HomeTips & TrickGreen & HealthyOlahraga Saat Sakit Ternyata Banyak Manfaatnya, Perhatikan Tips Ini!

Olahraga Saat Sakit Ternyata Banyak Manfaatnya, Perhatikan Tips Ini!

Sedang tidak enak badan, apakah Eigerian memilih untuk rebahan saja? Ketika sedang sakit, istirahat memang menjadi hal yang sangat penting untuk pemulihan tubuh. Tapi selain itu, ada beberapa hal yang perlu Eigerian lakukan termasuk olahraga saat sakit.

Perlu dipahami bahwa aktivitas fisik ringan dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu dalam distribusi nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Kurang olahraga saat sakit, tentunya bisa memperlambat proses ini. Selain itu, tidak bergerak dalam waktu lama juga dapat menyebabkan kekakuan otot dan sendi, yang bisa membuatmu merasa lebih lemah dan sakit.

Sebagian orang mungkin masih ragu, apakah boleh olahraga saat sakit? Kalau Eigerian mengalami penyakit yang masih tergolong ringan dan gejalanya terjadi di bagian leher ke atas, seperti pilek, hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan, dan sakit kepala, maka Eigerian masih boleh berolahraga. Tapi, sebaiknya olahraga yang dilakukan adalah olahraga yang berintensitas rendah.

Spesialis penyakit menular di Universitas California, San Fransisco mengungkapkan bahwa olahraga saat pilek atau flu tidak akan menyebabkan komplikasi. Dengan catatan, Eigerian tidak sedang memiliki masalah medis lainnya, ya. Nah, olahraga ringan saat flu justru bisa menjadi cara yang efektif untuk melancarkan hidung tersumbat. Selain itu, berolahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan suhu tubuh dengan berkeringat, sehingga tubuh bisa membunuh virus penyakit yang Eigerian alami. 

Manfaat Tetap Olahraga Saat Sakit

olahraga saat sakit
Sumber: Eiger Adventure

Olahraga saat sakit memang bisa memberikan beberapa manfaat, asalkan dilakukan dengan bijak dan dalam kondisi yang tepat. Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga ringan saat sakit yang perlu Eigerian ketahui:

1. Meningkatkan Mood

Aktivitas fisik ringan akan membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Hal ini karena olahraga bisa merangsang produksi endorfin, hormon yang dapat memberikan perasaan bahagia dan nyaman.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Olahraga ringan juga akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang kemudian bisa membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dengan lebih efektif.

3. Meredakan Gejala Ringan

Untuk beberapa jenis penyakit ringan seperti pilek biasa, olahraga ringan akan membantu meredakan gejala seperti hidung tersumbat dengan membuka saluran pernapasan.

4. Meningkatkan Energi

Walaupun terdengar cukup kontradiktif, tapi aktivitas fisik ringan dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa lelah.

5. Menjaga Mobilitas dan Kesehatan Otot

Berolahraga ringan juga dapat membantu mencegah kekakuan otot dan sendi serta menjaga mobilitas tubuh, yang penting terutama jika sakit membuatmu banyak berbaring.

Namun, sangat penting untuk membedakan jenis dan tingkat keparahan penyakit. Berikut ini adalah pedoman umum yang dapat membantu menentukan apakah aman untuk berolahraga saat sakit:

  • Gejala di Atas Leher: Jika gejala terbatas pada hidung meler, sakit tenggorokan ringan, atau hidung tersumbat, maka olahraga ringan seperti berjalan atau yoga biasanya aman dilakukan.
  • Gejala di Bawah Leher: Tapi jika gejala melibatkan dada, seperti batuk parah, sesak nafas, demam tinggi, atau nyeri tubuh, maka sebaiknya istirahat total dan hindari olahraga hingga kondisi membaik.

Baca juga: Praktis! 8+ Olahraga Indoor di Rumah Tanpa Alat & Manfaatnya

Tips Olahraga Saat Sakit, Agar Lekas Fit

olahraga saat sakit
Sumber: Eiger Adventure

Saat sakit, olahraga sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan memperhatikan beberapa hal. Namun, sangat penting untuk diingat bahwa dalam beberapa kondisi, istirahat total mungkin lebih baik daripada berolahraga. Berikut ini adalah beberapa tips umum yang bisa Eigerian coba:

  1. Dengarkan Tubuh: Jika Eigerian merasa terlalu lemah atau sakit, istirahatlah. Jangan sampai memaksakan diri untuk berolahraga saat tubuh sedang melawan penyakit.
  2. Pilih Olahraga yang Ringan: Jika Eigerian memutuskan untuk berolahraga, pilihlah aktivitas ringan seperti berjalan kaki, yoga, atau peregangan ringan. Hindari olahraga yang terlalu intens atau membutuhkan kekuatan fisik yang besar, ya!
  3. Jaga Hidrasi: Pastikan juga untuk minum cukup air saat berolahraga, terutama saat sakit. Hal ini sangat penting, sebab dehidrasi dapat memperburuk kondisimu.
  4. Perhatikan Gejala: Jika merasakan sesak napas, pusing yang berlebihan, atau nyeri yang tidak biasa saat berolahraga, maka segera hentikan dan istirahat.
  5. Jangan Berbagi Alat Olahraga: Jika Eigerian berolahraga di tempat umum, sebaiknya hindari berbagi alat olahraga untuk mencegah penularan penyakit.
  6. Jaga Kebersihan: Pastikan juga untuk membersihkan alat olahraga atau peralatan yang Eigerian gunakan sebelum dan setelah digunakan.
  7. Istirahat Cukup: Selain berolahraga, pastikan Eigerian juga mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur yang baik akan membantu tubuhmu dalam proses pemulihan.

Baca juga: Rekomendasi Pakaian Olahraga Perempuan, Catat Eigerian!

Olahraga ringan memang bisa membantu dalam proses pemulihan dengan meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi stres. Namun, istirahat yang cukup, asupan nutrisi yang memadai, serta perawatan medis yang tepat merupakan kunci utama untuk pemulihan. Jika tubuh tidak lekas fit saat sakit, maka sangat penting untuk mengevaluasi dan mengatasi berbagai faktor tersebut serta berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika diperlukan.

Selain itu, pastikan untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi fisikmu, ya! Eigerian bisa mengkombinasikan berbagai jenis olahraga untuk menciptakan rutinitas latihan yang bervariasi dan efektif untuk meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

Lebih Semangat Olahraga dengan Outfit Ternyaman dari EIGER

Supaya lebih semangat berolahraga, pastikan juga Eigerian menggunakan outfit olahraga yang nyaman. Yuk, temukan outfit olahraga terbaikmu di website resmi EIGER Adventure atau EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu.

Agar lebih praktis dan mudah, Eigerian juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang kini sudah bisa diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya tersedia lebih lengkap, ada banyak promo menarik, serta gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Ayo, belanja sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru