HomeTips & TrickGreen & HealthyTraveling Alam Terbuka Baik Untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya

Traveling Alam Terbuka Baik Untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya

Para pakar dan peneliti kesehatan mengatakan bahwa menghabiskan waktu di alam terbuka sangat baik untuk kesehatan, terutama traveling alam terbuka yang ternyata baik untuk keseehatan.

Salah satu penelitian membuktikan, alam menjadi pendekatan non-medis yang mampu memberikan dampak positif terhadap suasana hati pada seseorang dengan kondisi kesehatan mental yang buruk.

Bagi yang senang traveling alam terbuka tentu menjadi keuntungan tersendiri, selain memang hobi ternyata kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Meski saat ini kita belum bisa pergi keluar rumah dan jalan-jalan ke alam terbuka, ada baiknya kita cari tahu dulu apa sih alasannya yang membuat traveling alam terbuka baik untuk kesehatan kita?

Meningkatkan Memori

Diuji oleh University of Michigan yang melibatkan banyak responden, mereka yang menghabiskan waktu di luar ruangan ternyata memiliki performa pada uji memori lebih baik 20 persen dari sebelum keluar ruangan.

Tapi dengan syarat, perjalanan di luar harus dilakukan di sekeliling pemandangan hijau, bukan perkotaan.

Berjalan menyusuri tempat hijau nan rindang akan pepohonan sangat terkenal baik untuk kesehatan mata, selain itu kegiatan ini juga bisa membuat memori bekerja dengan lebih baik.

Dibandingkan seharian berada di dalam ruangan, sekali-kali refreshing ke luar ruangan menjadi pilihan yang baik.

Mengurangi Stres

Source: Pexels photo by Keenan Constance

Mereka yang sering berjalan di alam terbuka juga terbukti dapat mengurangi tingkat kortisol, hormon yang menjadi indikator stres, dengan cukup signifikan daripada mereka yang terus menghabiskan waktu di perkotaan yang penuh polusi dan sesak akan manusia.

Sesekali kamu perlu menenangkan diri di taman yang hening, menikmati udara sejuk sambil menikmati pemandangan sekitar.

Alangkah lebih baik jika kamu bisa meluangkan waktu untuk berpegian ke tempat yang tenang, dimana pepohonan masih ramai berdiri dan jauh dari polusi.

Baca juga: Manfaat bersepeda ini bisa didapatkan, kuncinya adalah rutin

Dapat Mengurangi Peradangan pada Tubuh

Ketika kamu mengalami peradangan akut, baik itu gangguan autoimun, radang usus, atau kanker stadium awal, menghabiskan waktu di alam terbuka ternyata bisa menjadi salah satu solusi penyembuh.

Mereka yang menghabiskan waktu lebih banyak di alam terbuka mengalami tingkat peradangan lebih rendah daripada yang selalu hidup area perkotaan.

Bagi yang sibuk dengan pekerjaan, traveling alam terbuka juga bisa dilakukan saat waktu senggang atau weekend.

Hati dan Pikiran Jadi Tenang

Tanpa memikirkan hal yang lain, traveling ternyata bisa membuat hati dan pikiran jadi tenang. Dengan mengunjungi tempat baru baik bersama orang terdekat atau sendirian, kamu dipaksa untuk benar-benar “hidup” tanpa memikirkan beban pekerjaan atau masalah yang sedang dialami.

Lebih Memahami Diri Sendiri

Tahukah kamu apa ternyata traveling ke alam terbuka dapat membuat jadi lebih memahami diri sendiri? Saat situasi tak terduga, biasanya terdapat situasi yang mengharuskan kamu untuk beradaptasi dan berpikir jernih untuk menyelesaikan masalah.

Lalu dalam situasi tersebut, kamu akan mulai belajar lebih memahami diri sendiri. Bagaimana menghadapi masalah, mencari solusi, menenangkan diri ketika ada hal yang terjadi di luar kendali.

Baca Juga : 5 Manfaat Self Improvement

Dapat Mengurangi Kejenuhan

Eigerian pernah gak merasa hampa padahal banyak aktivitas yang harus kamu lakukan? Para peneliti mengenal kondisi ini sebagai “kelelahan mental”.

Solusinya adalah dengan cara menghabiskan waktu di lingkungan asri, udara terbuka, dan menghindari perkotaan atau jalanan.

Penelitian ini juga membuktikan, keindahan alam mampu memberikan perasaan takjub yang bisa bikin mood booster buat setiap orang.

Baca juga: Tips mendaki gunung untuk pemula

Mengurangi Depresi

Kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan lainnya bisa diringankan dengan menghabiskan waktu di alam terbuka. Apalagi kalau digabungkan dengan berolahraga.

Sebuah penelitian menemukan kalau berolahraga di taman atau hutan mampu menurunkan tingkat kecemasan dan depresi secara signifikan.

Lingkungan “hijau” bisa meningkatkan kepercayaan diri, sedangkan lingkungan “biru” seperti perairan bisa meningkatkan ketenangan.

Nah, setelah tahu apa saja manfaat yang didapat untuk kesehatan, jadi Eigerian bisa merencanakan tujuan traveling alam terbuka selanjutnya.

Kamu gak mesti lagi traveling ke area ramai di perkotaan yang penuh dengan polusi dan sesak akan manusia, tapi lebih baik ke area yang dipenuhi pepohonan dan lingkungan hijau.

Kamu juga gak perlu jauh-jauh pergi ke lokasi wisata, cukup cari taman asri yang tidak ramai orang di dekat rumahmu. Tapi ingat, tetap gunakan masker dan proteksi diri ya.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments