HomeTips & TrickMenumbuhkan Rasa Cinta Alam Melalui Taman Nasional di Indonesia

Menumbuhkan Rasa Cinta Alam Melalui Taman Nasional di Indonesia

Alam Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak keindahan yang bisa didapatkan di bumi ini. Mengingat keindahan alam ini, sebagian besar orang mungkin akan langsung merujuk kepada tempat-tempat atau lokasi-lokasi yang indah. Untuk semakin menumbuhkan rasa cinta alam Indonesia, mengenal dan berkunjung ke Taman Nasional yang ada di Indonesia patut dijajal. 

Taman Nasional merupakan sebuah kawasan pelestarian alam yang dikelola oleh pemerintah, tapi boleh dikunjungi oleh masyarakat secara umum. Yuk, simak deretan Taman Nasional di Indonesia beserta keindahan yang disimpan di sana!

1. Pulau Komodo

taman nasional

Pulau Komodo menjadi tujuan wisata yang sangat mainstream di Indonesia. Namun, mengunjunginya berkali-kali rasanya tidak akan memberikan rasa bosan. Pulau Komodo ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang menjadi rumah untuk para Komodo, yaitu hewan endemik Indonesia yang hidup bebas. Jika memang beruntung saat datang ke sana, kamu bahkan bisa melihat Rusa Timor, Kuda Liar, Monyet Ekor Panjang, dan Kerbau Liar. Ada juga spot diving yang cukup populer di kawasan ini yang kabarnya menjadi jalur migrasi paus, penyu, lumba-lumba, hiu, hingga ikan dugong.

2. Way Kambas

Taman nasional yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung ini sudah terkenal di seluruh wilayah ASEAN. Menjadi rumah untuk para Gajah Sumatera, di sana Gajah dilatih untuk melakukan banyak hal, termasuk juga bersosialisasi dengan hewan lain dan juga manusia. Tidak hanya Gajah Sumatera, taman ini juga merupakan rumah bagi satwa-satwa langka lainnya seperti Badak Sumatera, Harimau Sumatera, hingga Tapir. Menariknya lagi, Taman Nasional Way Kambas ini sudah dinobatkan sebagai Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park) dan merupakan satu dari empat taman nasional di Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut.

3. Ujung Kulon

Taman ini terkenal dengan badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang populasinya sudah semakin terancam punah. Tempat ini punya luas 107.489 hektar dan merupakan Situs Warisan Dunia. Taman Nasional Ujung Kulon ini juga menjadi habitat dari berbagai satwa liar, seperti Merak, Banteng, Kera Ekor Panjang, Babi Hutan, dan Ayam Hutan. Bukan hanya hutan yang jadi rumah dari sang badak, di kawasan taman ini kamu juga bisa menjumpai pantai dengan pasir putih di lokasi yang berada di paling ujung barat Pulau Jawa ini.

4. Karimun Jawa

Secara geografis, Pulau Karimun Jawa berada di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, berjarak sekitar 120 km di utara Kota Semarang. Pulau ini hanya bisa dijangkau dengan menggunakan perahu melalui Jepara atau Semarang dengan memakan waktu kurang lebih enam jam. Kawasan Taman Nasional Karimun Jawa ini memiliki bentang alam yang  sangat beragam meliputi hutan bakau, padang lamun, padang rumput, hutan hujan tropis, hutan pesisir, hingga keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang dan biota laut yang cantik. Tidak hanya keindahan alamnya saja, namun Karimun Jawa juga populer akan penangkaran Hiu di mana para wisatawan yang datang bisa melihat secara dekat hiu-hiu yang dikonservasi di taman nasional ini.

5. Gunung Leuser

taman nasional

Pesona alam liar dengan hutan hujan tropis dan juga sungai dengan arus yang pelan menjadi pemandangan yang akan ditemui di Taman Nasional Gunung Leuser ini. Berada di dua provinsi paling utara di Pulau Sumatera, yaitu Aceh dan Sumatera Utara, hutan hujan tropis di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser ini juga menjadi rumah untuk puluhan orangutan Sumatera. Jika cuaca bersahabat, maka para pengunjung bisa masuk ke dalam hutan dan bertemu langsung dengan populasi hewan yang dilindungi tersebut.

6. Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting ini mempunyai luas 415.040 hektar dan menjadi rumah untuk puluhan ribu orangutan Kalimantan. Lokasinya berada di wilayah Semenanjung Selatan Kalimantan Tengah. Selain melihat kumpulan orangutan, kamu juga bisa menjelajah sungai di antara hutan di kawasan ini sembari melihat ragam satwa lainnya yang hidup di alam liar.

7. Wakatobi

taman nasional
sumber: freepik

Bagi para penyuka laut dan pantai, maka Taman Nasional Wakatobi merupakan destinasi wisata yang paling pas untuk didatangi. Taman laut ini menyimpan jutaan kekayaan hayati laut, mulai dari ikan, tanaman laut, hingga terumbu karang. Wakatobi setidaknya menyimpan sebanyak 25 gugusan terumbu karang cantik. Untuk melihatnya, tentu saja kamu perlu menyelam. Di kawasan ini juga tersedia banyak resort yang menawarkan pengalaman liburan yang tidak hanya nyaman namun juga memukau.

8. Bunaken

Taman Nasional di Indonesia lainnya yang sudah sangat populer adalah Taman Nasional Bunaken yang lokasinya berada di Sulawesi Utara. Taman laut ini menjadi rumah bagi 390 spesies terumbu karang dan 90 spesies biota laut. Jadi, bisa kamu bayangkan kan betapa memukaunya pemandangan bawah laut di sana?

9. Baluran

Banyak yang bilang, bahwa Taman Baluran ini adalah Afrika kecil di Pulau Jawa. Begitu memasuki kawasan ini kamu akan langsung disuguhkan savana Bekol dengan latar Gunung Baluran. Kamu pun bisa melihat Rusa dan Monyet yang hidup dengan bebas di tempat ini. Lalu bergeser ke timur, masih dalam kawasan Taman Nasional Baluran, terdapat Pantai Bama yang menawarkan pemandangan indah dengan pasir putih serta laut biru yang membentang luas.

Sebenarnya masih ada banyak Taman Nasional di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna yang eksotis saja, namun Taman Nasional yang ada di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang sangat memukau dan juga beragam. Tertarik untuk melihat lebih dekat keindahan alam Indonesia?

Mulailah rencana traveling-mu dengan menyiapkan berbagai perlengkapan seperti sepatu, backpack, dan lainnya. Eiger Adventure punya banyak pilihan backpack terbaik untuk kamu, lho! Dari pada penasaran, langsung saja kunjungi website-nya. Dan kamu bisa belanja online dari rumah dengan sangat mudah. Borong sekarang, mumpung ada banyak promo menarik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru