HomeTips & TrickTraveling7 Tips Libur Lebaran Aman & Nyaman, Cek di Sini!

7 Tips Libur Lebaran Aman & Nyaman, Cek di Sini!

Siapa yang tidak ingin menghabiskan waktu liburan dengan orang terdekat dan agenda yang seru? Dalam waktu dekat, libur lebaran akan segera tiba, dan tentu saja banyak rencana melancong mulai disusun.

Perjalanan yang dilakukan akan semakin seru jika kamu paham benar tempat yang akan dituju dan kegiatan yang akan kamu lakukan. Tapi satu hal yang tidak boleh dilewatkan, adalah memastikan semua agenda berjalan aman dan nyaman, dengan memperhatikan beberapa poin sederhana yang penting untuk diingat.

Baca Juga: 4 Langkah Sederhana Sikapi Paspor Hilang di Luar Negeri

Tips Wisata Aman dan Nyaman saat Libur Lebaran

libur lebaran
Sumber: Eiger Adventure

Karena libur lebaran menjadi momen yang dinikmati banyak orang, jelas tempat-tempat wisata viral akan ramai dikunjungi. Keramaian ini memang umum terjadi, tapi kalau Eigerian tidak cermat, justru hal ini bisa mengurangi kenyamanan dan mendatangkan ancaman keamanan selama berlibur.

Nah, supaya tidak sampai terganggu dengan hal-hal yang di luar kendali, kamu bisa mencermati beberapa tips agar agenda yang kamu lakukan berjalan aman dan nyaman hingga selesai.

1. Pastikan Semua Terencana

Tidak semua perjalanan dan cerita seru berawal dari keputusan ceroboh. Agenda liburan yang terencana dengan baik bisa membawamu berlibur dengan asyik, tanpa harus kebingungan dan terlalu banyak waktu kosong.

Buat rencana tentang apa saja yang akan dilakukan, tempat yang akan dikunjungi, dan sebagainya. Agenda ini bisa jadi acuan utama untuk menikmati waktu bebas yang kamu punya selama liburan ini.

2. Mulai Cari Transportasi

Untuk mendapatkan tiket yang harganya terjangkau, kamu bisa mulai mencari transportasi jauh-jauh hari. Tiket pesawat, bis, atau kereta biasanya lebih ekonomis jika dipesan jauh hari, dan kamu bisa memastikan keberangkatan sejak dini.

Kalau kamu punya waktu yang cukup lengang, jangan ragu menggunakan perjalanan dengan waktu yang lama. Perjalanan panjang ini juga bisa membuka kesempatan untuk pengalaman seru, atau bahkan bertemu dengan orang baru yang tidak kalah menarik.

3. Ingat untuk Tidak Overpacking

Bagi sebagian besar orang yang sering liburan, overpacking mungkin sudah tidak lagi jadi masalah. Tapi untuk Eigerian yang baru akan memulai petualangannya, hal ini harus diperhatikan supaya tidak jadi beban selama perjalanan dan liburan berlangsung.

Overpacking sendiri adalah istilah untuk membawa terlalu banyak barang yang dikira akan dibutuhkan, dan berujung pada tambahan beban selama liburan. Berbekal rencana yang ideal, kamu bisa menyesuaikan barang bawaan. Jangan ragu juga untuk minta pendapat teman yang lebih berpengalaman.

4. Selalu Pakai Metode Pembayaran yang Legal

Agar kamu terlindung dari berbagai jenis scam atau pencurian uang, pastikan kamu punya metode pembayaran andalan yang legal dan mudah proses verifikasinya. Tanpa mendiskreditkan pihak manapun, risiko pada scam pembayaran bisa terjadi karena ulah oknum tidak bertanggungjawab.

Mungkin salah satu metode paling aman adalah dengan uang cash. Namun jika dibawa terlalu banyak juga akan meningkatkan risiko. Jadi rencanakan dengan baik metode pembayaran yang akan kamu pakai, dan distribusikan anggaran liburan dengan cermat.

5. Tandai Semua Barang yang Dibawa

Salah satu cara tradisional untuk memastikan tidak ada barang tertinggal adalah dengan membuat checklist pada setiap barang yang kamu bawa. Untuk memastikannya, kamu bisa memberikan tanda pada barang-barangmu.

Misalnya saja menggunakan tali atau gelang berwarna mencolok dan seragam untuk setiap barang. Pengecekan bisa dilakukan sebelum berangkat, sebelum memasukkan barang ke bagasi, ketika mengambil bagasi, dan saat sampai di tempat tujuan. Kamu juga bisa melakukan pengecekan dengan urutan sebaliknya saat perjalanan pulang.

6. Selalu Hargai Tradisi dan Budaya Lokal

Tempat tujuan yang kamu datangi mungkin punya aturan, adat, atau budaya tersendiri yang berlaku di sana. Pastikan agar kamu tahu hal ini, dan tidak melakukan pelanggaran agar agenda yang sudah kamu susun bisa terlaksana dengan aman dan nyaman.

Ingat, masyarakat lokal tetap akan menjadi tuan rumah yang harus dihargai. Sebagai wisatawan yang baik, apa yang membuatmu senang tetap tidak boleh melanggar norma yang berlaku di tempat tujuan.

7. Selalu Gunakan Pakaian yang Tepat

Cukup sering dikesampingkan, untuk bisa menikmati libur lebaran dengan maksimal kamu juga harus memikirkan pakaian yang tepat agar rencanamu bisa dilakukan dengan baik. Sesuaikan pakaian yang kamu bawa dan pakai dengan tempat tujuan atau moda transportasi yang kamu gunakan.

Kenyamanan yang diberikan pakaian secara langsung akan berpengaruh pada kenyamananmu selama liburan. Jangan sampai salah kostum, karena ‘harga’ yang harus dibayar cukup mahal, entah ketidaknyamanan yang dirasakan atau biaya membeli baju baru yang lebih nyaman di tempat wisata.

Gunakan Outfit yang Tepat untuk Libur Lebaran, Nikmati Pengalaman Terbaikmu!

libur lebaran
Sumber: Eiger Adventure

Outfit yang tepat akan membantu kamu merasa lebih nyaman, baik saat perjalanan atau ketika menikmati waktu libur lebaran di tujuan yang kamu tetapkan. Pemilihan ini sebaiknya disesuaikan dengan kondisi yang akan kamu hadapi.

Misalnya saja, untuk perjalanan panjang, penggunaan jaket atau sweater akan lebih direkomendasikan supaya kamu tidak kedinginan selama berada di dalam pesawat, bis, atau kereta. Selain itu, pakaian ini juga nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Kamu bisa mencoba mencari jaket atau sweater dengan mengklik tautan yang ada di dua kata produk tersebut, untuk langsung melihat ragam opsi menarik yang ditawarkan Eiger Adventure.

Kemudian untuk alas kaki, sepatu dan sandal sebaiknya juga kamu bawa menyesuaikan dengan kondisi. Sepatu bisa digunakan untuk perjalanan atau berjalan ketika sampai di tempat wisata. Sandal, di sisi lain, bisa jadi opsi mudah dan nyaman untuk  bersantai tanpa harus repot memasang tali atau merasa terlalu gerah.

Baca Juga: Negara Paling Indah di Dunia, Indonesia Ada di Posisi PuncakAgenda libur lebaran memang jadi kegiatan tahunan yang dinantikan setiap orang. Dengan rencana yang matang dan penuh antusiasme, waktu luang selama beberapa hari bisa memberikan cerita seru untukmu dan orang terdekat yang turut serta dalam perjalanan. Untuk menemani setiap petualanganmu, kamu bisa mempercayakan apparel dari Eiger Adventure yang jelas berkualitas dan memiliki variasi yang beragam. Lengkap, solid, dan keren, Eiger Adventure siap memberikan produk terbaiknya untukmu di setiap kegiatan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru