HomeTips & TrickGreen & HealthyRekomendasi 7 Makanan untuk Flu yang Bisa Membantu Pemulihan

Rekomendasi 7 Makanan untuk Flu yang Bisa Membantu Pemulihan

Kondisi tubuh yang daya tahannya menurun membuat kamu sering terkena penyakit. Virus flu salah satunya, adalah penyakit yang paling sering muncul. Membutuhkan pemulihan yang sebenarnya tidak sulit, beberapa makanan untuk flu bisa dikonsumsi dan dibarengi dengan istirahat yang cukup.

Makanan-makanan yang direkomendasikan ini sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk daya tahan tubuh. Selain itu, dapat pula mencukupi kebutuhan nutrisi harian sehingga tubuh bisa lekas pulih dan sehat.

Maka tanpa berlama-lama lagi, simak deretan makanan untuk flu berikut agar kamu bisa segera pulih jika terkena virusnya.

Baca Juga : 5 Makanan Sehat yang Justru Sering Dihindari dalam Menu

1. Madu, Superfood untuk Membantu Pemulihan Kondisi

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Pertama adalah madu. Bahan makanan yang termasuk dalam jenis superfood ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama dalam rangka pemulihan saat flu. Memiliki efek antioksidan dan efek antiradang, flu yang kamu alami bisa lekas reda dan badan kembali fit.

Madu sendiri memiliki banyak nutrisi lain yang juga diperlukan tubuh, dan tidak memiliki batas kadaluarsa. Tentu, dengan catatan madu yang kamu konsumsi adalah madu asli dan bukan madu dengan kualitas yang buruk.

Sebagai catatan kecil, sangat tidak direkomendasikan konsumsi madu pada anak di bawah 1 tahun, sebab bisa memicu terjadinya keracunan atau botulisme pada anak.

2. Jahe, Efeknya Hangat di Bagian Dalam

Semua orang tahu benar betapa jahe bisa memberikan efek hangat saat suasana dingin, dan membuat nyaman saat diminum di tengah flu. Jahe secara medis juga memiliki efek antivirus yang cukup kuat, sehingga jadi makanan untuk flu selanjutnya yang direkomendasikan.

Sebenarnya jahe sudah digunakan sejak cukup bisa menjadikan jahe sebagai minuman yang dicampur dengan teh atau madu dan lemon untuk membantu meredakan batuk, pilek, serta sakit tenggorokan. Kamu mendapatkan manfaat ini.

Konsumsi jahe dalam kadar yang normal, dan jangan berlebihan. Ingat, meski memiliki efek baik untuk flu namun jika dikonsumsi berlebihan tetap ada risikonya.

3. Sup Ayam dengan Sayuran

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Mengonsumsi sup ayam yang ditambahkan sayuran juga bisa membantu memulihkan tubuh dengan cepat. Dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dan cairan selama flu, sup ayam jadi andalan banyak orang untuk menghadapi penyakit menyebalkan ini.

Ketika flu tubuh membutuhkan banyak cairan agar dapat mengembalikan daya tahan dan sistem imun. Saat kebutuhan tersebut tercukupi, kamu bisa pulih lebih cepat dan segera menjalankan aktivitasmu kembali.

Gunakan kaldu ayam asli dan sayuran lengkap untuk semakin mengoptimalkan efek baik pada tubuh ya!

4. Daging Rendah Lemak, Susu, dan Telur

Kombinasi makanan tinggi protein juga bisa jadi opsi menarik untuk membantu tubuh pulih dari flu. Mulai dari daging rendah lemak, susu, dan telur, bisa dikonsumsi secara rutin saat kamu mengidap penyakit ini.

Protein sendiri dibutuhkan oleh tubuh dalam menghasilkan antibodi yang kuat, membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta mendukung proses pemulihan tubuh dari kondisi sakit atau luka. Maka dari itu, mencukupi kebutuhan protein selama sakit bisa membantu pemulihan dengan cepat.

Masak hingga matang, dan konsumsi secara rutin untuk manfaat optimal.

5. Tambahkan Wortel untuk Nutrisi Lengkap

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dikenal kaya akan vitamin A, wortel baik dikonsumsi untuk membantu proses pemulihan. Selain vitamin A, wortel juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin B6 yang diperlukan dalam produksi antibodi tubuh.

Kamu bisa menjadikannya jus, lalapan, campuran dalam sup, atau cara konsumsi yang lain. Yang terpenting adalah jangan memasak wortel terlalu matang, karena dapat mengurangi kandungan nutrisi bermanfaat yang dimilikinya.

Rasanya yang cenderung manis dan teksturnya yang khas membuat wortel cocok dipadukan dengan banyak sekali jenis masakan.

6. Menambah Cita Rasa dan Asupan Vitamin C, Cabe

Sebagai orang Indonesia, tentu akan aneh jika mengkonsumsi masakan tanpa ada rasa pedas atau tambahan sambal bukan? Ternyata cabe tak hanya bisa memberikan kenikmatan di lidah, namun juga sangat baik untuk membantu pemulihan kondisi tubuh.

Kaya akan vitamin C dan antioksidan, lendir dan dahak yang ada di hidung dan tenggorokan bisa menjadi lebih encer, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Keringat yang muncul saat kamu memakan makanan pedas juga bisa membantu tubuh untuk membuang racun, sehingga badan terasa segar.

Namun demikian konsumsi cabe berlebihan juga tidak disarankan, karena sifatnya yang asam akan rawan untuk kesehatan lambung.

7. Makanan untuk Flu yang Efektif, Yogurt

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Makanan untuk flu selanjutnya adalah yogurt. Kandungan probiotik dan protein yang tinggi sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan virus penyebab flu. Di waktu yang sama, organ pencernaan akan dapat memiliki bakteri baik yang jumlahnya optimal, sehingga penyerapan nutrisi dari makanan berjalan optimal pula.

Efek ganda yang diberikan yogurt menjadikannya salah satu makanan yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang tidak memiliki alergi.

8. Ikan

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Ikan seperti tuna, kembung, dan salmon merupakan jenis makanan yang kaya akan omega-3. Omega-3 sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk mencegah, sekaligus melawan penyakit. Selain itu, kandungan lemak ikan juga merupakan antiperadangan alami yang baik dalam proses pemulihan.

9.Kacang-Kacangan

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Jenis kacang-kacangan seperti zaitun dan kenari juga kaya akan omega-3 untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

10.Bawang Putih

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Terakhir adalah bawah putih.Konsumsi suplemen bawang putih atau makan bawang putih mentah sekalipun terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi pereda flu.

Jika tak terlalu suka mengonsumsinya mentah, Anda bisa menambahkan bawang putih dalam setiap masakan Anda sebagai alternatif.

Baca Juga : 7 Tips Makan Sehat Saat Lebaran Agar Kesehatan Tetap Terjaga 

Penerapan pola hidup sehat harus selalu dilakukan agar tubuh selalu fit dan mengurangi risiko penularan virus. Makanan untuk flu di atas bisa menjadi referensi berguna untuk kamu, agar lekas pulih dari serangan virus ini. Kamu juga bisa mendapatkan banyak artikel dan produk menarik dari website Eiger Adventure official secara langsung. Semoga berguna, dan selalu jaga kesehatan kamu ya!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

2 COMMENTS

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments