HomeTips & TrickRidingOff Road: Pengertian dan 7 Macamnya

Off Road: Pengertian dan 7 Macamnya

Off road termasuk dalam aktivitas outdoor yang banyak digemari. Apakah Eigerian telah memahami apa itu off road beserta jenisnya?

Seperti yang sering kali kita lihat, off road merupakan aktivitas berkendara selain di jalan raya. Biasanya, off road dilakukan di alam bebas dengan berbagai jalur ekstrem.

Mulai dari jalanan di hutan belantara, tanah basah dan berlumpur, menyebrangi sungai, melewati kubangan air, hingga bebatuan terjal. 

Namun, jalur seperti inilah yang dicari oleh para off roader karena bisa memicu adrenalin.

Jadi, semakin menantang jalur yang dilalui, akan semakin terasa menyenangkan. 

Selain itu, pemandangan alam bebas yang memanjakan mata juga termasuk alasan mengapa off road banyak disukai.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Touring Terbaik dan Ternyaman dari Eiger

Macam-Macam Off Road

macam macam off road
(Foto sepeda gunung. Sumber: EIGER Adventure)

Ada banyak sekali jenis off road yang cukup populer dan banyak digemari oleh kaum pria atau wanita yang suka petualangan.

Apa saja, ya, macam-macam off road? Berikut penjelasannya yang perlu Eigerian ketahui.

1. Sepeda Gunung

Salah satu jenis off road yang cukup mudah ditemui adalah sepeda gunung. Ini merupakan bentuk yang paling sederhana dari kendaraan off road.

Sepeda gunung bisa digunakan untuk berbagai jalur kering, baik itu jalan lurus, menurun, atau pun tanjakan.

Sepeda gunung juga memiliki kemampuan baik untuk melewati jalanan berkerikil maupun track yang kotor.

2. Motocross

Motocross merupakan jenis off road berupa sepeda motor yang lebih mudah untuk dikendarai daripada sepeda karena memiliki mesin.

Biasanya, kendaraan yang satu ini dirancang khusus untuk melewati jalur balapan. Dengan tempat yang biasanya tertutup dan lintasan pendek.

Selain itu, lintasan balapan motocross diwarnai dengan beberapa lompatan, roda bekas, hingga kubangan air atau kotoran lain sehingga lebih menantang sang pengendara.

Mengingat lintasannya yang cukup ekstrim dan disertai beberapa jalur lompatan,  motocross memiliki suspensi yang dirancang untuk menangani tekanan saat mendarat.

Tempat bahan bakar kendaraan ini juga cenderung kecil karena memang dirancang untuk penggunaan jangka pendek. Bukan untuk berkendara jauh dalam waktu yang lama.

3. Motor Trail

Masih tentang off road menggunakan sepeda motor, ada juga yang disebut dengan motor trail.

Kendaraan off road yang satu ini biasa disebut sebagai motor dual sport. Ini merupakan sepeda motor yang dapat digunakan pada jalan raya biasa, tetapi juga mampu melewati perlintasan ekstrem untuk off road.

Motor trail yang dinilai multifungsi ini pun banyak digunakan oleh para travelers untuk melakukan riding adventure

Misalnya untuk menjelajah wilayah antar kota, melintasi hutan, maupun jalur berlumpur yang menantang nyali pengendaranya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi OOTD Pria untuk Riding, Mana yang Kamu Pilih?

4. 4-Wheelers (ATVs)

4-Wheelers (ATVs)
(Foto pengendara ATV. Sumber: Unsplash.com)

Eigerian pasti sudah tak asing lagi dengan jenis off road yang satu ini. 4-Wheelers (ATVs) memang cukup banyak dijumpai di daerah wisata alam bebas.

Kendaraan beroda empat ini memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan motor trail. Namun, cenderung lebih mudah untuk dikendarai karena cukup stabil ketika melewati berbagai track yang ekstrem.

Sayangnya, pengendara yang gagal menjaga keseimbangan saat mengendarai ATV akan mudah untuk terguling. Hal itulah yang justru menjadi pengalaman menarik ketika berkendara.

ATV banyak ditemui sebagai kendaraan roda empat dengan bentuk terbuka. Namun tak jarang, ATV juga disertai dengan kursi depan dan belakang, serta jendela dan pintu layaknya mobil pada umumnya.

Kendaraan off road yang satu ini bisa digunakan untuk melalui berbagai jalur menantang, seperti lereng gunung, lahan pertanian, hingga peternakan, dan alam bebas lainnya.

5. UTV

UTV merupakan jenis kendaraan off road lainnya yang juga banyak digemari oleh pecinta tantangan di alam bebas.

Kendaraan UTV ini hampir mirip dengan ATV, tetapi memiliki ukuran yang sedikit lebih besar. Pengaturan tempat duduk untuk penumpangnya pun agak berbeda.

ATV terbuka biasanya tidak memiliki tempat duduk berupa kursi sehingga pengendara harus duduk di atas mesin. UTV tidaklah demikian karena dilengkapi kursi penumpang yang lebih nyaman.

Oleh karena itu, UTV bisa digunakan oleh 2-6 orang penumpang di dalamnya. Selain digunakan sebagai sarana hiburan yang menantang, seperti off road, UTV juga banyak dipakai untuk keperluan berburu di alam bebas.

Sama seperti ATV, kendaraan UTV juga lebih rentan untuk terguling pada jalur yang ekstrem.

6. Jeep Off Road

jeep
(Foto mobil jeep. Sumber: EIGER Adventure)

Jeep merupakan merek kendaraan roda empat lainnya yang juga banyak digunakan sebagai alat off road.

Kendaraan yang sudah ada sejak zaman perang dunia ini memang cukup andal melewati berbagai kondisi jalan. Mulai dari area berlumpur, berpasir, lahan basah, kerikil atau batu, salju, bahkan sungai.

Eigerian yang ingin melakukan off road menggunakan Jeep bisa membeli atau menyewa mobil dengan merek sama.

Bisa juga menggunakan mobil lain yang mirip dengan Jeep, seperti Toyota FJ40 Land Cruiser, Chevrolet K5 Blazer, Ford Bronco, Mercedes G-Class, atau International Harvester Safari II.

Baca Juga: 6 Jenis Tanda Rambu Lalu Lintas Di Indonesia, Rider Wajib Paham!

7. Sandrail

Jenis off road berikutnya yang mungkin dapat Eigerian coba ialah sandrail.

Sandrail merupakan kendaraan off road yang didesain khusus untuk melalui jalur berpasir.

Biasanya, kendaraan ini memiliki kerangka terbuka berupa besi tanpa pintu maupun jendela. Jadi, pengemudi rentan terkena partikel berpasir saat melaju di jalur sandrail.

Oleh sebab itu, pengendara off road jenis sandrail disarankan untuk menggunakan pakaian tertutup lengkap dengan kacamata sebagai pelindungnya.

Kendaraan off road yang satu ini biasa digunakan pada gumuk pasir yang datar maupun curam. 

Semakin ekstrem jalurnya, maka kian menantang sang pengendara karena sensasi guncangan dan terguling dirasa menyenangkan.

Itu dia berbagai jenis off road yang dapat Eigerian coba. Selain memerhatikan pemilihan kendaraan yang sesuai, penting juga bagi kita untuk memilih pakaian dan aksesoris saat melakukan off road.

Misalnya, dengan perlengkapan outdoor dari EIGER yang bisa dipesan secara online melalui situs web resmi EIGER Adventure Official.

Kita bisa berbelanja dengan mudah, cepat, dan aman. Didukung oleh berbagai metode pembayaran serta pilihan promo menarik lainnya.

Tunggu apalagi, segera belanja produk EIGER berkualitas dengan harga terjangkau sekarang juga, ya!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru