HomeTips & TrickMountaineeringMengisi Liburan Keluarga dengan Kegiatan Camping yang Seru

Mengisi Liburan Keluarga dengan Kegiatan Camping yang Seru

Libur telah tiba, saatnya mengisi momen liburan keluarga dengan kegiatan yang berkesan. Kalau bingung mencari kegiatan yang seru dan berkesan, kenapa tidak mencoba untuk pergi ke tempat camping saja? Ajaklah keluarga untuk berkemah di tempat camping yang nyaman dan sudah dipugar untuk menjadi kawasan camping keluarga, supaya lebih aman. Apa sih manfaat camping sebagai pengisi liburan keluarga?  Camping direkomendasikan sebagai aktivitas pengisi liburan keluarga yang tepat dan mengasyikkan untuk seluruh keluarga. Mendirikan tenda bersama, menata bagian dalam tenda, memasak, berbagi makanan dengan anggota keluarga lain, merupakan sebagian kecil hal-hal yang dapat dinikmati seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Nah, sebelum mengajak keluarga untuk camping, sebaiknya kita mempersiapkan peralatan berikut ini demi kenyamanan selama camping:

1. Tenda, frame, dan pasak adalah perlengkapan utama saat camping

liburan keluarga

Camping tidak akan lengkap jika tidak membawa tenda. Ada berbagai jenis tenda, mulai dari tenda pramuka, tenda dome, hingga flysheet yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Saat ini tenda dome lebih diminati oleh banyak orang, karena selain mudah didirikan, tenda jenis ini juga lebih mudah dibawa ke mana-mana. Jangan lupa untuk membawa pasak dan frame bawaan tenda dome saat camping karena tenda tidak akan bisa berdiri tanpa pasak dan frame.

2. Kompor, gas, dan perlengkapan memasak wajib ada

Saat ini, sudah ada banyak sekali kompor dan gas khusus untuk camping yang bisa dipilih. Bobotnya kurang dari setengah kilo dan mudah di-packing di dalam tas sehingga tidak akan merepotkan saat dibawa. Bukan hanya itu saja, harganya pun beragam mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Tidak perlu membayangkan membawa wajan saat camping karena saat ini sudah ada banyak sekali toko outdoor yang menjual perlengkapan memasak khusus camping

Salah satu rekomendasi terbaik adalah FIREMAPLE STOVE FMS-118. Kompor lipat yang didesain yang secara sederhana ini, mudah digunakan dan dipelihara, sangat cocok digunakan berkemah atau mendaki ke gunung yang tinggi. Kompor ini juga dapat menahan angin kencang karena adanya penyekat di bagian burner. Terdapat pula teknologi pemanasan 2 arah yang unik untuk memastikan gas sudah cukup panas sebelum dibakar, sehingga dapat menghemat bahan bakar. Kompor FMS118 dari Fire Maple ini dapat menampung berat hingga 7 kg dan memiliki preheat tube untuk melancarkan penyaluran gas ke kompor agar pembakaran berfungsi normal di cuaca dingin.

3. Sleeping bag dan matras, jangan lupa!

Sleeping bag (SB) atau kantong tidur menjadi salah satu hal yang wajib ada saat camping. SB ini bisa menghalangi suhu dingin saat camping, dan tidur di tenda pun akan terasa hangat jika memakai SB. Selain SB, kita juga perlu membawa matras. Banyak sekali jenis matras yang bisa dibawa saat camping, mulai dari matras lipat, matras isi udara, hingga matras biasa. Jika ingin membawa keluarga untuk camping, lebih baik membawa matras lipat atau matras isi udara agar terasa lebih nyaman.

Eiger punya banyak pilihan sleeping equipment. Beberapa di antaranya adalah:

  • EIGER LAKE SIDE SLEEPING BAG SLEEPING BAG. Produk sleeping bag Lake Side ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan saat tidur di alam terbuka. Produk ini jiga dapat menjaga tubuh tetap hangat ketika suhu menjadi dingin terutama ketika kita sedang berada di alam terbuka, khususnya di daerah tropis dengan suhu 15 derajat celcius. 
  • EIGER SLEEP SACK 600 SLEEPING BAG. Produk Sleep Sack 600 ini hadir untuk kenyamanan dan keamanan saat tidur di alam terbuka. Terbuat dari bahan polyester, produk yang satu ini memiliki daya tahan yang kuat namun tetap ringan ketika dibawa. Dilengkapi juga dengan teknologi Tropic Insulation, sehingga dapat menjaga tubuh tetap hangat ketika suhu menjadi dingin terutama ketika kita sedang berada di alam terbuka. Kantong tidur ini juga dilengkapi dengan tas praktis yang memudahkan kita untuk membawanya saat bepergian.
  • EIGER EMERGENCY SLEEPING BAG SLEEPING BAG. Emergency Sleeping Bag ini didesain untuk menemani kita ketika melakukan kegiatan berkemah atau saat berada di luar ruangan. Selimut ini akan menjaga kehangatan tubuh saat malam hari disaat cuaca sejuk, dan memberikan kenyamanan saat tidur di alam terbuka.

4. Korek api, senter, headlamp beserta baterai cadangan

liburan keluarga

Meskipun kecil, namun korek api merupakan salah satu peralatan yang tidak boleh ketinggalan saat camping. Korek api ini bisa menjadi alat untuk jaga-jaga jika pemantik kompor mati. Selain itu, korek api juga bisa menjadi alat untuk membuat api unggun agar suasana camping semakin hangat. Selain korek api, kita juga membutuhkan senter dan headlamp. Pasalnya, camping identik dengan menginap di alam bebas, di mana dalam suasana malam yang gelap, senter dan headlamp adalah hal yang penting. Usahakan untuk membawa senter atau headlamp sesuai dengan jumlah orang yang ikut camping agar tidak kesusahan saat malam tiba.

Baca juga: Serba-serbi Naik Gunung: Pentingnya Mengenal Istilah Pendakian

5. Pisau serbaguna

Saat camping dengan sedikit orang, sebaiknya kita membawa pisau serbaguna yang berisi sendok dan garpu lipat, yang lebih praktis dan tidak membutuhkan banyak ruangan untuk menyimpannya. Namun jika kita berangkat dengan banyak orang, lebih baik membawa pisau biasa saja karena beban tugas membawa barang bisa dibagi rata dengan orang lain. Eiger juga punya beberapa produk pisau yang bisa menjadi pilihan untuk berbagai kebutuhan. COGHLANS POCKET SIERRA SAW adalah gergaji lipat terbaik yang cocok digunakan di alam atau sekitar rumah karena tidak perlu diasah. Bilah Pocket Sierra Saw ini didesain agar nyaman dan tidak memerlukan penajaman. Sistem kunci ‘One-Touch’ akan memastikan bilah tetap terkunci di posisinya saat sedang dibuka agar tetap aman dioperasikan. Gagang pisau yang nyaman, ergonomis, dan anti licin juga mampu mencegah cedera yang tidak disengaja saat digunakan. Bagian bilah dapat dengan mudah dilipat ke dalam gagang untuk penyimpanan yang ringkas dan sangat aman saat tidak digunakan.

6. P3K dan survival kit

Saat mengisi liburan keluarga dengan kegiatan camping, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama camping. Jadi, membawa P3K dan survival kit merupakan hal yang bermanfaat saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti luka pada tangan, tas robek, atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.  Eigerian bisa cek di sini untuk mendapatkan produk Eiger survival kit yang bisa membantu saat pendakian. Silakan pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan, ya

Jangan Lupa Selalu Menjaga Kebersihan! 

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang tisu yang sudah tidak terpakai secara sembarangan. Pastikan kita membuangnya di tempat pembuangan yang telah disediakan. Jika tidak ada, kita bisa membungkusnya secara terpisah lalu kita bawa kembali dan dibuang di tempat sampah. 

Selain beberapa peralatan camping yang telah disebutkan di atas, kita juga perlu menyiapkan perlengkapan tambahan seperti trash bag, jaket, raincoat dan baju ganti, sepatu, sandal, hingga kaos kaki. Usahakan untuk memasukkan peralatan camping dalam satu tas, karena biasanya beberapa barang kecil akan mudah hilang dan ketinggalan jika tidak di-packing dalam satu tas atau wadah. Kita bisa menggunakan tas carrier, yang bentuknya simpel tapi memiliki kapasitas besar.

Baca juga: Ini Lho 5 Tempat Camping Di Bandung yang Recommended!

Eiger punya rekomendasi tas carrier terbaik yang bisa dipilih untuk menemani kegiatan camping bersama keluarga. Eiger Appalachia 45 Backpack memiliki kompartemen utama dan kompartemen eksternal, seperti saku samping berbahan mesh, saku tutup atas, serta saku depan tanpa jahitan untuk menjaga barang bawaan tetap aman dan terjaga. Tas ini terbuat dari bahan nylon dan cordura yang memiliki ketahanan kuat dari gesekan, abrasi, dan juga tidak mudah sobek. Selain itu, masih ada banyak rekomendasi perlengkapan dan peralatan mountaineering lainnya yang bisa didapatkan di website Eiger Adventure Official.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments