HomeTips & TrickLifestyleTren Binge Watching : Definisi, Efek Positif, dan Negatifnya

Tren Binge Watching : Definisi, Efek Positif, dan Negatifnya

Sebagai seorang manusia modern yang memiliki akses ke layanan berlangganan, tentu kamu sudah tak asing dengan istilah tren binge watching bukan? Istilah yang ‘dipopulerkan’ oleh layanan streaming berbayar tersebut. Tapi tahukah kamu apa definisinya?

Selain definisi binge watching yang wajarnya harus kamu pahami, ada baiknya juga kamu menyelesaikan artikel singkat ini karena akan disampaikan pula kelebihan dan kekurangan dari berbagai sisi.

Jadi mari masuk pada bagian pertama, mengenai apa itu tren binge watching.

Pengertian Tren Binge Watching

binge watching
Sumber : freepik.com

Tren Binge watching sendiri muncul bersamaan dengan fitur salah satu layanan streaming yang populer di era 2013-an. Istilah ini muncul untuk menggambarkan kebiasaan orang yang bisa menyaksikan serial atau film yang disukainya, selama beberapa jam berturut-turut tanpa berhenti.

Hal ini dimungkinkan karena pada saat itu, layanan streaming tersebut membuat satu metode baru dalam peluncuran serial yang dimilikinya. Jika biasanya serial di-upload satu per satu secara berkala, layanan ini justru langsung mengunggah satu season di waktu yang sama.

Karena sudah mendapatkan animo tinggi, setiap episode dalam season tersebut kemudian segera ‘dilahap’ habis oleh penonton setianya. Tak sedikit dari mereka yang dalam sekali sesi menonton, bisa menghabiskan 3 episode, atau 4 episode, bahkan lebih.

Dari sinilah istilah tersebut kemudian muncul, dan diidentikkan dengan frasa maraton menonton serial atau film.

Baca Juga : Macam-macam Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Sambil WFH

Lalu Apa Untungnya?

binge watching
Sumber : freepik.com

Jika dilihat dari sisi efek positif, sebenarnya masih ada beberapa yang bisa jadi alasan dan pembelaan mengapa banyak orang, mungkin termasuk kamu, melakukan kebiasaan ini.

Hormon Kesenangan

Pertama jika dilihat dari sisi kebutuhan akan hiburan. Binge watching memungkinkan kamu untuk menikmati serial atau film favorit tanpa jeda, yang dapat membuat tubuh melepaskan hormon kebahagiaan. Produksi hormon ini akan membuat kamu merasa nyaman dan bahagia, sebab hiburan yang kamu saksikan adalah apa yang kamu inginkan.

Binge Watching Tak Mungkin Tanpa Camilan Bukan?

Melakukan maraton menonton serial atau film tak mungkin dilakukan tanpa camilan bukan? Nah untuk menjadikannya berefek positif, maka sangat direkomendasikan untuk memilih camilan sehat. Misalnya saja, potongan buah, buah kering, kacang-kacangan, atau sejenisnya. Jangan lupa juga untuk menjaga asupan cairan tubuh ya!

Tentu Saja Menuntaskan Serial Favorit!

Efek positif paling jelas yang bisa dirasakan ketika kamu binge watching tentu adalah bisa menyelesaikan serial favorit yang kamu saksikan (atau mungkin film). Jadi tak ada lagi rasa penasaran yang muncul setiap hari ketika harus menantikan episode terbaru. Idelanya, aktivitas bisa dilakukan dengan lebih fokus karena pikiran tak terpecah oleh rasa penasaran.

Sebenarnya cukup sulit untuk kami coba memetakan apa-apa saja yang bisa jadi efek positif dari kegiatan ini. Namun untuk melihat sisi lain yang banyak didiskusikan orang, mari berlanjut ke poin berikutnya.

Efek Negatif Binge Watching

binge watching

Berbicara mengenai efek negatif, mungkin akan lebih mudah ditemukan dalam berbagai diskusi. Setidaknya berikut poin-poin yang bisa kami sajikan.

Efek Kecanduan

Produksi hormon kebahagiaan memang baik, namun ketika tubuh mulai menginginkan dosis yang lebih tinggi, maka terdapat efek kecanduan yang muncul. Hal ini tentu tak baik karena secara langsung akan mengganggu jalannya banyak aktivitas dan menjadi tidak optimal. Kamu juga akan merasakan ketergantungan pada aktivitas ini.

Masalah Sosialisasi dengan Orang Lain

Aktivitas ini membuat kamu berada banyak di ruangan, atau cenderung terlalu fokus pada diri sendiri. Akibatnya, hubungan sosial bisa saja terganggu sebab waktu yang kamu miliki akan habis untuk berada di depan layar. Well, ini tidak bagus untuk kehidupanmu sebagai makhluk sosial bukan?

Dari Sisi Kesehatan

Mungkin jika dilihat dari sisi kesehatan, hal ini akan bisa dijabarkan dalam satu artikel tersendiri. Namun secara singkat, beberapa hal yang akan dirasakan adalah mata yang lebih cepat lelah karena terlalu banyak screen time, kemudian masalah tidur yang tidak teratur, serta kondisi tubuh yang cenderung terus menurun karena kurang bergerak aktif.

Masalah kesehatan ini tentu tak baik jika dilakukan berkepanjangan. Terlebih jika sebenarnya kamu memiliki hobi lain yang dilakukan dengan bergerak aktif. Kamu akan merasakan betapa stamina terasa menurun, tenaga juga lekas habis, serta antusiasme yang berkurang.

Bukan sesuatu yang kamu harapkan ‘kan?

Baca Juga : Belajar Teknik Fotografi Sederhana untuk Dapatkan Foto Aesthetic

Aktivitas seperti binge watching memang sebenarnya bukan satu masalah ketika dilakukan tetap dalam batas wajar. Namun ketika dilakukan secara berlebihan, efek negatifnya akan lebih terasa daripada efek positif yang ditimbulkan.

Ini mengapa, kamu sebagai seorang yang memiliki akses ke layanan tersebut, tetap dianjurkan menjaga pola hidup sehat dan tidak berlebihan. Sederhana saja, tujuannya agar kamu bisa mendapatkan efek positif dengan konsekuensi sesedikit mungkin.

Tidak ada salahnya untuk menyelingi hobi binge watching yang kamu miliki, kamu juga melakukan hobi luar ruang yang seru dan bisa menjaga kesehatan. Misalnya seperti olahraga, trekking, atau bersepeda. Tentu, aktivitas ini bisa lebih optimal ketika didukung oleh produk terbaik dari Eiger Adventure. Sehat dan tetap seimbang, mari menjadi lebih baik bersama Eiger!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments