HomeTips & TrickMountaineeringMengenal Jenis dan Tipe Sepatu untuk Aktivitas Pendakian

Mengenal Jenis dan Tipe Sepatu untuk Aktivitas Pendakian

Persiapan untuk aktivitas pendakian sangat penting untuk memastikan keselamatan, kenyamanan, serta kesuksesan perjalanan. Selain mempelajari terkait rute pendakian, persiapan fisik dan mental, tentunya Eigerian juga wajib memiliki semua peralatan pendakian yang sesuai dengan jenis dan tingkat kesulitan perjalanan. Ini termasuk tipe sepatu pendakian, pakaian yang sesuai, tenda, sleeping bag, matras pendakian, peralatan masak, peta, kompas, dan lain sebagainya.

Ada beberapa jenis dan tipe sepatu yang dirancang khusus untuk berbagai jenis aktivitas pendakian dan petualangan di alam. Pemilihan tipe sepatu tergantung pada jenis medan, durasi pendakian, serta kebutuhan spesifik lainnya. 

Simak ulasan mengenai jenis dan tipe sepatu untuk aktivitas pendakian yang telah dirangkum di bawah ini, yuk!

Pentingnya Memilih Sepatu yang Tepat untuk Pendakian

tipe sepatu
Sumber: Eiger Adventure

Ada beberapa alasan mengapa memilih sepatu pendakian yang sesuai begitu vital, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sepatu pendakian dirancang secara khusus untuk memberikan perlindungan ekstra pada kaki. Sepatu pendakian memiliki sol yang kokoh, tahan air, dan perangkat perlindungan tambahan seperti toe cap untuk melindungi kaki dari bebatuan tajam atau hantaman.
  • Lalu, sepatu pendakian juga dilengkapi dengan sol yang dirancang khusus untuk memberikan cengkraman yang baik pada berbagai jenis medan, termasuk tanah licin atau bebatuan. Hal ini membantu mencegah tergelincir dan memberikan stabilitas yang diperlukan.
  • Sepatu pendakian juga menyediakan dukungan tambahan untuk pergelangan kaki dan mata kaki. Hal ini akan membantu mencegah cedera dan memberikan stabilitas yang diperlukan saat melewati medan yang tidak rata.
  • Selain itu, sepatu pendakian juga dirancang dengan pertimbangan kenyamanan yang tinggi. Sepatu tersebut memiliki desain ergonomis dan bantalan tambahan untuk mengurangi tekanan pada kaki selama pendakian yang panjang.
  • Beberapa sepatu pendakian bahkan dilengkapi dengan teknologi waterproof untuk melindungi kaki dari air hujan atau salju. Di sisi lain, sepatu pendakian yang juga breathable sehingga membantu menjaga kaki tetap kering dengan memungkinkan sirkulasi udara.
  • Sepatu pendakian dibuat dengan mempertimbangkan bobotnya supaya tetap ringan tanpa mengorbankan kekuatan atau ketahanan. Material yang tahan lama juga digunakan untuk memastikan sepatu dapat bertahan dalam kondisi ekstrem.
  • Kemudian, desain sepatu pendakian memungkinkan adaptasi yang baik terhadap berbagai jenis medan, termasuk hiking trail, gunung berbatu, atau hutan belantara. Ini akan membantu peningkatan performa dan kenyamanan selama pendakian.
  • Dengan memberikan perlindungan dan dukungan yang memadai, maka sepatu pendakian dapat membantu mencegah cedera seperti keseleo, terkilir, atau luka akibat bebatuan tajam.

Baca juga: Koleksi Speed Hiking dari EIGER, Lengkap dari Apparel Hingga Sepatu

Jenis dan Tipe Sepatu untuk Pendakian

tipe sepatu
Sumber: Eiger Adventure

Berikut ini adalah beberapa tipe sepatu pendakian yang umumnya tersedia, simak ulasan selengkapnya, yuk!

1. Hiking Shoes (Sepatu Hiking)

Sepatu hiking merupakan pilihan yang baik untuk pendakian ringan hingga sedang. Sepatu jenis ini relatif ringan, nyaman, dan cocok untuk pendakian satu hari atau pendakian dengan beban ringan. Hiking shoes biasanya juga memiliki sol yang fleksibel dan mendukung, cocok untuk jalur hiking yang baik.

2. Hiking Boots (Sepatu Gunung)

Sepatu gunung atau hiking boots dirancang secara khusus untuk pendakian yang lebih berat, trekking di medan yang lebih kasar, atau pendakian gunung. Sepatu tipe ini biasanya memiliki sol yang lebih kokoh, dukungan pergelangan kaki yang baik, dan perlindungan tambahan di bagian ujung (toe cap).

3. Approach Shoes (Sepatu Pendakian Teknis)

Approach shoes adalah sepatu yang dirancang untuk pendakian teknis dan mendaki tebing. Sepatu ini memiliki sol yang cengkeram dengan baik dan dapat digunakan untuk mendekati rute panjat atau pendakian yang melibatkan bagian-bagian curam dan licin.

4. Mountaineering Boots (Sepatu Pendakian Gunung)

Sepatu pendakian gunung bisa jadi pilihan yang tepat untuk pendakian ekstrem, termasuk mendaki gunung setinggi puncak. Sepatu ini memiliki sol khusus yang cocok untuk menggunakan crampons, dan umumnya tahan air serta sangat tahan terhadap kondisi ekstrem.

5. Backpacking Boots (Sepatu Backpacking)

Sepatu backpacking dirancang untuk memikul beban yang lebih berat selama perjalanan backpacking atau pendakian dengan menggunakan ransel besar. Sepatu ini akan memberikan dukungan tambahan dan perlindungan yang diperlukan untuk beban tambahan.

6. Trail Running Shoes (Sepatu Trail Running)

Sementara itu, untuk pendakian yang melibatkan banyak perjalanan cepat atau berlari di jalur hiking, sepatu trail running bisa menjadi pilihan. Sepatu ini lebih ringan, responsif, dan cocok untuk aktivitas fisik yang intens di alam.

7. Winter Boots (Sepatu Musim Dingin)

Untuk pendakian di musim dingin, sepatu musim dingin alias winter boots dapat digunakan. Sepatu ini tahan air, isolasi termal, dan dirancang untuk melindungi kaki dari suhu dingin dan salju.

Baca juga: Kenapa Kamu Harus Mencoba Mendaki Gunung, Setidaknya Sekali Seumur Hidup?

Sepatu pendakian terbagi dalam berbagai jenis dan tipe yang dirancang untuk berbagai jenis pendakian, seperti hiking, trekking, mountaineering, atau backpacking. Memilih sepatu yang sesuai dengan jenis kegiatan tentunya dapat meningkatkan kinerja dan kenyamanan.Temukan berbagai macam jenis dan tipe sepatu untuk aktivitas pendakian di website resmi EIGER Adventure.

Semua produk yang ditawarkan terjamin kualitasnya, jadi tak perlu ragu untuk belanja online! Apalagi didukung juga dengan berbagai pilihan metode pembayaran, banyak promo menarik untuk berbagai barang pilihan, hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Cek koleksi terbarunya sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru