HomeTips & TrickMountaineeringTips Penggunaan Tactical Belt dan Rekomendasi Terbaiknya

Tips Penggunaan Tactical Belt dan Rekomendasi Terbaiknya

Apakah Eigerian sudah pernah kenal dengan tactical belt sebelumnya? Tactical belt atau sabuk taktis merupakan sebuah aksesori yang sering digunakan oleh personel militer, petugas penegak hukum, dan para pecinta kegiatan luar ruangan. Fungsi utama dari belt ini adalah untuk membawa peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dengan mudah dan nyaman.

Lalu, apa saja fungsi dan manfaat tactical belt untuk kegiatan mountaineering? Tactical belt memang bisa menjadi tambahan yang berguna untuk kegiatan mountaineering atau mendaki gunung. Saat mendaki gunung, tentunya Eigerian memerlukan akses cepat dan mudah ke peralatan seperti pisau lipat, senter, peta, dan alat navigasi lainnya. Nah, belt ini akan menyediakan tempat yang nyaman untuk membawa berbagai peralatan, memungkinkanmu untuk mengaksesnya dengan cepat saat dibutuhkan.

Selain itu, sabuk taktis juga akan membantu mendistribusikan beban tambahan di sekitar pinggang dan pinggul, mengurangi tekanan pada punggung dan memberikan keseimbangan yang lebih baik. Tactical belt juga sering dilengkapi dengan loop, saku, dan tempat penyimpanan tambahan yang memungkinkanmu untuk membawa barang-barang kecil seperti pisau lipat, ponsel, atau kompas dengan aman dan nyaman.

Cara Menggunakan Tactical Belt yang Tepat

tactical belt
Sumber: Eiger Adventure

Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara penggunaan sabuk taktis dengan efektif selama kegiatan pendakian gunung:

1. Pilih Belt yang Tepat

Pastikan Eigerian memilih sabuk taktis yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Pilihlah belt yang cukup kuat untuk menahan berat peralatan yang akan Eigerian bawa, tetapi juga cukup ringan agar tidak menambah beban yang tidak perlu.

2. Distribusikan Beban dengan Baik

Saat Eigerian memuat sabuk taktis dengan peralatan, usahakan untuk mendistribusikan beban secara merata di sekitar pinggang. Sebaiknya jangan melebihi kapasitas belt dan pastikan barang-barang yang paling sering digunakan ditempatkan pada tempat yang mudah diakses.

3. Atur Keteraturan

Susunlah peralatan dengan rapi di sabuk taktis. Pisau, senter, peta, kompas, dan peralatan lainnya sebaiknya ditempatkan dengan cara yang membuatmu dapat mengaksesnya dengan cepat tanpa harus membuka banyak saku.

4. Pastikan Belt Tetap Nyaman

Lalu, pastikan belt dipasang dengan benar dan nyaman di sekitar pinggang. Pastikan juga tidak terlalu ketat atau terlalu longgar, supaya belt tetap stabil tanpa mengiritasi kulit atau menyebabkan ketidaknyamanan selama pendakian.

5. Latihan Penggunaan

Sebelum memulai pendakian, sebaiknya latihlah penggunaan sabuk taktis. Pastikan Eigerian dapat dengan mudah mengakses peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan tanpa harus melihat secara terus-menerus.

6. Perhatikan Keselamatan

Tips berikutnya, pastikan belt dilengkapi dengan sistem pengencang atau gesper yang kuat untuk memastikan bahwa belt tetap di tempatnya sepanjang perjalanan. Hal ini akan mencegah belt melorot atau terlepas saat Eigerian sedang berada di medan yang sulit.

Baca juga: 10 Cara Memilih Carrier untuk Mendaki Gunung Agar Tidak Salah Pilih 

Rekomendasi Tactical Belt Terbaik dari EIGER

Di bawah ini ada rekomendasi tactical belt dari EIGER, beserta produk-produk pendukungnya yang bisa Eigerian pilih. Cek satu per satu, yuk!

1. TACTICAL BELT

tactical belt

Lentur saat dipakai, ikat pinggang Tactical ini hadir untuk mendukung misi harianmu. Nyaman untuk pemakaian sepanjang hari dengan buckle yang mudah disesuaikan, dengan material belt polyester, dan material buckle plastic.

2. CLASSIC BELT 01 1.0

tactical belt

Ikat pinggang Classic Belt 01 1.0 ini juga bisa digunakan untuk melengkapi penampilan baik saat melakukan hiking atau saat melakukan aktivitas sehari-hari. Terbuat dari bahan nilon dengan detail gesper yang bisa disesuaikan untuk kemudahan pemakaian. Fiturnya adalah buckle (gesper) dari bahan zinc alloy dan tip (ujung ikat pinggang) dari bahan besi.

3. BELT NAVIGATOR 1.0

tactical belt

Ikat pinggang Navigator 1.0 ini juga akan melengkapi penampilanmu baik saat berpetualang maupun ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Terbuat dari bahan nilon yang lentur sehingga nyaman dipakai sepanjang hari, dilengkapi dengan logo EIGER dengan teknik laser pada buckle.

4. MENS URBAN TACTICAL SHORT

tactical belt

Nah, celana pendek yang satu ini fleksibel untuk pergerakan dinamis. Men’s Urban Tactical Shorts akan mendukungmu dengan bahan 2-way stretch dan gusset pada bagian selangkangan yang memastikan tak ada yang menghambat pergerakan saat menjalankan misi harian. Dilengkapi dengan 7 saku, celana ini akan membuat perlengkapan EDC (Everyday Carry) selalu mudah untuk diraih kapan saja dibutuhkan.

5. ABRAMS LS TACTICAL TEES

tactical belt

Kaos lengan panjang Abrams ini memiliki fitur yang Eigerian butuhkan untuk pakaian tactical. Terbuat dari bahan yang cepat kering, kaos ini juga dilengkapi dengan sablon logo EIGERTAC di bagian dada.

Baca juga: 4 Rekomendasi Tas Carrier EIGER 45 Liter Terbaik

Dengan menggunakan tactical belt secara efektif, maka Eigerian dapat membawa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan selama pendakian dengan mudah dan nyaman, sehingga meningkatkan pengalaman pendakian secara keseluruhan.

Tactical belt memang sangat berguna untuk kegiatan mountaineering dengan menyediakan tempat yang nyaman untuk membawa peralatan penting dan membantu mendistribusikan beban dengan lebih merata saat Eigerian berada di medan yang sulit. Yuk, temukan berbagai macam perlengkapan mountaineering di website resmi EIGER Adventure. Di website resmi EIGER Adventure, Eigerian bisa belanja produk original dan berkualitas secara online dengan berbagai metode pembayaran yang mudah dan praktis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru