HomeTravelPanduan Lengkap Membuat Travel Itinerary untuk Backpacking, Cek di Sini!

Panduan Lengkap Membuat Travel Itinerary untuk Backpacking, Cek di Sini!

Setiap tantangan yang hadir jelas harus dihadapi dengan penuh semangat. Apalagi sekarang sudah banyak konsep liburan dan petualangan dengan biaya terjangkau, dengan backpacking. Tapi satu hal yang harus diingat adalah agenda ini wajib punya travel itinerary yang ideal, jadi waktu dan biaya yang kamu punya benar-benar bisa dimaksimalkan.

Tanpa ada rencana yang baik, pemborosan biaya dan waktu terbatas yang kamu punya bisa terjadi. Jelas, hal ini merupakan sesuatu yang tidak diinginkan, apalagi waktu libur yang ada juga bukan unlimited.

Untuk kamu yang mulai tertarik backpacking dan ingin belajar lebih jauh, kamu bisa cek artikel ini sampai selesai dan mendapatkan insight berguna dari masing-masing poin pentingnya.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata Terpopuler di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Awali Semuanya dengan Riset

travel itinerary
Sumber: freepik.com

Terdengar seperti penelitian?

Nyatanya membangun travel itinerary yang ideal memang harus ‘bersenjatakan’ data yang mumpuni. Kini kamu bisa dengan mudah mencari informasi di berbagai media online atau konten yang tersebar sedemikian banyak.

Dengan melakukan riset yang baik, kamu bisa tahu gambaran biaya realistis yang harus dialokasikan, menemukan spot wisata gratis, akomodasi yang tepat untuk berpindah dan singgah, hingga pertimbangan pada high season tempat wisata tersebut yang bisa berpengaruh pada biayanya.

Manfaatkan Blog dan Sumber Informasi Lain

Tidak sulit mencari sumber informasi yang kamu perlukan. Mulai dari blog perjalanan yang berfokus pada penghematan biaya, kemudian forum-forum online di media sosial yang memungkinkan kamu berinteraksi langsung dengan backpacker senior, atau situs resmi pariwisata daerah yang sering memberikan info promo atau acara gratis.

Media sosial dan lingkaran pertemanan juga jadi tempat yang handal untuk mendapatkan informasi terkini. Tidak sedikit kok orang-orang yang melakukan backpacking dan mau dengan sukarela memberikan informasi tentang travel itinerary yang mereka punya. Jadi kamu bisa mengadaptasi atau mencontohnya, untuk liburan dengan budget minimalis tapi pengalaman tetap maksimal.

Perhatikan Data yang Kamu Cari

Agar kamu bisa mencari data dengan lebih efektif, ada beberapa data utama yang wajib kamu dapatkan dan kumpulkan.

  • Pertama, biaya hidup yang diperlukan selama kamu berada di destinasi tujuan. Mulai dari harga makanan, transportasi, tiket masuk, dan sejenisnya
  • Kedua, akomodasi yang ada di tujuan. Kamu bisa memilih opsi hostel atau guesthouse untuk harga lebih terjangkau, atau homestay untuk ukuran rombongan besar
  • Ketiga, transportasi yang akan digunakan. Tidak hanya sampai ke kota besarnya saja, kamu juga wajib mencari tahu transportasi lokal yang bisa mengantarkan kamu ke tujuan utama
  • Keempat, biaya wisata. Seperti yang disinggung di poin pertama tadi, soal tiket masuk, biaya parkir, dan berbagai hal terkait dengan agenda utama harus dipetakan supaya rancangan biaya bisa didapatkan seakurat mungkin

Cari Tahu 4 Cara Menyusun Travel Itinerary di Sini!

travel itinerary
Sumber: freepik.com

Setelah mendapatkan semua data yang kamu perlukan, kini saatnya kamu membuat travel itinerary yang bagus. Bagus di sini dalam artian bisa memenuhi apa yang kamu inginkan, tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar, sebab agenda yang kamu punya adalah backpacking, bukan liburan menggunakan ‘koper’.

1. Durasi Perjalanan Total

Pertama, rencanakan berapa lama kamu akan backpacking ke destinasi yang kamu punya. Hal ini bisa didasarkan pada objek apa yang ingin kamu kunjungi, jarak yang harus ditempuh dari satu titik ke titik lain, dan pertimbangan jam operasional destinasi.

jangan lupa berikan waktu luang di ‘jadwal’ yang kamu buat ini, siapa tahu kamu ingin melakukan eksplorasi spontan yang bisa membawa kamu ke pengalaman baru yang berkesan!

2. Alokasi Budget Harian yang Diperlukan

Pastikan kamu memiliki jadwal alokasi budget harian yang disepakati bersama. Cara mudah ini bisa membantu kamu terhindar dari pengeluaran yang tidak direncanakan, dan membuatmu menjadi boros.

Akan lebih baik jika kamu punya beberapa label tertentu untuk budget yang dibawa, seperti uang akomodasi, uang transportasi, uang makan, uang aktivitas, dan uang darurat. Tapi ingat, selalu disiplin dalam penggunaan budget yang sudah direncanakan ini ya!

3. Pemesanan Awal untuk Tiket dan Akomodasi

Perencanaan jauh hari memungkinkan kamu bisa memesan akomodasi untuk singgah dan tiket perjalanan sejak lama sebelum waktu keberangkatan. Artinya, ada potensi harga rendah saat kamu membayar kedua hal utama tersebut.

Jika ingin mendapatkan kepastian, kamu bisa menghubungi hostel atau homestay terdekat dengan tujuan untuk menanyakan rate-nya pada saat kamu akan menginap. Kontak langsung memungkinkan kamu mendapat harga riil sehingga bisa memilih mana yang lebih hemat, transaksi langsung atau melalui platform atau agen.

4. Contoh Itinerary Travel ke Yogyakarta, 2 Hari 1 Malam

Banyak sekali contoh bisa didapatkan untuk itinerary travel yang kamu perlukan. Bahkan pada beberapa platform juga terdapat keterangan lengkap paket wisata 2 hari 1 malam yang terjangkau untuk area Yogyakarta.

Dilansir dari laman niagatour.com, salah satu paket wisata Yogyakarta 2 hari 1 malam adalah sebagai berikut.

  • Hari pertama, jadwal kunjungan ke Svarga Bumi, Candi Borobudur, VW Safari, dan Alun-Alun Kidul
  • Hari kedua, jadwal kunjungan ke Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan Studio Alam Gamplong
  • Untuk harga sendiri bisa menyesuaikan tergantung jumlah rombongan, makin banyak akan semakin terjangkau, dengan skala 4 hingga 5 orang adalah sebesar Rp1,099,000 per orang
  • Fasilitas yang didapatkan antara lain adalah privat tour, transportasi wisata, menginap 1 malam, tiket masuk objek wisata, driver as guide, air mineral, makan sesuai paket, P3K, parkir, free banner untuk jumlah peserta tertentu
  • Opsi hotel yang diberikan mulai dari bintang dua (Cordela, Pop Sangaji, Zest Hotel, Citra Dream) atau bintang 3 (Burza Hotel, Lynn, Tasnem, Prima In)

Tentu saja banyak sekali contoh lain yang bisa digunakan sebagai acuan. Misalnya saja kamu ingin menyusunnya sendiri tanpa menggunakan bantuan agen wisata, kamu bisa menyusunnya secara lebih rinci dan lebih bebas tergantung dengan kemauanmu.

Ingin Berhemat? Bagian Ini Wajib Kamu Baca Sampai Selesai

travel itinerary
Sumber: freepik.com

Karena pada dasarnya backpacking adalah mewujudkan keinginan berwisata tapi dengan dana yang ekonomis, maka tips berhemat berikut ini bisa jadi sangat berguna untuk digunakan. Beberapa tips yang bisa kamu pakai adalah sebagai berikut.

  • Untuk akomodasi kamu bisa menggunakan homestay, hostel atau model chouchsurfing. Catatannya adalah pastikan kamu melakukan riset mendalam pada akomodasi yang akan dipakai, jangan sampai harga murah yang ditawarkan harus dibayar dengan ketidaknyamanan dan pengalaman buruk
  • Untuk urusan transport, gunakan transportasi umum dan hindari menyewa kendaraan. Meski menyewa kendaraan terkesan lebih murah, tapi transportasi umum akan memberikan total biaya lebih terjangkau. Jika harus menyewa, kamu bisa menawar harga yang diberikan atau menggunakan kendaraan yang lebih kecil
  • Untuk makanan, kamu bisa mencoba alternatif di warung makan lokal dibandingkan dengan restoran yang ada di tempat wisata. Apalagi jika tempat menginap menyediakan dapur, hal ini akan jauh lebih baik karena makanan bisa dibuat sendiri dan menjadi bekal
  • Untuk aktivitas, wisata alam kebanyakan menawarkan biaya lebih terjangkau karena gratis atau lebih murah. Misalnya saja pendakian gunung, danau, atau objek alam lainnya. Objek dengan biaya ekonomis lain adalah museum, bazaar, festival kerakyatan, acara lokal, dan sejenisnya

Jadi Kapan Mau Coba Backpacking dengan Travel Itinerary Sendiri?

travel itinerary
Sumber: EIGER Adventure

Setelah melihat penjelasan dari poin di atas, kini kamu bisa mendapatkan insight berguna soal budget travel. Mulai dari perencanaan yang sebaiknya detail, pemesanan akomodasi dan tiket jauh-jauh hari, memilih transportasi lokal, serta menjalin komunikasi dengan forum atau komunitas backpacking bisa memberikan banyak bantuan untuk rencanamu.

Dengan cerdas memilih, kamu bisa menikmati waktu liburan dengan cara yang lebih fleksibel, hemat, tapi tetap berkesan. Selalu sediakan waktu luang untuk berbagai hal tak terduga, dan jangan lupa nikmati setiap momen agar waktu yang kamu lewatkan terasa semakin seru.

Baca Juga: 7 Tips Libur Lebaran Aman & Nyaman, Cek di Sini! 

Lengkapi dengan Produk EIGER Adventure, Gas Agendamu Sekarang Juga!

Membuat rencana liburan atau travel itinerary seperti yang dijelaskan di atas memang tidak mudah, tapi justru di situlah letak kenikmatannya. Pengalaman terbaik bisa dibuat secara mandiri dengan semua informasi yang ada, dan kebebasan bisa didapatkan untuk benar-benar menikmati waktu luang.

Tentu saja, agar semakin seru, kamu bisa melengkapi dirimu dengan produk solid dari EIGER Adventure, seperti opsi yang ada di bawah ini.

Camfest Backpack 30L

travel itinerary
Sumber: EIGER Adventure

Dengan kapasitas 30 liter, tas ini akan bisa membantu membawa berbagai keperluan selama kamu backpacking. Ringkas, banyak memiliki kantong, dan nyaman ketika digunakan, harganya adalah Rp689,000.

Tomahawk Roll Strap Pattern 2

travel itinerary
Sumber: EIGER Adventure

Solid, memberikan pijakan yang nyaman, dan cengkeraman yang baik, sandal ini akan memberikan semua yang kamu butuhkan untuk menapaki setiap langkah selama liburan. Dengan harga hanya Rp289,000 saja, kamu bisa membawa pulang sepatu ini.

Semoga artikel tentang travel itinerary ini bisa membantumu menyusun agenda yang kamu inginkan. Jangan lupa dapatkan produk solid dari EIGER Adventure di toko resmi terdekat, atau kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru