HomeTips & TrickGreen & HealthyMusim Hujan Segera Tiba, Siapkan Hal Ini Sebelum Keluar Rumah

Musim Hujan Segera Tiba, Siapkan Hal Ini Sebelum Keluar Rumah

Sebagian orang mungkin akan mengeluh saat musim hujan tiba. Padahal sebenarnya hujan tidak melulu bikin kesal jika sudah dipersiapkan dengan baik. Lantas, bagaimana mempersiapkannya? Kalau kamu termasuk orang yang rajin mengeluh, cobalah untuk berpikir positif. Tanpa disadari, keluhan yang ada di pikiranmu muncul karena suasana hati yang buruk saat tiba-tiba hujan.

Suasana hati inilah yang akan berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik. Ingat, saat musim hujan tiba, kamu harus pintar-pintar menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar tetap prima. Oleh karenanya, berpikir positif menjadi salah satu persiapan musim hujan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. 

Selain itu, kamu juga perlu membongkar lemari dan mengeluarkan semua pakaian hangatmu sebagai persiapan musim hujan selanjutnya. Kamu bisa menyiapkan jaket, sweater, cardigan, atau syal sebagai tameng untuk mengusir dingin saat musim hujan. Jaket anti air pun juga sangat membantu jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan.

Jaket anti air ini akan menghalangi air masuk ke dalam bajumu. Selain itu, jaket ini juga akan menghalau air cipratan yang kotor, sehingga baju yang kamu pakai tetap bersih dan tidak mengganggu penampilanmu. Tips antisipasi untuk menyambut musim hujan selengkapnya, bisa kamu simak di bawah ini.

Baca Juga : 7 Makanan Untuk Flu Yang Bisa Membantu Pemulihan

5 Hal yang Perlu Disiapkan di Rumah

musim hujan
sumber: freepik

Musim hujan akan segera tiba, hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah memastikan kondisi rumah. Pasalnya, saat hujan penyakit lebih banyak yang datang menghampiri. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan di rumah agar rumah bisa aman di saat hujan? Berikut daftarnya:

  1. Pastikan saluran air dalam kondisi baik, karena saluran air ini akan mendapatkan jatah volume air yang lebih saat musim hujan.
  2. Saat musim kemarau, kondisi atap memang relatif aman. Namun hal yang berbeda terjadi saat musim hujan. Saat atap tidak dalam kondisi baik di musim hujan, berarti atap akan bocor dan merusak rumah, serta bisa juga menjadi sarang penyakit. Untuk itu, segera periksa kondisi atap sebelum hujan tiba. 
  3. Cek kondisi mesin cuci, terutama bagian pengeringnya. Pastikan mesin cuci di rumah dalam kondisi prima. Hal ini penting, karena saat hujan pakaian akan lebih susah kering akibat minimnya sinar matahari. Tentu akan sangat menyebalkan jika harus menggunakan baju yang bau karena baju tidak kering dengan sempurna.
  4. Siapkan lampu darurat atau lilin. Di musim hujan biasanya akan sering terjadi pemadaman aliran listrik. Biasanya hal ini terjadi ketika hujan besar, dan ada pohon yang tumbang sehingga menimpa kabel listrik, atau karena petir. Untuk itu, kamu harus segera mempersiapkan alat penerangan alternatif.
  5. Sediakan obat-obatan dan vitamin. Datangnya hujan biasanya juga dibarengi dengan datangnya berbagai macam penyakit khas seperti flu, demam, diare, dan berbagai penyakit kulit. Jadi, sediakan obat-obatan untuk berbagai penyakit yang biasa muncul di musim hujan.

Daftar Barang yang Wajib Dibawa Saat Keluar Rumah

musim hujan
sumber: freepik

Supaya kamu terhindar dari kebasahan dan sakit, beberapa barang ini wajib dibawa saat kamu keluar rumah di musim hujan. 

  1. Payung lipat. Meskipun kamu keluar rumah dengan mengendarai kendaraan pribadi atau transportasi umum yang melindungi kepalamu dari hujan, tapi  kamu tetap harus jaga-jaga bawa payung. Hal ini penting, karena bisa jadi harus pergi ke suatu tempat yang jaraknya terlalu dekat untuk naik kendaraan apapun.
  2. Tisu kering. Kalaupun keluar rumah saat langit masih terlihat cerah, tapi kamu harus selangkah lebih maju dengan cara sedia tisu sebelum hujan.
  3. Jas hujan atau mantel. Para rider dan racer yang setia naik motor ke mana saja, tentu saja wajib bawa mantel saat hujan. Hanya mantel yang bisa melindungimu dari tajamnya air hujan yang menusuk-nusuk telapak tangan dan muka saat tengah riding.
  4. Handuk kecil. Lebih ramah lingkungan dari tisu dan bisa membersihkan tubuh dengan lebih baik, handuk kecil juga menjadi salah satu barang yang wajib dibawa saat hujan. 
  5. Baju ganti. Karena kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan saat hujan, padahal kamu akan menghadiri acara penting, maka sebaiknya kamu membawa baju ganti. 

Berangkat Lebih Awal dan Cek Kondisi Kendaraan

musim hujan
sumber: freepik

Kemanapun tujuanmu, tidak ada salahnya untuk berangkat lebih awal saat musim hujan. Tujuannya adalah agar terhindar dari gangguan seperti kemacetan, hujan yang semakin lebat, sulitnya transportasi umum, atau lainnya. Jika sampai ke tempat tujuan lebih awal, maka kamu akan punya waktu untuk merapikan tampilan jika pakaian terkena air hujan. Jika kamu membawa kendaraan sendiri, maka pastikan kendaraanmu dalam keadaan yang baik. Jangan sampai di tengah jalan kendaraanmu mogok, atau mengalami masalah lain seperti rem dan sein yang tidak dapat bekerja dengan baik.

Kalau kamu butuh perlengkapan riding yang nyaman dan berkualitas, tidak perlu melirik merek lain karena Eiger punya segalanya. Kamu bisa dapatkan informasi lengkap seputar produk-produk Eiger Adventure di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru