HomeTips & TrickMountaineeringMacam-macam Peralatan Mendaki yang Wajib Dibawa Saat Naik Gunung

Macam-macam Peralatan Mendaki yang Wajib Dibawa Saat Naik Gunung

Ketika melakukan pendakian gunung, seorang pendaki harus memiliki persiapan yang matang, termasuk memiliki peralatan mendaki yang lengkap. Gunung manapun, akan memperlakukan setiap pendaki sama saja.

Tidak ada perlakuan khusus, baik bagi seorang pendaki pemula ataupun seorang pendaki yang sudah berpengalaman. Siapa saja yang melakukan kesalahan di tengah-tengah aktivitas pendakian, maka mereka bisa mengalami kesulitan yang serius.

Penyebabnya beragam, bisa karena kehabisan persediaan makanan, tersesat, kedinginan, hingga terjatuh ke dalam jurang. Itulah mengapa kita perlu menyiapkan peralatan mendaki dan menguasai teknik pendakian. 

Peralatan mendaki bagi seorang pendaki, diibaratkan sebagai senjata bagi tentara. Pasalnya, keberadaan peralatan mendaki menjadi modal utama untuk bisa bertahan hidup selama berhari-hari di alam terbuka.

Sedangkan teknik mendaki gunung, merupakan kemampuan dalam memanfaatkan peralatan sehingga dapat digunakan secara maksimal. Dengan persiapan yang matang, maka risiko kecelakaan yang bisa berakibat kematian di gunung dapat dihindari.

Apa Saja Peralatan Mendaki yang Perlu Disiapkan? 

peralatan mendaki

Perlengkapan naik gunung memang menjadi modal persiapan yang penting ketika mendaki. Perlu diketahui, bahwa perlengkapan tersebut terbagi menjadi 2, yaitu perlengkapan pribadi dan kelompok. Perlengkapan pribadi digunakan oleh masing-masing pendaki. Sedangkan perlengkapan kelompok, ditujukan untuk pemakaian seluruh rombongan.

Dari sekian banyak perlengkapan naik gunung yang ada, berikut ini peralatan mendaki gunung yang wajib kita bawa:

1. Ransel atau Tas Carrier

Perlengkapan mendaki yang satu ini sangat berguna untuk membawa berbagai jenis perlengkapan serta makanan selama pendakian. Ketika memilih tas, kita tidak hanya perlu memperhatikan kapasitasnya saja, tapi juga kenyamanan saat dipakai. Untuk mendapatkan tas carrier terbaik, langsung aja cek koleksi terbaru dari Eiger

2. Jaket Gunung

Jaket gunung menjadi peralatan mendaki yang sangat krusial. Kita harus memilih jaket yang tidak hanya melindungi tubuh dari hawa dingin saja, tapi juga sebagai pelindung tubuh dari duri yang tajam. Ketika memilih jaket gunung, kita perlu memastikan bahwa jaket itu terbuat dari bahan yang tahan air dan angin. Eiger punya beberapa koleksi jaket gunung yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan. 

3. Kaos Kaki

Perlengkapan mendaki kaos kaki juga tidak boleh ketinggalan ketika mempersiapkan Perlengkapan naik gunung. Kita perlu membawa dua pasang kaos kaki sebagai antisipasi ketika salah satunya basah. Sebagai alternatif, kita juga bisa memilih untuk memakai kaos kaki yang tahan air. Cek koleksi kaos kaki Eiger di sini

4. Sarung Tangan dan Penutup Kepala

Sarung tangan dan penutup kepala juga menjadi peralatan mendaki yang tidak kalah penting. Pasalnya, sarung tangan tidak hanya berguna sebagai pelindung dari duri atau gigitan binatang saja. Tapi, peralatan ini juga bermanfaat untuk menjaga kita agar tetap hangat. Demikian pula penggunaan penutup kepala yang bisa melindungi kepala dari dingin maupun panas.  

5. Sepatu dan Sandal Gunung

Peralatan mendaki selanjutnya adalah sepatu dan sandal gunung. Kedua jenis alas kaki ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita perlu memilih pemakaiannya secara bijak dengan mempertimbangkan medan yang akan dilalui.

Sepatu gunung akan memberikan perlindungan secara menyeluruh dan bisa membuat kaki lebih hangat. Hanya saja, bobot sepatu biasanya lebih berat.

Sandal gunung cocok dipakai saat kita berada di basecamp atau titik peristirahatan. Hindari memakai sandal gunung saat pendakian, apalagi di medan yang berat karena akan mengundang bahaya seperti resiko cedera kaki, mengingat tidak ada perlindungan menyeluruh pada sandal gunung. Dapatkan sepatu gunung terbaik dari Eiger. Pasti Original.

6. Sleeping Bag

Peralatan mendaki selanjutnya yang juga wajib dibawa adalah sleeping bag. Sleeping bag merupakan benteng terakhir penghalang hawa dingin menyengat di kala dini hari. Eiger punya produk Sleep Sack 600 untuk menunjang kenyamanan dan keamanan saat tidur di alam terbuka. Sleeping bag ini terbuat dari bahan polyester, yang memiliki daya tahan yang kuat namun tetap ringan ketika dibawa. 

7. Matras

Idealnya setiap pendaki harus membawa satu buah matras. Matras ini bisa digelar di dalam tenda untuk tidur dan di luar untuk makan bersama. Fungsi utamanya adalah sebagai penghalang hawa dingin di tanah.

8. Tenda

Bawalah tenda dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah rombongan. Jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Pasalnya, jika kita membawa tenda terlalu besar akan terlalu berat membawanya. Kalau Eigerian sedang mencari tenda untuk kapasitas 1 orang, maka Eiger Shira 1P Tents adalah solusinya. Tenda ini memiliki tiang rangka berbahan aluminium yang sangat mudah dipasangkan.

9. Nesting

Biasanya, setiap satu kelompok pendaki akan membawa satu set nesting untuk memasak, termasuk gas dan kompor. Jangan lupa membawa perbekalan sesuai dengan lama pendakian dan jumlah rombongan. Perbekalan tersebut bisa dibagi rata atau menyesuaikan kemampuan tenaga masing-masing anggota. Eiger Crew Cook Set 2 Kitchenware adalah alat masak serbaguna yang terbuat dari bahan aluminium berkualitas.

Set perangkat masak ini terdiri dari 2 buah panci aluminium, 1 buah penggorengan anti lengket, dan 1 buah penggenggam yang ringan dan praktis dibawa saat naik gunung.

Baca juga: Harus Lengkap! Siapkan Isi Kotak P3K Saat Mendaki Gunung

Peralatan Tambahan

peralatan mendaki

Tidak hanya peralatan mendaki seperti yang telah disebutkan di atas, para pendaki juga membutuhkan peralatan tambahan. Di antaranya adalah peta jalur pendakian.

Peta jalur pendakian ini sangat penting, karena fungsi utamanya adalah untuk mengetahui di mana kita berada dan berapa jarak estimasi kita ke puncak. Peta ini dapat diperoleh di basecamp atau mengunduhnya di ponsel.

Selain itu, kita juga perlu membawa pisau lipat, tali, serta flysheet. Sebagian pendaki yang sudah membawa tenda mungkin akan mengesampingkan untuk membawa flysheet. Padahal, peralatan mendaki yang satu ini terbilang penting.

Gunanya adalah untuk melapisi tenda jika terjadi badai. Selain itu, flysheet juga berguna sebagai penahan angin agar suhu di dalam tenda tidak terlalu dingin. 

Baca juga: Ini Dia Jenis Makanan Instan yang Bisa Dibawa Saat Naik Gunung

Selain itu, kita juga perlu membawa kompas, powerbank, ponco atau jas hujan, senter, trekking pole, kantong serbaguna, hingga obat-obatan. Dapatkan segala peralatan mendaki hanya di Eiger Adventure. Eiger menyediakan segala macam perlengkapan mountaineering kualitas terbaik dengan affordable price. Cek sekarang juga, sebelum kehabisan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments