang tentunya terpapar sinar matahari langsung akan

membuat kita terasa panas. Tetapi, beda halnya kalau menggunakan pakaian berwarna cerah yang tidak akan menyerap panas matahari dan akan terasa lebih segar.

Sebaliknya, menggunakan pakaian berwarna gelap yang mudah menyerap panas akan membuat tubuh jadi cepat gerah dan bisa berakibat dehidrasi jika sampai berkeringat berlebihan.

Sebagai tanda darurat

Dalam dunia internasional, ternyata penggunaan pakaian berwarna cerah juga bisa digunakan sebagai tanda bahaya kode Morse atau biasa dikenal dengan istilah SOS. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat kalau ada hal yang tak diinginkan terjadi ya, Eigerian.

Apa Saja Perlengkapan Outdoor yang Wajib Dibawa Saat Mendaki?

(Perlengkapan Camping dari EIGER)

Sepatu Gunung

Sebelum mendaki gunung, pastikan kamu punya sepatu khusus mendaki dan bukan sepatu biasa ya, Eigerian. Karena sepatu gunung punya fitur dan sistem keamanan yang baik untuk mendukung perjalananmu agar berjalan lancar. Salah satunya adalah daya cengkeram yang baik, tahan terhadap medan yang basah dan licin, serta dapat melindungi kaki secara maksimal.

Jaket Gunung

Cuaca ekstrem di gunung menjadikan jaket sebagai barang yang wajib dibawa saat pendakian. Pilihlah jaket sesuai dengan kebutuhan, mulai dari material, fitur, dan teknologi yang terdapat di dalam jaketnya. 

Ransel atau Carrier

(Carrier EIGER)

Peralatan yang satu ini wajib hukumnya untuk kamu yang ingin mendaki. Pilihlah muatan carrier sesuai dengan durasi perjalanan kamu. Karena semakin lama perjalananmu maka akan membutuhkan bawaan yang lebih banyak pula, sehingga carrier yang digunakan harus lebih besar. Carrier yang berwarna cerah akan membuat kamu lebih mudah terlihat saat berada di hutan.

Matras dan Sleeping Bag

Saat beristirahat, gunakan matras sebagai alas untuk menghindari hilangnya panas tubuh yang bisa mengakibatkan hipotermia. Selain itu, matras juga berfungsi untuk memberikan kenyamanan ketika kamu duduk atau tidur di atas permukaan yang keras atau berbatu. Jangan lupa, gunakan juga sleeping bag agar tubuh tetap hangat. Pilihlah model dan ukuran sleeping bag sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Tenda

Tenda juga menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki saat pendakian sebagai tempat berlindung dan beristirahat. Pilihlah tenda dengan ukuran dan kapasitas yang sesuai. Saat ini, sudah banyak tempat yang menyewakan peralatan mendaki, jadi kamu bisa menyewa tenda sesuai dengan kapasitas dan spesifikasi yang dibutuhkan.

Sebetulnya masih banyak peralatan lainnya yang wajib dibawa saat mendaki gunung. Bawalah semuanya sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan, ya. Bagi pula beban bawaan kamu dengan teman di tim pendakian.

Ayo, kunjungi Website Resmi EIGER untuk melengkapi koleksi peralatan pendakian kamu, mulai dari tenda, jaket, sepatu, sampai carrier dengan pilihan warna dan model yang sesuai dengan keinginanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru