HomeTips & TrickMountaineeringBerkenalan dengan Macam-Macam Kompas, Lihat Di Sini!

Berkenalan dengan Macam-Macam Kompas, Lihat Di Sini!

Dalam kegiatan luar ruang, memahami arah mata angin jadi hal yang krusial. Hal ini disebabkan karena arah tujuan atau jalan pulang bisa diketahui dengan mudah. Kompas, adalah perangkat yang kamu perlukan untuk urusan ini. Yuk mengenal macam-macam kompas yang ada hingga saat ini, dengan sedikit pembahasan fungsi dan cara kerjanya.

Kompas sendiri merupakan alat yang digunakan untuk menunjukkan arah mata angin, dengan memanfaatkan medan magnet bumi. Kompas pertama digunakan pada tahun 200 sebelum masehi di Tiongkok sebagai alat meramal, dan mulai populer sejak abad ke 11 setelah diadaptasi oleh  Dinasti Song.

Beberapa Fungsi dari Kompas

macam-macam kompas
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tentu saja fungsi utama dari kompas adalah alat yang bisa membantu seseorang menentukan arah mata angin, khususnya arah mata angin utara dan selatan. Namun selain itu, ternyata terdapat beberapa fungsi lain dari kompas.

1. Untuk mengukur besar sudut di peta.

2. Membantu menentukan letak orientasi.

3. Memudahkan perhitungan dan pembacaan peta.

Tentu saja hal ini tak dilakukan sekedar di dalam ruangan atau pemanfaatan teoritis saja, namun untuk penggunaan di lapangan secara langsung. Ini mengapa, penting untuk mengenal macam-macam kompas dan cara kerjanya.

Sederhana, agar kamu bisa menggunakan kompas dalam berbagai jenisnya, dan bisa memanfaatkannya dengan tepat sesuai kebutuhan.

Baca Juga : 8 Spot Arung Jeram yang Bisa Kamu Kunjungi, dari Barat ke Timur!

Macam-Macam Kompas yang Ada Saat Ini

macam-macam kompas
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Ada beberapa jenis kompas yang bisa kamu kenali sekarang ini. Tentu, penggunaannya akan bergantung pada kebutuhan masing-masing. Ada yang biasa digunakan di darat atau aktivitas luar ruang, serta ada pula yang digunakan untuk keperluan penelitian atau pelayaran.

Kompas Analog atau Kompas Biasa

Kompas ini adalah bentuk paling basic di antara macam-macam kompas yang lain. Penggunaannya juga sederhana, tinggal diletakkan di tempat yang datar dan biarkan jarum menunjukkan arah utara dan selatan. Kamu bisa mendapatkannya dengan model basah dan kering.

Kompas Prisma

Juga dikenal dengan nama kompas bidik. Kompas ini biasa digunakan oleh aparat TNI, tim SAR, atau navigator dan pegiat pendakian gunung. Kompas prisma digunakan dengan memanfaatkan garis lembut dengan poros vertikal di dalamnya, untuk membidik sasaran dan menentukan derajat posisi sasaran.

Jenis Kompas Orienteering 

Jenis atau macam ketiga adalah kompas silva. Kompas ini awam digunakan di bidang topografi. Kamu bisa menggunakan kompas ini dengan meletakkan peta topografi di bagian protektor datarnya, dan melihat arah dari jarum yang ada di bagian belakangnya. Kompas ini berfungsi untuk membantu navigasi di daratan.

Kompas Digital

Mungkin jadi salah satu jenis yang populer, kompas digital juga banyak jadi opsi yang dipilih. Lebih praktis dan informatif, kompas ini memiliki sensor yang menjadi alat kerja utamanya. Kamu tinggal menjalankannya saja, dan tampilan informasi lengkap akan muncul di layar yang tersedia di sana.

Kompas Nahkoda

Pada bagian awal sedikit disinggung mengenai kompas yang digunakan untuk pelayaran. Kompas ini disebut dengan kompas nahkoda. Memiliki akurasi yang tinggi serta tahan terhadap goncangan, kompas ini sangat diandalkan dalam dunia pelayaran.

Kompas Astronomi

Kompas jenis ini memiliki bentuk dan cara pemakaian yang kompleks. Namun menyoal akurasi, kompas ini benar-benar dapat diandalkan. Dengan penggunaan yang tepat kamu bisa menemukan arah mata angin, letak geografis bujur dan lintang, dan banyak informasi geografis lainnya.

Lalu Mana yang Paling Tepat untuk Kegiatan Pendakian?

macam-macam kompas
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dalam kegiatan pendakian, signifikansi penggunaan kompas secara garis besar adalah menunjukkan arah mata angin. Dalam kondisi darurat seperti tersesat, arah mata angin penting diketahui agar bisa kembali ke arah pos awal perjalanan, atau tujuan akhir dari perjalanan.

Jika berbicara mengenai mana jenis kompas yang paling cocok untuk kegiatan pendakian, jawabannya mungkin adalah kompas analog dan kompas digital. Ketiganya bisa dengan mudah menunjukkan arah mata angin dan informasi yang diperlukan dalam perjalanan di atas gunung.

Tentu saja Eiger memiliki produk terbaik untuk kompas yang bisa kamu gunakan. Misalnya seperti kompas Eiger DC45-2A Compass yang memiliki bentuk dan dimensi ringkas, serta bisa digunakan dengan mudah. Kemudian ada pula Eiger Eurus Compass yang selain bisa menunjukkan arah juga memiliki kaca pembesar dan cermin yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga : Gunung Prau: Memahami Jalur Pendakian dan Waktu Terbaik untuk Mendaki 

Mengetahui macam-macam kompas, seperti yang disampaikan di atas, bisa menambah pengetahuan kamu mengenai perangkat praktis ini. Selain memiliki fungsi yang krusial, kompas juga bisa menjadi salah satu alat wajib dibawa saat aktivitas luar ruang.

Semoga pengetahuan mengenai macam-macam kompas di atas bisa berguna untuk Anda. Dan temukan peralatan lain secara lengkap di laman produk Eiger Adventure. Selamat beraktivitas dan semoga hari kamu menyenangkan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments