HomeTips & TrickRidingTips Dasar untuk Keselamatan Berkendara, Ini 5 Poinnya

Tips Dasar untuk Keselamatan Berkendara, Ini 5 Poinnya

Mengutamakan keselamatan berkendara hendaknya jadi prioritas semua pengguna jalan raya. Mengingat ini adalah fasilitas umum yang disediakan oleh negara, maka semua orang memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk selalu berlaku sopan, sehingga resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir.

Beberapa tips dasar saat berkendara, khususnya untuk kamu pengendara sepeda motor, bisa kamu lihat di artikel ini. Tips dasar bisa kamu terapkan untuk menjadi seorang pengendara motor yang ideal, sehingga berperan aktif dalam menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain. Mulai dari memperhatikan kondisi motor hingga menjaga sikap sopan, berikut penjelasan lengkapnya!

Selalu Pastikan Motor dalam Kondisi Prima

Servis rutin pada kendaraan yang kamu gunakan wajib dilakukan. Tak hanya agar motor kesayanganmu awet, namun juga untuk memastikan bahwa motor tidak mengalami kendala ketika kamu riding bersama teman-temanmu.

Mungkin jika kendalanya ringan, resiko yang harus dihadapi hanya penundaan perjalan saja. Namun ketika kerusakan yang terjadi cukup berat dan mendadak, bukan tak mungkin hal lebih buruk akan terjadi padamu dan rombongan saat berkendara.

Jadi, pastikan melakukan servis secara rutin untuk memastikan motor selalu pada kondisi terbaiknya ya!

Gunakan Perlengkapan yang Standar

keselamatan berkendara

Siapa tak ingin menjalani petualangan seru saat bermotor bersama teman-teman? Semua pengendara motor atau biker pasti ingin merasakannya setiap saat. Kesenangan yang didapatkan dengan motoran membuat ketagihan, jadi tak heran jika biker rela memberikan banyak pengorbanan untuk riding bersama-sama.

Meski demikian, proteksi terhadap diri sendiri juga wajib diutamakan. Salah satu upaya nyatanya adalah dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang sesuai dengan standar. Helm yang berkualitas, jaket, celana, sepatu, hingga sarung tangan dan masker jika diperlukan. Kamu juga bisa menambahkan knee pad pada kelengkapan berkendara yang kamu gunakan.

Semata, agar petualangan yang kamu lakukan tetap memiliki perlindungan yang tinggi untuk hal-hal tidak terduga.

Baca Juga : Ingin Mencari Jaket Motor? Simak Dulu 5 Tipsnya Berikut Ini!

Etika Berkendara Di Jalan Raya

Berkendara di jalan raya, dalam rangka apapun, idealnya juga harus menerapkan etika berkendara yang ada. Terdapat aturan baku yang menjadi acuan dalam berkendara, namun etika dan sopan santun akan menunjukkan biker seperti apa kamu dan teman-temanmu.

Pahami etika-etika yang berlaku, dan tetap utamakan kepentingan orang banyak. Berikan tanda ketika akan berbelok, berikan jalan pada orang yang akan mendahului, berjalan tidak dengan memblokir lebar jalan, dan etika-etika lain yang berlaku.

Kamu bisa mempelajari etika ini melalui banyak situs yang relevan, agar kamu dan teman-temanmu menjadi biker yang dewasa secara mental dan perilaku di jalan raya.

Keselamatan Berkendara dan Perubahan Cuaca

keselamatan berkendara
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Yang tak boleh dilewatkan dalam persiapan dan penerapan keselamatan berkendara secara nyata adalah mempertimbangkan perubahan cuaca ekstrim. Memang saat ini mungkin banyak wilayah di Indonesia mengalami hawa panas yang terus menerus. Tapi ini bukan berarti kamu tidak mempersiapkan bilamana terjadi hujan.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan cuaca ekstrim, disarankan untuk membawa jas hujan dengan model celana dan baju yang ukurannya pas. Jas hujan model ponco kurang direkomendasikan karena akan meningkatkan resiko berkendara.

Jika memang kondisi tidak memungkinkan, kamu dan rombongan bisa menepi sejenak dan mencari tempat berteduh. After all, keselamatan berkendara tetap harus jadi yang utama, dan riding di bawah hujan lebat bukan praktek nyata konsep tersebut.

Patuhi Rambu Lalu Lintas Demi Keselamatan Berkendara

Satu hal esensial yang wajib dipahami ketika dalam topik keselamatan berkendara, adalah mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang sudah dipasang di jalan raya. Rambu-rambu ini tidak sekedar hiasan saja, namun memiliki arti yang sangat jelas.

Rambu lalu lintas digunakan oleh aparat guna memberikan informasi terkait kondisi jalan. Bisa berupa peringatan akan kondisi medan yang akan dilalui, bisa berupa anjuran dan rekomendasi, serta bisa pula berupa larangan atau penunjuk jalan.

Untuk dapat meningkatkan derajat keselamatan berkendara, kamu dan semua biker wajib memahami arti setiap rambu lalu lintas yang sudah dipasang sedemikian rupa. Selain agar aman, kamu juga bisa menghindari resiko bermasalah dengan hukum karena melanggar rambu lalu lintas yang sudah diberikan ini.

Baca Juga : Naik Motor Saat Musim Hujan, Lakukan 5 Tips Ini! 

Keselamatan berkendara jadi salah satu poin penting dan wajib diprioritaskan oleh semua pengendara kendaraan bermotor, khususnya kamu yang mengendarai sepeda motor. Dengan memegang prinsip safety riding, maka petualangan yang kamu lakukan bersama dengan teman-temanmu juga akan berjalan lancar.

Mengutamakan keselamatan berkendara bisa dilakukan dengan menerapkan tips-tips dasar di atas. Tentu saja, agar proteksi yang dimiliki semakin tinggi, kamu juga direkomendasikan menggunakan riding gear yang berkualitas. Seperti yang dimiliki oleh Eiger Adventure. Riding gear yang tersedia di sini jelas memiliki standar kualitas yang terjamin, dan dibuat sedemikian rupa agar dapat mendukung aktivitas riding yang kamu lakukan. Tak hanya itu, desain yang ditawarkan juga benar-benar keren sehingga selain terlindungi kamu juga akan tampak stylish. Kunjungi laman produknya, dan dapatkan apa yang kamu perlukan sekarang juga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments