HomeTips & TrickRiding5 Tips Solo Touring untuk Digunakan, Persiapkan Semuanya!

5 Tips Solo Touring untuk Digunakan, Persiapkan Semuanya!

Untuk mendapatkan ketenangan banyak cara bisa kamu lakukan. Mulai dari liburan, bersantai di rumah dengan segelas kopi, atau berangkat solo touring untuk menyegarkan pikiran. Yang terakhir disebut jelas memerlukan persiapan yang matang, supaya bisa membawa efek yang kamu harapkan.

Tidak sedikit yang ingin mencoba solo touring di waktu senggangnya, untuk mendapatkan pengalaman baru. Dan cukup banyak juga yang kemudian ketagihan dan menjadikannya agenda rutin untuk terus menjaga kewarasan.

Tapi Apa Sih Artinya Solo Touring?

solo touring
Sumber: Eiger Adventure

Seperti namanya, solo touring adalah kegiatan touring tanpa melibatkan orang lain selain diri kamu sendiri. Pada dasarnya, touring ini serupa dengan touring lain yang melibatkan banyak orang, namun hanya berbeda di jumlah pesertanya saja.

Kamu bisa melakukan perjalanan dengan tujuan tertentu yang cukup jauh untuk menghabiskan waktu dan mengunjungi lokasi yang belum pernah didatangi sebelumnya dengan sepeda motor. Menikmati perjalanan sendiri dengan berkawan pemandangan dan kesunyian, cara ini memberikan banyak efek baik dan membantu pelakunya dalam membuat pikiran lebih segar.

Sebelum Berangkat, Cermati Tips Ini Dulu

solo touring
Sumber: Eiger Adventure

Karena dilakukan seorang diri, maka persiapan yang kamu lakukan juga harus benar-benar matang untuk meminimalisir risiko yang mungkin muncul. Secara mendasar, setidaknya ada lima hal yang bisa kamu lakukan sebagai persiapan.

1. Sepeda Motor dan Tubuh Prima

Kamu harus memastikan bahwa sepeda motor dan tubuhmu berada dalam keadaan prima. Periksa ‘kesehatan’ motor dengan membawanya ke bengkel, untuk memastikan semua komponen bekerja dengan sempurna dan jangan ragu melakukan penggantian atau perbaikan.

Untuk badan, persiapkan fisik dan mental untuk menghadapi berbagai kemungkinan. Perbanyak olahraga dan konsumsi makanan sehat, serta selalu berpikir positif agar tidak stres.

2. Lakukan Perencanaan dengan Tepat

Rencanakan perjalanan dan rute yang akan kamu gunakan dengan baik, sehingga kamu bisa memetakan kira-kira jalur seperti apa yang akan ditempuh. Perencanaan ini juga termasuk titik istirahat, titik pengisian bahan bakar, dan tempat yang akan kamu singgahi dalam perjalanan.

Rencana yang baik juga bisa membantu kamu memperkirakan barang dan perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Dengan begini, kamu tidak perlu cemas melakukan perjalanan sendirian.

3. Peralatan dan Perlengkapan yang Memadai

Satu hal yang harus dicermati dalam melakukan solo touring adalah memastikan kamu membawa peralatan dan perlengkapan yang memadai. Setelah dibuat rencana perjalanan, siapkan semua peralatan dan perlengkapan yang kamu butuhkan.

Ingat, pastikan perlengkapan ini bukan sekedar ada, tapi punya kualitas yang sudah terbukti. Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai perlengkapan di bagian berikutnya dari artikel ini.

4. Berkendara Sesuai Aturan

Untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan dan agar tetap menjadi pengendara yang taat berlalu lintas, tentu berkendara sesuai aturan adalah hal yang mutlak dilakukan. Taati semua aturan lalu lintas yang diberikan di setiap rute perjalanan, dan upayakan jangan melakukan pelanggaran.

Tentu kamu tidak mau agenda solo touring-mu harus diwarnai dengan urusan tilang oleh aparat akibat pelanggaran lalu lintas bukan?

5. Ingat Ini Bukan Adu Cepat

Touring sendirian bukan soal kecepatan atau waktu tempuh yang harus singkat, tapi lebih kepada menikmati perjalanan di jalur yang sudah ditentukan. Jadi tidak usah terburu-buru, fokus pada momen saat ini, saat kamu berkendara dan berada di atas motor kesayangan.

Enjoy the moment, dan dapatkan ketenangan di perjalanan yang kamu lakukan. Tapi ini juga bukan berarti kamu harus benar-benar perlahan ya, tetap usahakan semua sesuai dengan rencana, agar perjalanan benar-benar aman dan nyaman.

Sederet Produk Eiger yang Bisa Mendukung Agenda Solo Touring-mu

solo touring
Sumber: Eiger Adventure

Seperti disebutkan sekilas di poin sebelumnya, peralatan dan perlengkapan berkendara yang tepat bisa memberikan banyak dukungan. Tidak hanya memiliki kualitas yang tidak main-main, produk dari Eiger di bawah ini juga memiliki look yang keren, sehingga kamu akan semakin nyaman dan percaya diri saat touring meski sendirian.

Eiger EXRE Bradford Vest

solo touring
Sumber: Eiger Adventure

Vest ini cocok kamu gunakan sebagai lapisan luar, karena bisa memberikan perlindungan di bagian dada dan perut. Menjadi produk kolaborasi Eiger dan Royal Enfield, kualitas dan tampilannya tidak perlu kamu ragukan lagi. Kamu bisa membawa pulang produk ini dengan harga Rp449.100.

Eiger Cavaleiro T-Shirt

solo touring
Sumber: Eiger Adventure

Tetap nyaman dan sejuk bersama Eiger Cavaleiro T-Shirt. Dengan harga Rp206.100, kamu bisa berkendara dengan leluasa dan tetap tampil keren dengan produk berkualitas ini. Tersedia hingga ukuran 4XL, jelas baju ini bisa dipakai siapa saja.

Eiger Hydra-RCW Watch

solo touring
Sumber: Eiger Adventure

Dengan gaya modern-klasik yang cocok dipadukan dengan outfit berkendara lain, jam tangan ini bisa membantu kamu mengetahui waktu perjalanan yang sudah dihabiskan. Tahan air dan bisa dengan mudah terlihat dalam gelap, harganya adalah Rp953.100.

Eiger X-Chimbali WS Gloves

solo touring
Sumber: Eiger Adventure

Untuk kamu rider wanita, kamu juga bisa melengkapi riding gear dengan produk ini. Didesain khusus untuk melindungi bagian tangan secara menyeluruh, produk ini terbuat dari material nylon, elastane, dan polyurethane. Harganya adalah Rp161.100.

Eiger XRE Electra Side Bag

solo touring
Sumber: Eiger Adventure

Dengan tas samping ini kamu bisa membawa setiap peralatan yang kamu perlukan dalam perjalanan. Juga menjadi salah satu produk hasil kolaborasi Eiger dan Royal Enfield, harga dari tas keren dan multifungsi ini adalah Rp1.019.000.

Eiger EXRE New Delhi Bandana

solo touring
Sumber: Eiger Adventure

Lengkapi perlengkapan berkendara yang kamu bawa dengan Eiger EXRE New Delhi Bandana. Dapat digunakan sebagai masker, penghangat leher, atau penutup kepala, bandana ini memiliki desain yang keren. Hanya dengan Rp179.100 kamu sudah bisa membawa pulang produk ini.

Itu tadi beberapa tips dan rekomendasi perlengkapan untuk solo touring yang bisa kamu gunakan. Tentu kamu bisa menemukan lebih banyak produk menarik dan berguna lain di Eiger Adventure, untuk mendukung berbagai kegiatan riding yang kamu punya. Persiapkan perjalananmu, dan maksimalkan pengalaman touring yang kamu punya! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru