HomeTips & TrickRidingRiders Wajib Tahu, Apa Saja Kegunaan Sarung Tangan Motor

Riders Wajib Tahu, Apa Saja Kegunaan Sarung Tangan Motor

Bukan sekadar gaya-gayaan, kegunaan sarung tangan motor harus dilakukan agar aktivitas berkendara kita minim hambatan. Jangan karena dianggap tidak penting, lantas kita mengabaikan keselamatan dengan tidak memakai sarung tangan ketika berkendara. Sarung tangan motor merupakan salah satu atribut keselamatan selain helm. Selain melindungi tangan dari sengatan cuaca panas dan dingin, sarung tangan juga mampu menjaga tangan dari benturan atau gesekan saat terjadi kecelakaan.

Namun sayangnya, penggunaan sarung tangan motor masih sering dilalaikan oleh sebagian riders dengan berbagai alasan. Andry Berlianto, seorang Praktisi Defensive Riding mengatakan bahwa sarung tangan atau glove sejatinya bisa menjadi pelindung utama kulit terhadap potensi gesekan. Tanpa sarung tangan, maka kita bisa terpapar cuaca panas dan dingin yang rentan mengalihkan konsentrasi saat berkendara. 

Kegunaan Sarung Tangan Motor

sarung tangan motor

Faktor keamanan anggota tubuh tentu saja menjadi perhatian utama bagi semua pengendara. Sarung tangan yang bentuknya kecil dan sering diabaikan ternyata bisa menjadi penolong utama saat terjadi kecelakaan kecil. Jika ada yang masih beranggapan bahwa mengenakan sarung tangan motor tidak penting, berikut ini beberapa kegunaan sarung tangan saat berkendara yang wajib diketahui:

1. Sebagai perlindungan

Gesekan konstan antara stang motor dengan kulit berpotensi menyebabkan lecet, terutama saat kulit sedang berkeringat. Memakai sarung tangan tentunya dapat mencegah hal tersebut terjadi. Hal lain yang tidak kalah penting adalah adanya gesekan lain yang menimbulkan ketidaknyamanan karena getaran saat berkendara.

2. Cengkraman

Beberapa jenis sarung tangan motor dilengkapi dengan karet, sehingga akan lebih mudah mencengkeram stang saat cuaca panas, basah, ataupun lembap. Jika cengkraman semakin baik, maka kontrol sepeda motor pun akan menjadi lebih baik. Selain kewaspadaan, cengkeraman tangan yang pas pada stang tentunya akan membuat kita lebih leluasa mengendarai motor dengan lancar tanpa kendala.

3. Suhu

Sarung tangan juga berfungsi untuk memberikan kehangatan pada saat cuaca dingin karena hujan. Jika pengendara mencengkeram benda dingin seperti stang, maka sarung tangan akan membantu menghindari hipotermia saat melintasi daerah dingin. Sedangkan di musim kemarau, sarung tangan akan berfungsi untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung. 

4. Keselamatan

Kegunaan sarung tangan motor selanjutnya adalah untuk keselamatan. Sarung tangan motor akan membantu mengurangi cedera serius pada bagian tangan jika terjadi kecelakaan. Biasanya pada saat terjadi benturan atau jatuh, gerak refleks tangan akan langsung melindungi bagian tubuh lainnya yang berpotensi menyebabkan tangan terluka. Namun, hal ini dapat dihindari jika memakai sarung tangan. 

5. Menunjang penampilan

Pengendara yang memakai sarung tangan biasanya akan menjadi pusat perhatian banyak orang daripada pengendara yang tidak memakainya. Bisa menjadi penunjang penampilan, sarung tangan motor akan membuat rasa percaya diri semakin meningkat. Terlihat lebih sporty dan kece, memakai sarung tangan selain memberikan rasa nyaman juga akan memperindah penampilan. Coba buktikan saja! 

Sarung Tangan Motor Dilengkapi dengan Knuckle

Knuckle protector yang merupakan pelindung keempat buku jari terdepan dari tangan menjadi bagian yang sering ditemui di sarung tangan motor. Knuckle protector ini biasanya terbuat dari plastik ABS atau full dari besi. Bukan hanya sebagai pajangan, namun ternyata knuckle protector merupakan fitur penting dari sarung tangan. Sama halnya dengan dengkul dan sikut, buku jari juga harus dilindungi saat berkendara. Pasalnya, persambungan antar tulang manusia termasuk buku pada jari merupakan bagian yang rawan rusak fatal jika terkena benturan keras. Jika ada luka pada bagian ini, lebih susah sembuh karena bagian sambungan antar tulang itu selalu bergerak. Itulah mengapa, beberapa bagian tulang yang sering bergerak selalu diberikan pelindung khusus.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor!

Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik

sarung tangan motor

Setelah mengetahui kegunaan sarung tangan motor, kita mungkin akan mencari informasi tentang sarung tangan seperti apa yang cocok untuk berkendara? Tenang, berikut ini sudah disiapkan rekomendasi sarung tangan terbaik khusus untuk Eigerian. Check this out

  • Incursion adalah sarung tangan yang dirancang khusus untuk aktivitas riding sehari-hari. Dilengkapi dengan fastener tape yang dapat disesuaikan setelannya, sarung tangan motor ini sangat nyaman dipakai. Dengan fitur fingertip, kita tidak perlu repot membuka sarung tangan ketika ingin mengoperasikan smartphone layar sentuh.
  • Eiger Sukela Gloves juga bisa dipilih untuk menemani kita dalam berkendara sehari-hari. Pull tab di bagian jari tengah dan manis pada sarung tangan ini berfungsi untuk memudahkan melepas sarung tangan.  Sedangkan fastener tape berguna untuk memudahkan kita dalam menyesuaikan setelannya. Fitur reflektif akan membuat sarung tangan ini lebih mudah terlihat di malam hari atau di keadaan minim cahaya, sehingga menambah keamanan saat berkendara. 
  • Eiger Daily Riding Glove Half yang terbuat dari bahan polyester ini sangat nyaman dan cocok dipakai untuk mengendarai motor. Dibuat dari bahan yang sama, Eiger New Riding Glove Basic Half juga sangat nyaman dipakai untuk riding
  • Eiger Wera Woman Series Gloves adalah sarung tangan khusus wanita yang dirancang untuk berkendara sehari-hari. Fitur pada sarung tangan ini adalah fastener tape yang dapat disesuaikan setelannya dan fingertips

Baca juga: Kenapa Perlu Pakai Body Protector Saat Riding? Ini Bahayanya!

Selain sarung tangan, kita juga perlu melengkapi riding gear lainnya supaya lebih aman dalam berkendara. Dapatkan segala macam perlengkapan riding terbaik hanya di Eiger Adventure.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

2 COMMENTS

Comments are closed.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments