HomeTips & TrickGreen & Healthy6 Cara Ciptakan Udara Bersih di Rumah, Jadi Lebih Produktif!

6 Cara Ciptakan Udara Bersih di Rumah, Jadi Lebih Produktif!

Baik berada di dalam atau di luar ruangan sekitar tempat tinggal kita, kualitas udara bersih yang dihirup bisa berdampak besar pada kesehatan. Sebaliknya, kualitas udara yang tercemar bisa memicu gangguan kesehatan, seperti batuk, sesak napas, mengi, hingga hidung gatal. 

Bahkan meskipun selalu berada di rumah, menurut Environmental Protection Agency (EPA), udara di dalam rumah bisa lebih tercemar dibandingkan udara di luar. Itulah kenapa penting untuk mulai menciptakan udara bersih di tempat tinggal sendiri. 

Menyemprotkan pengharum ruangan saja tidak cukup lho untuk membersihkan udara. Hal ini karena bisa jadi zat kimia yang terkandung di dalamnya berpotensi membahayakan saat dihirup. Eigerian tidak perlu bingung lagi, berikut ini beberapa tips cara efektif untuk menciptakan udara bersih di rumah secara alami. 

Cara Mudah dan Efektif untuk Menciptakan Udara Bersih di Lingkungan Tempat Tinggal

1. Selalu Membuka Jendela Rumah

Ini adalah cara paling sederhana dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan udara segar setiap hari. Bukalah jendela rumah meskipun hanya lima menit dalam sehari untuk mengurangi akumulasi polutan udara berbahaya yang terperangkap di dalam rumah. 

Jika aman, kamu juga bisa mempertimbangkan membuka jendela kamar saat tidur untuk mendapatkan pasokan udara yang bersih. Tentunya tak perlu membuka jendela lebar-lebar dan kamu harus tetap memakai selimut agar tubuh tetap hangat.

Usahakan untuk selalu membuka jendela saat kamu membersihkan ruangan agar sirkulasi udara lancar dan menambah udara segar setelah ruangan bersih.

2. Tambahkan Tanaman Hias untuk Dekorasi Rumah

Sumber: www.treehugger.com

Ada beberapa jenis tanaman hias yang menyaring senyawa organik yang mudah menguap dari udara dalam ruangan. Dengan meletakkan tanaman hias di dalam ruangan bisa membantu meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. Daun maupun akar tanaman hias bisa menghilangkan jejak uap beracun dari dalam ruangan yang tertutup rapat.

Zat kimia tingkat rendah pada udara seperti karbon monoksida dan formaldehida bisa disaring dan dihilangkan dari dalam rumah melalui daun tanaman. Contoh tanaman hias yang bagus untuk memperbaiki kualitas udara seperti spider plant, kaktus, sukulen, dracaena, dan lainnya. 

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Pembersih Udara yang Pas Diletakkan dalam Rumah

3. Gunakan Diffuser dengan Minyak Esensial

Beberapa essential oil bisa ikut dituangkan dalam produk diffuser untuk membersihkan udara di rumah. Tahukah kamu, ternyata essential oil juga dapat mengurangi bakteri di udara? Essential oil seperti kayu putih, cengkeh, dan lavender, terbukti mampu membantu mengurangi jumlah tungau debu di rumah. 

4. Rutin Membersihkan Ruangan dan Perabotan dari Debu

Cara membersihkan debu paling efektif dengan penyedot debu berkualitas yang mampu menyedot debu, serbuk sari, dan bulu hewan, yang semuanya itu bisa cepat menumpuk dan mengganggu sistem pernapasan. 

Gunakan vacuum cleaner dengan filter HEPA (High-Efficiency Particulate Air) sesering mungkin untuk menyedot debu, termasuk pada area sofa, karpet, dan tempat tidur. Selalu rutin mengganti dan mencuci seprai kasur dan bantal setiap minggu untuk membunuh tungau debu dan kuman. 

Selain sofa dan tempat tidur, usahakan untuk menjaga permukaan perabotan rumah yang sering berdebu tetap bersih dengan menggunakan kain lembap untuk menjebak partikel-partikel debu. 

5. Singkirkan Hal-Hal yang Bisa Mencemari Udara

Kembali pada pembahasan di awal, kualitas udara yang kita hirup, sangat penting dan berdampak terhadap kesehatan. Untuk menuju kualitas udara bersih, salah satu cara mudah dan efektif dengan menyingkirkan apapun yang bisa menurunkan kualitas udara dari dalam rumah. Misalnya, perlengkapan pembersih yang kotor, cat, atau bahan kimia lainnya di dalam rumah. Pindahkan saja semua itu ke garasi, gudang atau ruangan lain di luar rumah. 

6. Menjaga Lingkungan Rumah yang Bebas Rokok

Salah satu ancaman yang bisa memperburuk kualitas udara dalam ruangan adalah asap rokok yang mengandung banyak bahan kimia, di antaranya beracun dan bersifat karsinogenik. Paparan asap rokok di dalam rumah bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan pada anak-anak dan lansia.

Usahakan untuk menciptakan rumah bebas asap rokok agar kualitas udara semakin baik. Jika Eigerian merupakan perokok, sebisa mungkin mencegah asap rokok memasuki ruangan dalam rumah. Tentukan area khusus merokok di luar rumah serta jauh dari pintu dan jendela agar rumah bebas asap rokok. 

Mulai Gaya Hidup Sehat Bersama EIGER Adventure

Itulah beberapa tips cara mudah dan efektif untuk menciptakan kualitas udara bersih di rumah. Selalu ingat bahwa kualitas udara yang kotor penuh dengan zat pemicu berbagai penyakit. Sebaliknya, dengan selalu menciptakan udara yang bersih di lingkungan rumah membuat kita sehat secara jasmani dan mental serta segar secara pikiran, sehingga lebih produktif setiap hari.

Kamu bisa melengkapi berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk menjaga kualitas udara yang sehat di rumah. Sedangkan untuk penampilan from head to toe yang menunjang aktivitasmu semakin produktif setiap hari serta perlengkapan healthy lifestyle lain seperti baju olahraga, tumblr, totebag, tempat makan, dan lainnya bisa dibeli di website resmi Eiger Adventure Official

Jaminan produk original dan berkualitas, harga terjangkau, dengan banyak pilihan metode pembayaran yang bisa kamu pilih mulai dari bank transfer, paylater, COD, dan lainnya. Berbelanja online semakin menguntungkan dengan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru