HomeTips & TrickLifestyleMemahami Sustainable Fashion dan 5 Cara Menerapkannya

Memahami Sustainable Fashion dan 5 Cara Menerapkannya

Kecintaan pada lingkungan tak hanya bisa diwujudkan dalam kegiatan luar ruang dan praktek hidup berkelanjutan, namun juga dari segi cara berpakaian. Sustainable fashion, jadi salah satu konsep modern yang menekankan pada hal tersebut, sehingga dapat mengurangi dampak buruk pada lingkungan dan semua elemen proses produksi pakaian itu sendiri.

Untuk memahami konsep ini lebih jauh, kamu bisa menyelesaikan satu artikel singkat yang tengah kamu baca ini. Mulai dari pengertian, manfaat secara umum, hingga cara menerapkannya di kehidupan sehari-hari, berikut selengkapnya.

Apa Definisi Sustainable Fashion?

sustainable fashion
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Sustainable fashion merupakan gerakan, cara, upaya, atau jalan, yang diambil untuk mendorong perubahan pada produk hingga sistem industri fashion, sehingga dapat menuju integritas ekologis dan keadilan sosial yang lebih besar.

Artinya tak sekedar produk yang ramah untuk kulit atau tubuh penggunanya, namun juga ramah lingkungan untuk proses produksi dan bahan baku, serta ramah pada kesejahteraan sosial dan semua pelaku industri di dalamnya.

Hal ini didorong karena tingginya limbah yang dihasilkan industri fashion setiap tahunnya. Limbah ini berasal dari proses produksi, pakaian yang dibuang begitu saja, hingga berbagai limbah lain yang berdampak buruk untuk lingkungan.

Baca Juga : Hindari 7 Hal Ini Saat Solo Traveling

Manfaat dari Penerapan Konsep Ini secara Masif

Nah, dari konsep yang diterapkan itu, akan ada beberapa manfaat yang muncul secara langsung. Meski tak kemudian memberikan perubahan signifikan dalam waktu dekat, namun tren ini diharapkan bisa memberikan dampak baik untuk kelangsungan hidup dan kebaikan lingkungan di masa yang akan datang.

1. Membantu memperlambat kerusakan lingkungan akibat limbah dan pakaian yang dibuang. Limbah tidak terurai dari produksi barang fashion bisa dikurangi, dan penggunaan bahan ramah lingkungan bisa didorong.

2. Optimalisasi bahan baku ramah lingkungan. Secara langsung, riset dan penelitian mengenai bahan baku fashion ramah lingkungan terus dilakukan demi menjaga tren positif ini. Sustainable fashion mendorong percepatan penelitian dan pengaplikasiannya di dunia nyata.

3. Dengan teknologi modern, lebih tahan lama. Seperti tujuan awal agar produksinya tak terus meningkat dan berarti limbahnya juga bertambah, pakaian seperti ini biasanya awet dan tahan lama sehingga kamu tak harus membelinya terus menerus secara berkala.

4. Resiko rendah untuk iritasi kulit secara langsung. Mengingat bahan dasar yang digunakan adalah bahan alami, maka resiko ini akan dapat ditekan. Resiko iritasi biasanya muncul pada pakaian dengan bahan sintetis.

5. Iklim industri fashion yang lebih baik, karena tak hanya mempertimbangkan dampak baiknya pada alam tapi juga pada setiap elemen pekerja di dalamnya. Jadi hal ini bisa jadi tren yang sangat positif untuk semua kalangan.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan, maka tak heran jika tren ini segera bisa mendunia dan mendapatkan pengikut yang tak sedikit jumlahnya.

Tentu, kemudian kamu wajib tahu cara menerapkan konsep ini secara praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak Cara yang Bisa Digunakan untuk Sustainable Fashion

sustainable fashion
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Nah, masuk pada bagian paling menarik mengenai cara yang bisa kamu gunakan untuk turut dalam tren positif kali ini. Simak selengkapnya di sini.

1. Saat Membeli Baru, Pilih Pakaian dengan Bahan Kain Organik

Tidak kemudian mendorong pembelian barang baru, namun ketika kamu berencana mencari pakaian baru kamu bisa mengutamakan pakaian dengan bahan kain organik. Sustainable fashion didasari dengan penggunaan materi organik yang mudah diolah oleh alam, sehingga tidak menimbulkan resiko limbah yang tak bisa diolah oleh alam. Seperti misalnya produk Eiger Windchaser LS Tees T-Shirt, salah satu produk Eiger yang dibuat dengan bahan ampas kopi. 

2. Lakukan Daur Ulang Pakaian

Styling dan daur ulang pakaian bisa dilakukan secara berkala, sehingga kamu bisa mendapatkan tampilan segar dari kombinasi beberapa pakaian lama. Kamu tak selalu perlu membeli pakaian baru untuk tampilan yang segar. Beberapa pakaian bisa dipadupadankan untuk memberikan kesan yang baru, dan tak kalah keren dengan pakaian yang sama sekali baru.

3. Mencuci Pakaian dalam Jumlah Besar

Kenapa ini jadi langkah nyata mewujudkan sustainable fashion? Karena dengan mencuci dalam jumlah besar, air yang digunakan bisa lebih efisien sehingga tidak banyak yang terbuang sia-sia. Ingat, konsep ini juga memperhatikan kelestarian lingkungan, jadi menghemat air juga jadi upaya nyata dalam melakukannya.

4. Menjaga Distribusi Pakaian dengan Konsep Preloved

Menjual dan membeli pakaian bekas atau biasa populer dengan istilah preloved juga jadi langkah nyata menerapkan sustainable fashion. Mengapa? Karena hal ini adalah upaya memperpanjang usia pakaian, dengan memindahtangankan ke orang lain agar bisa dikombinasikan dengan lebih banyak pakaian.

5. Pakaian dengan Kualitas Tinggi dan Awet

Kelima adalah dengan memilih pakaian yang berkualitas sehingga memiliki masa pakai yang lebih lama. Pakaian dengan kualitas baik dapat bertahan lebih lama, sehingga akan membuat penggunaannya juga lebih panjang. Hal ini bisa mengurangi konsumsi fashion secara langsung, dan mengurangi laju fast fashion yang kini juga sedang terjadi.

Baca Juga : Pahami Panduan Outfit ke Pantai Supaya Tak Salah Kostum 

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dibicarakan terkait dengan sustainable fashion. Namun setidaknya beberapa poin penting di atas bisa jadi acuan dalam mengikuti tren ini, sehingga kamu bisa jadi seorang yang memiliki awareness tinggi pada isu lingkungan.

Tentu saja, salah satu pilihan produk sustainable fashion adalah produk apparel dari Eiger Adventure. Dengan proses produksi yang berstandar jelas dan ramah lingkungan, produk yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi dan mudah dikombinasikan. Segera kunjungi laman produknya, dan dapatkan produk terbaik untuk setiap jenis pakaian yang kamu butuhkan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments