HomeTips & TrickGreen & HealthyPentingnya Menerapkan Gaya Hidup Conscious Consumption

Pentingnya Menerapkan Gaya Hidup Conscious Consumption

Pernahkah Eigerian mendengar istilah gaya hidup conscious consumption sebelumnya? Ini adalah pola konsumsi yang tidak hanya mempertimbangkan nilai ekonomi suatu barang, akan tetapi juga memperhitungkan nilai kesehatan, lingkungan, sosial, budaya, bahkan psikologis. 

Jadi, orang-orang yang mengusung gaya hidup ini tidak membeli suatu hal dengan hanya memikirkan dampak positif yang didapat diri sendiri saja. Tapi mereka juga turut memertimbangkan dampak atas sesuatu yang dikonsumsinya tersebut bagi faktor-faktor eksternal.

Cari tahu lebih banyak seputar gaya hidup conscious consumption melalui ulasan di bawah ini, yuk!

Mengapa Perlu Menerapkan Gaya Hidup Conscious Consumption?

conscious consumption
Sumber: Eiger Adventure

Perlu dipahami, bahwa conscious consumption tidak bertitik berat pada tingkat harga, namun kepada tujuan dari pembelanjaan. Setidaknya ada dua bentuk conscious consumption yang semakin populer di kalangan konsumen yaitu Buycott dan Positive Purchasing.

  1. Buycott adalah bentuk boikot konsumen kepada sebuah produsen yang melanggar nilai-nilai etis yang diyakini oleh konsumen.
  2. Positive Purchasing adalah pembelanjaan konsumen karena sebuah perusahaan secara konsisten mendukung nilai-nilai yang dianggap ideal oleh konsumen. 

Disadari atau tidak, nyatanya saat ini sudah banyak konsumen yang mempertimbangkan dampak suatu produk secara keseluruhan.  Mulai dari bahan-bahan, proses produksi, hingga dampak suatu rantai pasokan terhadap bumi sebelum mengonsumsi sesuatu, termasuk makanan, minuman, dan berbagai produk lainnya. 

Lalu, timbul sebuah pertanyaan kenapa kita perlu menerapkan gaya hidup conscious consumption ini?

Conscious consumption bisa berdampak besar dalam lingkup sosial. Untuk diri sendiri, conscious consumption dalam segala hal membuat kita jauh lebih sehat. Bukan hanya makan dan minum saja, tapi juga soal ketenangan jiwa. Misalnya, kita tidak perlu pusing soal keterlibatan kerusakan lingkungan atau bumi. Kemudian dari sistem keluarga pun, kita akan merasa lebih sehat jiwa raga sebab keputusan yang diambil untuk mengonsumsi apapun sudah dipikirkan matang-matang.

Sementara itu dari segi kesehatan, penerapan gaya hidup ini akan membuat tubuh akan jauh lebih sehat karena kita sudah tahu asal usul dari produk yang dikonsumsi. Mulai dari makanan, minuman, pakaian, bahkan sampai hiburan sekalipun. Lebih dari itu, conscious consumption juga bisa membuat kita menjadi jauh lebih bijak dan lebih aware dengan lingkungan. 

Dengan berfokus pada kualitas daripada kuantitas, maka dapat membawa perubahan positif dalam hidup kita. Memilih produk berkualitas yang bertahan lama bukan hanya mengurangi limbah saja, tetapi juga bisa menjadi investasi jangka panjang yang lebih baik.

Baca juga: Aktif Berkegiatan, Perhatikan Aturan Minum Air Putih dalam Sehari!

Bagaimana Cara Memulai Gaya Hidup Conscious Consumption?

conscious consumption
Sumber: Freepik

Memulai gaya hidup conscious consumption tentunya akan melibatkan serangkaian langkah kecil yang bisa dilakukan secara bertahap. Mulailah dengan mengedukasi diri tentang produk-produk yang hendak kita konsumsi. Pelajari tentang dampaknya terhadap lingkungan, asal-usulnya, dan bagaimana proses produksinya. Kemudian, pertimbangkan dengan seksama sebelum membeli sesuatu. Tanyakan pada diri sendiri apakah kita benar-benar membutuhkan barang itu, bagaimana cara produksinya mempengaruhi lingkungan, dan apakah ada pilihan yang lebih berkelanjutan.

Selanjutnya, perhatikan beberapa tips di bawah ini!

1. Kurangi Penggunaan Produk Sekali Pakai

Cobalah untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, menggunakan kantong belanja kain, atau membeli produk dengan kemasan yang bisa didaur ulang. Mengurangi limbah secara keseluruhan menjadi langkah penting dalam gaya hidup conscious consumption ini.

2. Pilih Produk Lokal

Berbelanja produk lokal tentunya dapat mendukung ekonomi lokal dan mengurangi jejak karbon dari transportasi. Selain itu, prioritaskan produk yang menggunakan bahan ramah lingkungan dan praktik produksi yang berkelanjutan.

3. Beli Produk Berkualitas dan Lakukan Daur Ulang Limbah

Pilih barang-barang yang berkualitas dan tahan lama. Tentunya, ini dapat mengurangi frekuensi penggantian produk serta mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan. Kemudian, usahakan untuk mendaur ulang limbah sebisa mungkin. Mendaur ulang botol, kertas, dan barang-barang lain merupakan langkah sederhana yang dapat membantu mengurangi limbah.

4. Dukung Brand yang Bertanggung Jawab

Cari tahu lebih lanjut tentang brand yang memiliki praktik etis, mendukung hak buruh, dan berkomitmen pada keberlanjutan. Mendukung brand-brand ini akan memberikan dorongan bagi mereka untuk terus berkomitmen pada praktik bisnis yang bertanggung jawab.

5. Bagikan Pengetahuan dan Pengalaman

Jangan lupa bagikan pengetahuan dan pengalaman yang Eigerian miliki dengan orang lain. Membangun kesadaran kolektif akan pentingnya gaya hidup conscious consumption ini dapat menginspirasi orang lain untuk mengikuti jejak yang sama.

Baca juga: Bermanfaat, Ketahui Tips Melakukan Clean Eating yang Tepat

Yuk, Mulai Menerapkan Conscious Consumption!

conscious consumption
Sumber: Eiger Adventure

Mulai menerapkan gaya hidup conscious consumption membutuhkan kesadaran dan kesabaran untuk membuat perubahan kecil yang berkelanjutan. Dengan mengambil langkah demi langkah, kita dapat mempengaruhi lingkungan sekitar dan memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan bumi.

Walaupun terkesan sulit dijalani, apalagi harus menjadi habit yang dilakukan terus-menerus, namun efek jangka panjangnya akan terasa. Bukan hanya untuk diri sendiri, keluarga, dan masyarakat, melainkan juga bagi bumi yang saat ini sedang tidak baik-baik saja. Yuk, giat menerapkan gaya hidup conscious consumption, bisa dimulai dengan selalu membawa tote bag saat belanja.

Ada beberapa tote bag terbaik dari EIGER yang bisa Eigerian pilih, salah satunya adalah EIGER WANDERFURTHER PACKABLE TOTE BAG. Eigerian bisa mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan membawa tas Wanderfurther Packable Tote ini yang sangat praktis untuk dibawa saat kita membutuhkan tas tambahan. Menariknya, tas ini bisa dilipat menjadi ukuran lebih kecil saat tidak dipakai. Cukup kaitkan tas yang sudah dilipat pada tas menggunakan klip carabiner dan Eigerian pun siap untuk beraktivitas!

Jika ingin mencari produk-produk lainnya, langsung saja cek koleksi terbaru EIGER di website resminya. Eigerian akan mendapatkan produk berkualitas dan original, dengan harga terbaik, ditambah lagi ada banyak promo yang ditawarkan, mulai dari diskon atau potongan harga, gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia, dan lainnya. Tunggu apa lagi, cek website resmi Eiger Adventure sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru