HomeTips & TrickLifestyle7 Tips Makan Sehat Saat Lebaran Agar Kesehatan Tetap Terjaga

7 Tips Makan Sehat Saat Lebaran Agar Kesehatan Tetap Terjaga

Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim, termasuk di Indonesia. Lebaran yang akan kita rayakan setelah Ramadan ini biasa dikenal dengan sebutan Idulfitri atau Ied. Dikutip dari buku Di Balik 7 Hari Besar Islam: Sejarah, Makna dan Amaliah (2012), kata ied juga sering diartikan setara dengan kata ‘adda-ya’uddu yang berarti membilang, menghitung, atau bilangan dan hitungan, atau juga yang berulang-ulang, siklus, atau putaran. Hari Raya Idulfitri memang selalu berulang setiap tahunnya. Salah satu hal yang paling kita rindukan adalah makanan yang disajikan saat Lebaran. Tapi, sebaiknya kita tidak kalap makan saat Lebaran. Di bawah ini ada beberapa tips makan sehat saat Lebaran yang wajib disimak. 

Kesadaran menjalani hidup sehat memang harus dilakukan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari kebiasaan makan, olahraga, dan istirahat yang cukup setiap hari. Hidup sehat juga harus diterapkan saat Lebaran, ya! Tapi sebelum membahas lebih lanjut seputar tips makan sehat saat Lebaran, mari kita intip dulu daftar makanan khas Lebaran di Indonesia. Beberapa di antaranya bisa jadi merupakan makanan favorit kita, lho. Cek, yuk

Makanan Khas Lebaran di Indonesia

tips makan sehat saat lebaran
Sumber: Freepik

Sebagian dari kita mungkin termasuk orang yang menunggu-nunggu lezatnya ragam kuliner khas Lebaran. Seperti apa makanan khas Lebaran yang disajikan dirumah Eigerian saat Hari Raya Idulfitri tiba? Langsung saja intip berbagai makanan khas Idulfitri yang ada di Indonesia paling populer berikut ini. 

1. Ketupat, Opor Ayam, dan Gulai Sayur

Ketupat adalah makanan yang berasal dari beras dan dimasak sampai matang dalam bungkus anyaman daun kelapa. Karena dimasak dalam sebuah bungkus, maka tekstur ketupat lebih padat daripada nasi. Kemudian, pendamping dari ketupat adalah opor ayam. Makanan ini berbahan dasar daging ayam yang direbus dengan kuah santan. Kuah santan kelapa untuk opor ayam ini dicampur dengan beberapa bumbu rempah seperti serai, kunyit, kencur, dan lainnya. 

Selain opor ayam, gulai sayur juga merupakan makanan yang biasa mendampingi ketupat saat Lebaran. Jenis sayur yang dipakai biasanya daun singkong, nangka, bayam, serta labu. Sayur-sayur tersebut akan dimasak di dalam kuah santan yang segar.

2. Rendang

Rendang merupakan makanan asal Indonesia yang dinobatkan menjadi salah satu makanan terenak di dunia, lho. Tidak heran, jika rendang memiliki banyak penggemar dari berbagai penjuru di Indonesia. Rendang ini biasa dibuat dari daging sapi dipadu dengan aneka rempah.

3. Sambal Goreng Kentang Ati

Makanan yang satu ini juga biasa dihidangkan saat Lebaran. Terbuat dari kentang dan ati ampela yang dipotong dadu dengan bumbu dominan cabai, makanan ini sangat serasi jika dimakan dengan opor ayam.

4. Semur

Semur merupakan makanan yang berasal dari daging yang direbus dan diolah dengan kuah coklat. Kuah coklat tersebut dibuat dari kecap, bawang, dan rempah lainnya. Semur ini biasanya berisi daging sapi atau ayam, dan kentang.

5. Kurma

Buah yang satu ini juga kerap disajikan saat Lebaran. Selain sehat, kurma juga memiliki serat yang dibutuhkan untuk pencernaan. Kurma ini sangat cocok dijadikan pendamping makanan berat saat Lebaran.

Baca juga: Bikin Rindu! Inilah 5 Tradisi Unik Bulan Ramadhan di Indonesia

Tips Makan Sehat Saat Lebaran

tips makan sehat saat lebaran
Sumber: Freepik

Nah, setelah menilik beberapa makanan khas Lebaran, selanjutnya kita perlu memerhatikan tips makan sehat saat Lebaran. Tips makan sehat saat Lebaran di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Waspadai makanan yang mengandung santan. Saat Lebaran, pasti banyak jenis makanan yang siap dinikmati. Beberapa di antaranya adalah seperti opor ayam, rendang, hingga gulai. Namun, kita juga perlu berhati-hati karena berbagai jenis makanan tersebut mengandung kolesterol dan kalori tinggi yang nantinya bisa menimbulkan masalah kesehatan. Jadi, makan secukupnya saja, ya
  2. Perhatikan porsi makan. Selama berpuasa, tubuh menjalani proses pengeluaran racun atau detoksifikasi. Maka daripada itu, tubuh perlu menyesuaikan kembali terhadap makanan yang kita konsumsi. Jika demikian, porsi makan juga harus diperhatikan dan hindari makan dengan porsi yang berlebihan. 
  3. Batasi makanan berminyak. Ketika mengonsumsi makanan yang bersantan dan berminyak, pastikan kita membatasi jenis makanan tersebut. Pasalnya, makanan bersantan dan berminyak mengandung lemak jenuh atau lemak jahat yang tinggi. Jika dibiarkan, mengkonsumsi makanan ini akan membuat LDL (kolesterol jahat) dalam darah akan melonjak melebihi HDL (kolesterol baik). 
  4. Kurangi konsumsi makanan manis. Saat Lebaran, kita akan menjumpai makanan yang banyak mengandung gula, lemak, karbohidrat, serta kalori tinggi. Maka dari itu, salah satu tips makan sehat saat Lebaran adalah membatasi konsumsi makanan tersebut untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.
  5. Tetap konsumsi sayur dan buah. Mengonsumsi sayur dan buah yang kaya serat akan mengimbangi kolesterol dalam tubuh dan membantu melancarkan sistem pencernaan. Maka dari itu, pastikan asupan sayur dan buah tercukupi.
  6. Minum cukup air putih. Ketika Lebaran tiba, hindari soft drink atau minuman manis lainnya. Perbanyak minum air putih, susu rendah lemak, yoghurt, susu kedelai untuk menambah kalsium, serta protein bagi tubuh akan lebih baik.
  7. Pilih camilan sehat. Daripada terus menerus makan makanan berat, kita juga bisa memilih camilan atau makanan yang mengandung serat tinggi seperti puding buah atau es buah. 

Tips Sehat Saat Lebaran ala dr.Vikie

Menurut dr.Vikie Nouvrisia Anandaputri, M.Gizi, Sp.GK, seorang ahli gizi dari Good Doctor, Ramadan sebenarnya bisa menjadi cara untuk kembali berkomitmen dalam menjalani gaya hidup sehat dan seimbang. Sebab, di bulan Ramadan kita diajarkan untuk memiliki kesadaran dalam mengendalikan diri secara menyeluruh, baik dengan cara mengatur kebiasaan makan hingga mengatur emosi. Itulah mengapa puasa bermanfaat langsung untuk kesehatan fisik dan mental. Beberapa penelitian menjelaskan tentang bagaimana puasa yang dilakukan secara rutin mampu mengontrol kadar gula darah, sehingga menekan risiko terjadinya resistensi insulin. Tidak hanya itu saja, puasa secara rutin juga memberikan waktu istirahat untuk sistem pencernaan.

Pada saat berpuasa juga akan terjadi pembakaran kalori, bahkan penurunan massa lemak sehingga dengan berpuasa dapat mencegah obesitas. Alhasil metabolisme tubuh akan menjadi lebih efisien untuk membakar kalori dalam tubuh. Sebaiknya, kita tidak menikmati manfaat kesehatan ini hanya di bulan Ramadan, tapi juga melakukannya secara konsisten setelahnya. Khusus di momen Hari Raya Idulfitri, dr.Vikie memberikan tips agar kita tetap mampu mengendalikan diri, seperti mengontrol asupan kalori hingga makan sesuai dengan jamnya. 

Lakukan tips makan sehat saat Lebaran supaya tetap fit

Meskipun Idulftri hari yang spesial, tapi kita harus tetap makan sesuai jam makan dengan makan besar tetap tiga kali yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Saat menyantap makanan khas Lebaran, pilihlah makanan yang berserat tinggi sebagai pembuka. Makanan berserat tinggi dapat memperlambat pencernaan makanan, sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama. Tips makan sehat saat Lebaran selanjutnya, batasilah porsi makan. Di hari Lebaran, membatasi porsi makan bisa menjadi tantangan tersendiri. Jika sebelum mengunjungi rumah kerabat dan kita sudah terlebih dulu makan besar, maka pilihlah camilan atau makanan yang mengandung serat tinggi seperti puding buah atau es buah. Namun, jika kita merasa harus menghormati hidangan yang telah disajikan pemilik rumah, maka makanlah dengan porsi kecil agar kadar gula darah tetap stabil.

Kemudian, sebaiknya kita tetap cari cara untuk membakar kalori. Sebab dengan lebih aktif bergerak, maka pembakaran kalori pun akan meningkat. Misalnya ketika silaturahmi ke rumah keluarga, kita sengaja parkir kendaraan agak jauh agar memberi kesempatan tubuh membakar kalori dengan berjalan kaki.

Baca juga: 9 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Penjuru Indonesia

Bagaimana, tips makan sehat saat Lebaran yang telah dibagikan di atas menarik untuk dicoba, bukan? Perubahan perilaku bisa dimulai dengan mengajak seluruh anggota keluarga untuk menjaga pola makan sehat di momen Lebaran. Mengingat akan ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh, jangan ragu untuk menerapkan tips makan sehat saat Lebaran, ya! Sementara itu, jika perlu belanja segala keperluan untuk Lebaran, langsung saja cek koleksi Ramadan Collection di website Eiger. Kini, kita bisa belanja online dengan sangat mudah dan praktis. Segera borong, sebelum kehabisan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru