HomeTips & TrickMountaineeringCara Mendirikan Tenda yang Kokoh Ada Tipsnya, Simak!

Cara Mendirikan Tenda yang Kokoh Ada Tipsnya, Simak!

Tenda camping adalah tempat pelindung yang terbuat dari lembaran kain atau bahan lain yang melekat pada kerangka tiang. Tenda bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari ataupun hujan, terutama saat sedang berada di gunung.

Pada umumnya, tenda punya dua lapisan perlindungan, yaitu dinding bagian dalam yang terbuat dari bahan non waterproof. Dan yang kedua, dinding luar atau disebut juga dengan flysheet yang terbuat dari bahan anti air. Kedua lapisan ini berguna untuk mengatasi faktor kondensasi yang dihasilkan oleh tubuh dan beberapa aktivitas di dalam tenda.

Tenda camping terdiri dari berbagai jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada tenda dome, tenda flysheet, tenda bivak, tenda payung, dan masih banyak lagi jenis-jenis tenda lainnya. Lalu, apa fungsi tenda selain melindungi tubuh dari hujan dan panas saja?

Apa Fungsi dari Tenda Camping?

Cara Mendirikan Tenda
Sumber: Eiger Adventure

Fungsi utama tenda memang untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari dan hujan, bahkan tenda bisa bertahan dalam cuaca yang ekstrem sekali pun. Lantas, apakah fungsi tenda hanya itu saja? Tentu saja tidak, karena masih ada banyak fungsi lain dari tenda camping yang akan dibawah di bawah ini:

1. Tenda sebagai Tempat untuk Beristirahat

Saat melakukan pendakian lebih dari 1 hari, Eigerian wajib membawa tenda untuk tempat beristirahat. Setelah melewati perjalanan yang cukup jauh, Eigerian bisa mengembalikan energi untuk perjalanan berikutnya dengan mendirikan tenda.

Tenda bisa dipasang di tempat yang datar dan tidak terlalu dekat dari sumber air, karena sumber air identik dengan keberadaan hewan buas. Sebaiknya tenda dipasang beberapa meter dari sumber air tersebut.

2. Tenda sebagai Tempat yang Nyaman untuk Berlindung

Saat ingin beristirahat selama perjalanan mendaki gunung, tenda bisa menjadi tempat yang nyaman untuk berlindung. Sebenarnya, bisa saja Eigerian tiduran di atas semak-semak yang tersedia di gunung, tapi cuaca bisa saja berubah, misalnya tiba-tiba turun hujan. Jadi, mendirikan tenda bisa menjadi solusi untuk berlindung dari air hujan.

3. Tenda sebagai Tempat untuk Memasak

Selain menjadi tempat untuk berteduh dan beristirahat, Eigerian juga bisa menggunakan tenda sebagai tempat untuk memasak. Terutama jika hembusan angin di gunung sangat besar, atau saat hujan turun. Eigerian tidak perlu khawatir hawa di dalam tenda menjadi panas, karena lapisan dalam tenda sudah dilengkapi dengan bahan non waterproof.

Bagaimana Cara Mendirikan Tenda yang Kokoh?

Cara Mendirikan Tenda
Sumber: Eiger Adventure

Cara memasang tenda yang kokoh memang tidak bisa sembarangan, apalagi jika Eigerian baru pertama kali mendirikan tenda. Tentunya, diperlukan cara-cara khusus supaya tenda bisa bediri dengan kokoh, nyaman, dan aman dari hembusan angin gunung yang sangat kencang.

Nah, berikut ini adalah cara pasang tenda yang kokoh dan benar yang bisa Eigerian ikuti:

1. Temukan Area yang Cukup Luas untuk Mendirikan Tenda

Lokasi akan menentukan kenyamanan dalam mendirikan tenda. Jadi, Eigerian perlu mencari tanah yang cukup luas agar lebih mudah dalam memasang pasak, tenda, dan peralatan masak. Tenda untuk dua orang, minimal membutuhkan luas tanah 2 x 2 meter, sedangkan tenda untuk empat orang minimal butuh tanah lapang seluas 3 x 3 meter. Selain itu, pilih juga lokasi tenda yang cukup jauh dari jalur pendakian, karena lalu lalang pendaki bisa mengganggu waktu istirahat.

2. Bentangkan Terpal di Atas Permukaan Tanah

Setelah menemukan tanah yang cukup luas untuk mendirikan tenda, langkah selanjutnya adalah membentangkan kain terpal di atas permukaan tanah agar tenda tidak lembap. Setelah itu, sambungkan frame rangka tenda lalu bentangkan tenda.

Letakkan frame rangka tenda yang telah tersambung di atas kain tenda dengan posisi menyilang, untuk memastikan masing-masing tiang rangka dapat dimasukkan ke dalam selubung luar yang sesuai.

3. Masukkan Frame Rangka Tenda ke Dalam Selubung Luar

Kalau sudah memastikan frame rangka tenda telah sesuai dengan selubungnya, masukkan frame rangka itu ke dalam selubung luar tenda. Kemudian, lakukan hal yang sama pada frame rangka tenda yang lainnya.

Setelah itu, silakan pasang pin pada setiap ujung frame rangka supaya tenda bisa berdiri dengan kokoh. Saat memasang ujung frame pada pin, frame rangka tenda bisa terangkat dan mulai membentuk tenda yang sempurna. Selanjutnya tinggal pasang pasak supaya tenda dapat berdiri kokoh dan tahan angin.

Baca juga: Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Masak di Alam Bebas?

Jangan lupa untuk membuat parit di sekeliling tenda untuk mencegah air masuk ke dalam tenda saat hujan. Dengan begitu, Eigerian bisa tidur dengan tenang jika tiba-tiba turun hujan. Sebab jika tenda tidak memiliki parit, tenda akan menjadi jalur lintasan air yang mengalir dari atap tenda. Nah, parit di sini bisa berfungsi sebagai saluran selokan supaya tenda tidak kebanjiran.

Rekomendasi Tenda Terbaik dari EIGER

Berikut ini ada beberapa tenda dari EIGER yang bisa Eigerian pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan:

1. EIGER STOVER 4P TENTS – Rp2.399.000

Cara Mendirikan Tenda

Stover 4P merupakan tenda untuk kapasitas empat orang yang sangat cocok digunakan untuk kegiatan berkemah dan hiking. Tenda ini punya tiang rangka berbahan duraluminium yang mudah dipasangkan, satu akses pintu masuk dan mesh sebagai ventilasi. Saat tidak dipakai, tenda ini bisa disimpan kembali di carry bag

2. SHACK TENT 2P – Rp1.589.000

Cara Mendirikan Tenda

Shack Tent merupakan tenda kemah untuk kapasitas dua orang yang cocok digunakan untuk kegiatan berkemah di tempat perkemahan. Tenda yang satu ini punya tiang rangka berbahan aluminium yang mudah dipasangkan, satu akses pintu masuk dan mesh sebagai ventilasi. Saat tidak dipakai, Eigerian bisa menyimpannya kembali di carry bag.

Baca juga: Apakah Naik Gunung Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Faktanya

Segala macam perlengkapan mountaineering bisa Eigerian temukan di website Eiger Adventure Official.  Di sana, Eigerian bisa belanja produk original dan berkualitas secara online.

Yuk, temukan berbagai produk EIGER favorit dengan harga terbaik dan promo menarik. Mulai dari potongan harga, voucher, hingga gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Jangan sampai melewatkannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru