HomeTips & TrickGreen & HealthyPraktis! 8+ Olahraga Indoor di Rumah Tanpa Alat & Manfaatnya

Praktis! 8+ Olahraga Indoor di Rumah Tanpa Alat & Manfaatnya

Menurut World Health Organization (WHO), setiap orang dewasa dianjurkan untuk melakukan aktivitas olahraga meski di dalam rumah setidaknya selama 30 menit setiap harinya. Namun bagi sebagian orang yang sibuk setiap harinya, rasanya hal ini memerlukan effort lebih untuk meluangkan waktu. 

Setiap usaha untuk tetap berolahraga tentu ada hasilnya berupa kondisi tubuh yang sehat. Maka, usahakan untuk melakukan olahraga indoor ringan di sela-sela kesibukan sehari-hari. 

Berolahraga di rumah tanpa memakai peralatan atau pergi ke gym bisa menjadi pilihan yang praktis dan efektif. Bulatkan tekad dan komitmen, yuk simak beberapa rekomendasi olahraga indoor yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa peralatan apapun.

Rekomendasi Olahraga Indoor yang Dapat Dilakukan di Rumah 

Berikut ini beberapa gerakan olahraga tanpa alat yang bisa kamu lakukan di rumah kapan pun waktunya. 

Jangan lupa ya, mulai dengan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga dan ikuti teknik yang benar untuk menghindari risiko cedera.

1. Squat

Gerakan jongkok berdiri yang terus diulang beberapa kali. Squat membantu melatih kekuatan otot paha, bokong, dan punggung bagian bawah.

2. Jumping Jack

Berikutnya olahraga indoor yang sangat mudah dilakukan baik untuk pria maupun wanita. Kamu hanya perlu melompat dan membuka serta menutup kaki dan tangan secara bersamaan. Jumping jack bermanfaat untuk membantu meningkatkan kardiovaskular dan membakar kalori.

3. Reverse Lunge with a Knee Drive

Berdiri dengan kedua kaki rapat, lalu lakukan gerakan mundur dengan salah satu kaki dan angkat lutut ke depan. Gerakan ini melibatkan otot paha, pinggul, dan betis.

4. Plank with Shoulder Top

Dalam posisi plank (tubuh lurus dengan berat badan ditopang oleh lengan), sentuh bahu kanan dengan tangan kiri dan bergantian. Gerakan ini melibatkan otot perut, punggung, dan lengan.

5. Lompat Tali

Meskipun gerakannya hanya melompat, namun lompat tali sangat bermanfaat untuk melatih koordinasi tangan dan kaki, kelincahan, dan mengembangkan kesadaran tubuh yang lebih baik. Pastikan lompat tali dilakukan di ruangan yang cukup besar. 

6. Zumba

Pilihan olahraga indoor yang bisa dilakukan sendiri maupun rame-rame adalah zumba. Olahraga dengan gerakan dan diiringi musik yang semangat ini bisa menjadi pilihan. Cukup dilakukan di rumah tanpa alar, kamu bisa mengikuti setiap gerakan yang menyenangkan dari video zumba online. 

7. Dance Workout

Ikuti video senam aerobik dengan gerakan tarian yang menyenangkan. Kamu bisa menyesuaikan irama musik dan gerakan sesuai selera.

8. Yoga

Yoga membantu meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan ketenangan pikiran. Untuk melakukan yoga, kamu hanya perlu menyiapkan matras atau alas yang nyaman.

Manfaat Rutin Berolahraga di Rumah Meski Sibuk

Bukan tanpa manfaat, olahraga di rumah menawarkan banyak keuntungan bagi kesehatan fisik maupun mental jika dilakukan secara rutin. Berikut beberapa manfaat berolahraga di rumah:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih tahan terhadap berbagai penyakit.
  2. Mengurangi stres dan meningkatkan mood karena berolahraga dapat memicu produksi hormon endorfin.
  3. Berbagai aktivitas fisik di rumah membantu menjaga berat badan tetap ideal dan mengurangi risiko obesitas. Selama berada di rumah, pergerakan tubuh memang terbatas. Oleh karena itu, olahraga penting untuk membantu mempertahankan metabolisme dan pembakaran kalori.
  4. Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Olahraga seperti lari santai atau senam aerobik bisa membantu meningkatkan denyut jantung, kapasitas paru-paru, dan sirkulasi darah lancar.
  5. Olahraga indoor efektif untuk membakar kalori dan mendukung penurunan berat badan.
  6. Berolahraga di rumah seperti squat, lunges, dan plank dapat membangun kekuatan otot-otot tubuh, termasuk otot inti dan punggung.

Baca juga: Jalan Kaki 30 Menit Membakar Berapa Kalori? Ini Jawabannya

Rekomendasi Produk EIGER yang Bikin Olahraga Makin Semangat

Itulah tadi beberapa rekomendasi olahraga di dalam rumah yang bisa Eigerian lakukan di tengah padatnya rutinitas sehari-hari. Jika baru akan memulai olahraga, mulailah dengan intensitas rendah dan durasi yang pendek, kemudian baru tingkatkan. Lakukan pemanasan yang tepat untuk menghindari cedera. Satu hal yang pasti, gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman selama berolahraga, ya!

Produk Eiger berikut ini cocok kamu gunakan saat melakukan olahraga di rumah seperti stretching, cardio, HIIT, lompat tali, aerobik, zumba, dan lainnya. Cek daftar produknya berikut ini.

1. Eiger Mens Flowmotion XT Shorts

Men’s Flowmotion XT Shorts mendukungmu saat berolahraga dengan legging berbahan elastis yang nyaman digunakan. Celana pendek yang dipadukan dengan inner legging ini membuatmu bergerak aktif dan berkeringat berkat teknologi Tropic Dry yang mempercepat proses pengeringan. Jangan ragu memilih celana ini karena dilengkapi ban pinggang elastis, adjuster tali bagian dalam, serta saku di beberapa titik.

2. EIGER IN MOTION LEGGING

Tetap aktif saat berkegiatan sehari-hari dengan memakai Legging Baselayer Motion yang didesain secara spesifik untuk mengikuti lekuk tubuh wanita dan memiliki model slim fit untuk kemudahan pemakaian di bawah lapisan celana lain jika digunakan secara layering ataupun digunakan begitu saja. 

Legging berbahan poly spandex ini telah melalui proses quick dry treatment sehingga lebih mudah kering dan mampu menjaga tubuh tetap segar sepanjang hari. Motion juga diberi treatment COOLMAX yang mampu menjaga suhu tubuh tetap sejuk apapun kegiatan olahraga Anda.

3. EIGER Z-Sutherland Water Bottle

Z-Sutherland adalah botol minum yang cocok digunakan untuk menemanimu saat olahraga, traveling, maupun kegiatan sehari-hari. Terbuat dari bahan ecozen, botol minum yang berdesain simpel dan ringan ini dilengkapi juga dengan loop top.

Bagi Eigerian yang ingin melengkapi perlengkapan olahraga seperti matras, celana legging, baju olahraga, jaket, tumbler, dan lainnya, langsung belanja online sekarang juga melalui website Eiger Adventure Official atau kunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. 

Opsi belanja lebih praktis dan mudah, Eigerian bisa belanja lewat aplikasi dari smartphone. Install sekarang mobile apps EIGER Adventure yang bisa didownload di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Di aplikasi mobile milik EIGER ini, Eigerian bisa melihat katalog produk dan belanja produk incaranmu!

Temukan ratusan produk outdoor gear dari EIGER dengan jaminan produk original, banyak pilihan metode pembayaran, promo menarik, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Yuk, buruan cek dan checkout barang pilihanmu sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru