HomeTips & TrickLifestyle10 Menu Natal Nikmat Dari Hidangan Pembuka Sampai Penutup

10 Menu Natal Nikmat Dari Hidangan Pembuka Sampai Penutup

Merayakan hari Natal tak lengkap rasanya tanpa makan bersama. Berikut menu Natal khas Indonesia yang bisa kamu buat di rumah!

Hai Eigerian! Hari Natal segera tiba. Artinya, liburan akhir tahun dan momen hangat bersama orang-orang terkasih juga semakin dekat.

Ada banyak cara merayakan hari Natal, mulai dari berkumpul bersama keluarga hingga liburan ke luar kota. Namun, dari sekian banyak cara merayakan kehangatan Natal, ada satu tradisi yang tak pernah dilewatkan, yakni makan bersama.

Dalam setiap perayaan apapun, acara makan bersama adalah kegiatan wajibnya orang Indonesia. Mulai dari acara ulang tahun, pernikahan, lebaran, Natal, dan tahun baru.

Pasalnya, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Preserve Articles, makanan dapat memenuhi kebutuhan emosional seseorang. Makanan juga menjadi instrumen yang penting untuk mengembangkan hubungan sosial.

Menariknya, Indonesia yang dikenal memiliki kekayaan kuliner nusantara juga memiliki beberapa menu Natal dari berbagai daerah. Mulai dari makanan pembuka sampai penutup, berikut daftar menunya!

Baca Juga: 3 Inspirasi Style Kupluk Pria yang Fashionable dan Anti-mainstream

Menu Natal Nikmat Khas Nusantara

menu natal
(Foto memasak makanan. Sumber: EIGER Adventure)

Jika Swedia memiliki hidangan salmon, lalu Venezuela memiliki hidangan khas halleca, maka Indonesia memiliki deretan menu Natal berikut yang tak kalah nikmat!

1. Ikan Kuah Kuning Khas Ambon

menu natal
(Foto ikan kuah kuning. Sumber: Patiupdate.com)

Menu Natal pertama yang bisa kita buat di rumah adalah ikan kuah kuning khas Ambon. Menu hangat nan segar ini bisa jadi hidangan utama saat malam natal, terlebih jika Eigerian tinggal di tempat yang cukup dingin.

Menyantap ikan kuah kuning dengan nasi hangat dan sambal merupakan kenikmatan yang luar biasa. Terlebih lagi jika disantap bersama keluarga atau sahabat.

Ikan kuah kuning ini umumnya dibuat menggunakan ikan tongkol yang dimasak bersama kunyit dan rempah-rempah, kemudian disajikan bersama papeda. Memasak menu yang satu ini bersama keluarga juga sangat menyenangkan.

2. Babi Panggang Karo

menu natal
(Foto babi panggang. Sumber: Cookpad/Monica Lumbanbatu)

Jika Eigerian berada atau berasal dari Sumatera Utara, tentu sudah tak asing dengan hidangan utama yang satu ini.

Babi panggang merupakan salah satu menu natal khas masyarakat Sumatera Utara terutama Kabupaten Karo.

Sesuai dengan namanya, babi panggang dibuat dengan tambahan aneka bumbu seperti kecap manis, daun serai, dan bawang putih. Menikmati hidangan ini bersama orang-orang tersayang tentu memiliki kenikmatan tersendiri.

Baca Juga: 5  Style Jaket Jeans Wanita Bikin OOTD Tambah Keren

3. Ikan Bumbu Arsik Khas Sumatera Utara

ikan bumbu arsik
(Foto ikan bumbu arsik. Sumber: Fimela.com)

Selain babi panggang, menu Natal lain khas Sumatera Utara adalah ikan bumbu arsik. Makanan ini menggunakan ikan mas yang dicampurkan dengan aneka bumbu rempah-rempah seperti asam patikala, andaliman, bunga kecombrang, dan lokio.

Jika dilihat dari rempah-rempahnya saja, kita sudah dapat membayangkan betapa segar dan gurihnya ikan bumbu arsik ini.

Hidangan berkuah ini tentu akan makin nikmat jika disantap dengan nasi hangat, sambal, dan dinikmati bersama-sama.

4. Ayam Rica-rica Khas Manado

ayam rica-rica
(Foto ayam rica-rica. Sumber: Endeus.tv)

Ayam rica-rica termasuk menu Natal khas Manado, Sulawesi Utara. Ayam rica-rica memiliki cita rasa pedas nan nikmat, serta selalu menjadi hidangan paling ditunggu.

Ayam rica-rica sendiri dimasak menggunakan kombinasi berbagai bahan seperti daun jeruk, daun salam, daun pandan, daun bawang, dan kemangi. Oleh karena itu, ayam rica-rica memiliki aroma yang sangat menggoda.

Meskipun identik menggunakan daging ayam, sebenarnya bumbu rica-rica juga bisa digunakan untuk ikan laut, ikan air tawar, daging, jeroan, bahkan tempe dan tahu.

Baca Juga: 5 Alternatif Kado Untuk Cowok yang Menarik dan Berkesan

5. Klappertaart Khas Manado

kue klappertaart
(Foto kue klappertaart. Sumber: Femina.co.id)

Masih dari Manado, menu selanjutnya adalah klappertaart yang biasa disajikan sebagai hidangan penutup.

Klappertaart merupakan hidangan manis yang berisi daging kelapa, kemudian dipadukan dengan buah kismis dan kayu manis sebagai penguat rasa. Selain itu, hidangan ini juga bisa dikombinasikan dengan aneka topping lainnya.

Kue manis yang satu ini tentu akan sangat disukai oleh semua orang, terutama anak-anak. Oleh karenanya, hidangan ini juga cocok disantap bersama keluarga atau teman.

Ditambah lagi, menurut Journal of Applied Sciences, rasa manis memiliki efek psikologis yang kompleks. Rasa manis juga bisa mempengaruhi minat untuk menjalani hubungan dan perilaku yang romantis.

6. Ayam Budu-budu Khas Makassar

ayam budu-budu Makassar
(Foto ayam budu-budu Makassar. Sumber: Tastemade.com)

Usai menjelajahi kuliner Natal khas Manado, kita beranjak ke Kota Makassar. Disini, ada satu kuliner khas Natal yang bisa memanjakan lidah, ayam budu-budu namanya.

Makanan yang satu ini kerap kali dihidangkan saat perayaan Natal. Menu ini dibuat dari bahan dasar daging ayam yang dibumbui dengan asam jawa, jeruk nipis, jahe, dan daun bawang. Apakah Eigerian sudah pernah mencobanya?

7. Kue Lapet Khas Tapanuli

kue lapet
(Foto kue lapet. Sumber: Tripelaketoba.com)

Menu Natal selanjutnya adalah kue lapet khas Tapanuli. Kue ini dibungkus dengan daun pisang dan terbuat dari gula aren, tepung beras, dan kelapa parut.

Kue yang satu ini akan semakin nikmat ketika disantap selagi hangat. Sebab, dalam satu gigitan, kita bisa merasakan manisnya gula aren yang lumer di mulut.

Baca Juga: 5 Cara Menerapkan Hidup Minimalis yang Jauh dari Stress

8. Kue Bagea

kue bagea
(Foto kue bagea. Sumber: Resepkoki.id)

Kue bagea merupakan kudapan khas Nusa Tenggara Timur yang dibuat dari kacang tanah, kenari, dan sagu.

Kue ini memiliki tekstur yang renyah, gurih, dan lumer di mulut. Kue kering ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan sambil merayakan Natal bersama orang-orang terkasih.

9. Sup Brenebon Khas Minahasa

sup brenebon
(Foto sup brenebon. Sumber: Reseppedia.com)

Sup Brenebon merupakan makanan khas Minahasa, Sulawesi Utara yang biasa disajikan saat Natal. Sup brenebon dibuat dari aneka rempah-rempah seperti cengkeh, pala, dan kuah kaldu sapi atau ayam.

Selain itu, hidangan berkuah yang hangat dan nikmat ini juga sering disajikan bersama sambal dan nasi putih hangat.

10. Pa’piong

pa’piong
(Foto pa’piong. Sumber: Bogordaily.net)

Pa’piong merupakan hidangan Natal khas Toraja, Sulawesi Selatan. Hidangan ini dibuat dari dari babi atau ayam, serta rempah-rempah lainnya.

Uniknya, hidangan ini dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam bambu lalu dibakar. Oleh karena itu, pa’piong memiliki cita rasa yang unik dan lezat.

Selain merayakan Natal dengan berbagai menu khas nusantara, kita juga bisa menggunakan produk fashion yang kompak bersama keluarga.

Eigerian bisa menemukan berbagai produk fashion, perlengkapan travelling, dan aksesoris lainnya dengan berbelanja melalui Website EIGER Adventure Official.

Proses belanja online di situs web EIGER sangatlah mudah dan nyaman. Didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti paylater, bank transfer, hingga COD. Dapatkan juga harga terbaik dan promo menarik untuk berbagai barang pilihan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments