HomeTips & TrickGreen & HealthyTak Perlu Takut Mencoba Hal Baru, Karena Ternyata Banyak Manfaatnya

Tak Perlu Takut Mencoba Hal Baru, Karena Ternyata Banyak Manfaatnya

Ada sebagian orang yang tidak berani mencoba hal baru, bahkan sampai mereka dewasa. Padahal, tanpa mencoba sesuatu yang baru, bagaimana kita bisa mengetahui potensi, minat, hobi, serta keterikatan dengan kegiatan yang dilakukan? Mencoba sesuatu yang baru merupakan suatu hal yang sangat penting dan wajib dilakukan oleh setiap orang, jika ingin benar-benar menikmati perjalanan hidup mereka.

Supaya dapat bertahan hidup, kita sebagai manusia perlu untuk terus mengembangkan ilmu dan skill. Hal tersebut akan sulit terwujud jika kita takut mencoba hal baru. 

Kenapa Kita Perlu Mencoba Hal Baru? 

mencoba hal baru
Sumber: Freepik

Selain menikmati perjalanan hidup, ada beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan untuk mencoba hal baru, atau hal lama dengan cara yang berbeda. Yuk, intip penjelasannya!

1. Mencoba hal baru bisa menambah database di pikiran bawah sadar

Sangat penting untuk membuat ikatan baru pada sel-sel neuron di otak. Dengan semakin banyaknya sambungan sel neuron, maka kita akan semakin cerdas. Kecerdasan diukur bukan berdasarkan nilai atau prestasi belajar saja, namun seberapa banyak sambungan sel-sel neuron di otak.

Orang yang memahami satu bidang dengan sangat baik, biasanya memiliki sambungan sel-sel neuron yang sangat banyak. Itulah mengapa mereka dianggap pintar dan juga cerdas. Nah, untuk membuat ikatan baru di antara sel-sel neuron, mencoba hal baru adalah caranya.

2. Menambah pengalaman baru

Salah satu hal nyata yang terlihat dengan jelas dari mencoba hal baru adalah menambah pengalaman baru. Dengan mencoba hal baru, kita juga akan menambah wawasan, menikmati pemandangan berbeda, tempat, waktu, situasi, perasaan baru, dan tentunya menambah database ke pikiran bawah sadar, baik disadari maupun tidak. 

3. Memicu kreativitas dan produksi ide-ide segar

Kreativitas biasanya terbentuk melalui proses belajar, dan hasil dari kreativitas adalah tindakan. Sebelum tindakan terealisasi, di otak akan muncul beberapa ide yang akan dipilih untuk kemudian akan dilakukan.

Lalu pertanyaanya, mengapa dengan mencoba sesuatu yang baru kita bisa meningkatkan kreativitas dan menghasilkan ide-ide baru? Karena pada saat mencoba sesuatu yang baru, otak kita akan bekerja dengan cepat untuk menghasilkan ide dan menyambungkan sel-sel neuron.

Saat kita fokus mencoba hal baru, pikiran bawah sadar dengan tenang akan mencari jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh pikiran sadar. Itulah mengapa saat kita merasa tenang atau fokus pada satu hal, jawaban dari pertanyaan akan muncul ke pikiran. 

4. Eksplorasi diri

Bakat, passion, serta hobi seseorang hanya bisa didapatkan dengan melakukan banyak kegiatan. Semakin banyak kegiatan yang dicoba, maka akan semakin mudah baginya untuk mengetahui kegiatan yang benar-benar disukai. Tidak ada orang sukses, yang hanya melakukan satu hal sepanjang hidupnya dan sukses besar di kegiatan tersebut. Justru kebanyakan dari mereka telah banyak melakukan kegiatan yang benar-benar mengantar mereka pada penemuan potensi diri mereka. Namun, ada juga yang kembali ke kegiatan awal karena merasa tidak puas secara batin. Hal ini terjadi karena mereka telah mencoba berbagai hal di luar sana. 

5. Menambah teman baru

Bukan hanya untuk menambah database, meningkatkan kreativitas, menghasilkan ide-ide segar, serta mengeksplorasi diri, dengan mencoba hal baru kita juga bisa menambah teman baru. Misalnya jika kita mau belajar berenang atau sekadar menemani teman untuk berenang, di kolam renang tentu saja kita akan bertemu dengan orang baru. Saat bertemu dengan orang baru, kita bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk bersosialisasi.

6. Mengatasi kebosanan

Saat merasa bosan, cobalah satu kegiatan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Kegiatan yang membuat kita merasa lebih termotivasi, semangat, dan lebih bahagia. Dengan begitu, rasa bosan yang kita rasakan bisa teratasi.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain kreativitas, mencoba hal baru juga dapat meningkatkan fungsi otak, seperti kemampuan berpikir, mengingat, konsentrasi, dan memecahkan masalah. Rutinitas dan aktivitas baru bahkan baik untuk menjaga kesehatan mental dan mengurangi risikomu untuk terkena demensia di masa mendatang.

Mencoba hal baru dapat membuat hidupmu lebih berwarna dan bermakna. Jadi, jangan takut untuk melakukannya, ya. Selagi itu adalah hal yang baik, maka cobalah. Jangan sia-siakan kesempatan dalam hidupmu hanya dengan berdiam diri di zona nyaman.

Bila kamu merasa kesulitan untuk melakukan hal yang baru atau menjalin pertemanan baru hingga membuat dirimu frustasi dan stres, sebaiknya konsultasikan dengan psikolog untuk mendapatkan saran yang tepat, ya.

Faktor yang Menyebabkan Takut Mencoba Hal Baru

mencoba hal baru
Sumber: Freepik

Hal-hal yang terasa kurang familiar memang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman hingga takut. Itulah kenapa ketika dihadapkan pada hal-hal baru, banyak orang yang takut mencoba. Walaupun situasi seperti ini wajar terjadi, namun bukan berarti kita boleh membiarkannya. Daripada terus menerus bergelut dengan rasa takut, kenapa tidak mencari tahu faktor yang menyebabkan ketakutan tersebut? Dengan mengetahui penyebabnya, maka kita akan tahu apa yang harus dilakukan untuk melawannya.

  1. Perasaan takut ditolak. Penolakan memang bukanlah hal yang menyenangkan. Namun, sebaiknya kita tidak menjadikan ini sebagai alasan untuk tidak mencoba hal baru.
  2. Perasaan takut gagal. Kegagalan akan mengajarkan kita hal apa saja yang tidak perlu diulangi dan harus dioptimalkan demi mencapai tujuan. 
  3. Tidak adanya kepastian. Hal baru memang identik dengan ketidakpastian. Kita tidak tahu apa yang akan dihadapi dan hasil apa yang akan didapatkan. Alhasil, kita akan takut mencoba. Padahal, dibalik ketidakpastian tersebut, ada banyak sekali kesempatan yang menunggu untuk ditelusuri.
  4. Adanya resiko dihakimi orang lain.  Komentar orang lain terhadap hal-hal yang kita lakukan terkadang membuat kita takut mencoba karena khawatir dinilai negatif. Kita memang tidak dapat mengontrol hal tersebut, tetapi kita bisa mengontrol diri sendiri. Biarkan saja orang lain menilai.
  5. Kurangnya rasa percaya diri. Merasa tidak cukup baik atau insecure dengan kemampuan diri sendiri juga menjadi alasan kenapa orang takut mencoba. Mereka tidak yakin bahwa mereka cukup kompeten untuk melakukan hal tersebut. Sebaiknya, kita lawan pikiran tersebut.

Baca juga: Mudah dan Efektif, Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Ini Patut Dicoba

Atasi ketakutan, satu per satu!

Kira-kira, hal apa saja sih yang membuat kita takut mencoba hal baru? Kita bisa coba membuat daftarnya dan atasi satu persatu. Kemudian, kita juga harus percaya pada kemampuan diri sendiri. Gali potensi, cari keunikan diri sendiri, pasti ada sisi lebih yang kita miliki dibanding orang lain, karena setiap orang itu unik.

Baca juga: 7 Manfaat Menulis bagi Kesehatan Mental yang Jarang Diketahui

Yuk, semangat mencoba hal baru dan dapatkan segudang manfaatnya. Kalau selama ini kita senang olahraga di dalam rumah, kenapa tak coba kegiatan outdoor yang lebih menantang? Seperti hiking, trekking, atau camping. Eigerian bisa ajak sahabat supaya kegiatan tersebut lebih menyenangkan. Tapi sebelum itu, lengkapi dulu peralatan mountaineering di Eiger Adventure. Cek koleksi terbarunya, di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru