HomeTips & TrickRiding10 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara, Dijamin Ampuh!

10 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara, Dijamin Ampuh!

Pernahkah Eigerian tiba-tiba merasa mengantuk saat sedang berkendara? Jangan anggap remeh soal ini, ya! Eigerian harus tahu apa penyebab dan bagaimana cara menghilangkan kantuk saat berkendara.

Mengenali apa yang menyebabkan Eigerian merasa mengantuk dan tanda-tandanya sangatlah penting. Dengan begitu, Eigerian juga akan jadi lebih mudah untuk mengatasi kantuk dan berkendara jadi lebih aman serta nyaman. 

Penyebab dan Bahaya Mengantuk Saat Berkendara

Cara Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara
Sumber: Eiger Adventure

Penyebab mengantuk yang paling sering terjadi adalah karena tubuh merasa kelelahan. Rasa lelah yang membuat tubuh menjadi lemas membuat rasa kantuk menyerang kapan saja, termasuk saat berkendara. 

Selain lelah, melalui jalan yang lurus dan lancar juga sering menjadi pemicu rasa kantuk. Apalagi jika ditambah dengan kondisi malam hari yang minim cahaya, dan udara dingin. 

Nah, ada beberapa tanda-tanda yang harus diwaspadai jika hal ini menyerang, karena itu artinya tubuh sudah mulai mengantuk:

  • Sering mengedipkan mata secara perlahan-lahan. 
  • Kelopak mata menjadi berat dan sulit untuk berkonsentrasi. 
  • Tiba-tiba memiliki pikiran yang kosong. 
  • Menjadi kurang fokus terhadap rambu-rambu jalan. 
  • Menguap terlalu sering. 

Kalau Eigerian tidak segera mengikuti cara mengatasi kantuk saat berkendara dengan benar, maka gejala microsleep bisa saja muncul. Gejala ini merupakan kondisi di mana tubuh kehilangan kesadaran dan tertidur dalam beberapa detik. 

Jika hal itu terjadi, Eigerian bisa saja menginjak gas tanpa sadar atau cukup berbahaya ketika sedang mengebut. Hanya tertidur sepersekian detik saja bisa merubah arah kendaraan, lho. Bukan hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga pengendara lainnya. Maka dari itu, waspadalah jika tanda-tanda mengantuk muncul. 

Berkendara dalam keadaan mengantuk bisa sama berbahayanya dengan berkendara atau mengemudi dalam keadaan mabuk. Ini karena efek minuman beralkohol juga dapat mengurangi beberapa fungsi tubuh utama yang diperlukan untuk mengemudi dengan aman, ini termasuk tekanan darah, detak jantung, akurasi penglihatan, kemampuan mata untuk menyesuaikan diri dengan bayangan, hingga waktu reaksi terhadap suara dan cahaya dan kemampuan untuk menilai kecepatan.

Baca juga: 10 Ciri Ciri Busi Motor Harus Diganti, Cek Disini Sekarang!

Cara Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara

Cara Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara
Sumber: Eiger Adventure

Ingat, ya! Jangan memaksakan diri untuk berkendara dalam keadaan mengantuk untuk menghindari kecelakaan yang dapat berakibat fatal. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Eigerian praktikkan untuk menghindari dan menghilangkan kantuk saat berkendara:

1. Minum Kopi

Kafein diperlukan untuk menjaga kesadaran saat mata dan tubuh sudah benar-benar lelah. Salah satu sumber kafein terbesar yang dipercaya bisa menghilangkan kantuk adalah kopi. Tapi perlu dipahami, bahwa kopi membutuhkan waktu setidaknya setengah jam sebelum efeknya terasa. Jadi, sebaiknya Eigerian menikmati kopi selagi beristirahat untuk memulihkan energi sebelum kembali berkendara.  

2. Segera Menepi untuk Melakukan Peregangan

Cara menghilangkan kantuk saat berkendara yang berikutnya adalah melakukan peregangan otot atau berjalan ringan di sekitar selama kurang lebih 10 menit. Bergerak akan membantu pikiran untuk tetap terjaga.

3. Istirahat Setiap 2 Jam

Eigerian sudah tahu belum, kalau batas maksimal tubuh untuk berkendara atau mengemudi hanyalah 2,5 jam? Untuk itu, jika sedang melakukan perjalanan jauh, usahakan untuk beristirahat setiap kurang lebih 2 jam sekali supaya tubuh tidak terlalu merasa lelah. Sebab, tubuh yang lelah akan lebih mudah terserang rasa kantuk.

4. Hindari Minum Obat dan Alkohol Sebelum Berkendara

Jangan konsumsi obat-obatan dan alkohol jika Eigerian akan berkendara. Keduanya dapat mempengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan. Selain akan mengurangi konsentrasi dan kewaspadaan, berkendara di bawah pengaruh alkohol juga merupakan sebuah pelanggaran hukum yang dapat membuat pelakunya dipenjara.

5. Sediakan Air Minum

Selain untuk menghilangkan rasa haus, Eigerian juga bisa memanfaatkan air minum untuk membasuh wajah supaya rasa kantuk dan lelah berkurang. Apalagi jika sedang perjalanan jauh, Eigerian tidak perlu terburu-buru mencari rest area untuk sekadar minum atau membasuh wajah.

6. Olahraga Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh 

Rasa kantuk juga bisa disebabkan kurangnya pasokan oksigen pada otak. Jadi, supaya pasokan oksigen pada otak cukup, Eigerian dapat melakukan olahraga ringan selama seminggu sebelum melakukan sebuah perjalanan jauh. Setidaknya sempatkan diri untuk melakukan peregangan dan olahraga ringan selain untuk menjaga pasokan oksigen pada otak. Selain itu, olahraga juga akan membuat tubuh tetap fit saat melakukan perjalanan jauh.

7. Mendengarkan Musik

Cara menghilangkan kantuk saat berkendara yang berikutnya adalah mendengarkan musik. Mendengarkan musik memang bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk yang cukup ampuh. Bahkan studi menyebutkan, bahwa mendengarkan musik bisa meningkatkan kewaspadaan mental sehingga dapat tetap fokus di jalan.

8. Mengajak Ngobrol Teman Seperjalanan

Kalau Eigerian merasa lelah saat berkendara sendirian, sebaiknya Eigerian mencari teman atau anggota keluarga untuk menemani selama dalam perjalanan. Selama perjalanan, Eigerian bisa mengajak bicara sehingga dapat menghilangkan rasa kantuk. Selain itu teman ngobrol itu juga dapat menggantikan Eigerian untuk berkendara sehingga dapat saling membantu. 

9. Pilih Waktu Berkendara yang Sesuai Kebiasaan

Sebagai pengendara, Eigerian pasti lebih mengetahui tentang diri sendiri. Jadi, Eigerian harus menentukan waktu yang tepat untuk berkendara sesuai dengan diri sendiri. Jika Eigerian termasuk orang yang morning person maka alangkah baiknya berkendara di pagi hari. 

Jika harus berkendara di waktu kita seharusnya beristirahat, sebaiknya Eigerian mempersiapkannya dengan beristirahat terlebih dahulu supaya bisa berkendara dalam kondisi yang prima. 

10. Perhatikan Pola Berkendara

Salah satu penyebab mengantuk saat berkendara adalah berkendara dengan konstan dan membosankan. Jadi, supaya perjalanan tidak terasa membosankan atau monoton, Eigerian bisa memainkan gas atau memerhatikan pola berkendara agar lebih bervariasi dan tidak monoton. Tujuannya adalah supaya saat berkendara Eigerian tidak merasakan kantuk. Tapi ingat, tetap patuhi rambu dan aturan lalu lintas, ya!

Baca juga: 5 Tips Solo Touring untuk Digunakan, Persiapkan Semuanya!

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menghilangkan kantuk saat berkendara? Eigerian bisa coba praktikkan satu per satu, dan lihatlah cara mana yang paling efektif.

Berkendara sepeda motor, jangan lupa menggunakan riding gear lengkap, ya! Mulai dari sepatu, celana, jaket, sarung tangan, dan lainnya, semuanya bisa Eigerian dapatkan di website Eiger Adventure Official. Ada banyak pilihan, cek koleksi selengkapnya sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru