HomeTips & TrickGreen & HealthyManfaat Penghijauan dan Cara Sederhana Memulainya

Manfaat Penghijauan dan Cara Sederhana Memulainya

Siapa yang tidak ingin bumi kembali hijau dan nyaman untuk dihuni? Penghijauan menjadi salah satu langkah nyata yang bisa dilakukan siapa saja, dengan berbagai skala berbeda. Hal ini kemudian banyak dilakukan pegiat pelestarian lingkungan, dalam upaya riil mengembalikan kondisi bumi.

Seperti kita pahami bersama, kerusakan ekosistem dan lingkungan membuat kualitas kehidupan di muka bumi ini semakin rendah dari hari ke hari. Penyebabnya tak lain adalah aktivitas manusia modern, dan industri yang dijalankan tanpa mempertimbangkan kelestarian lingkungan.

Penghijauan sendiri juga senada dengan peringatan Hari Sejuta Pohon, yang diperingati rutin setiap tanggal 10 Januari. Peringatan ini dilakukan guna memberikan awareness pada masyarakat mengenai pentingnya pohon, sebagai penopang kehidupan di bumi.

Mengetahui manfaat penghijauan sendiri akan jadi langkah awal untuk menerapkan cara sederhana melakukannya, dimulai dari diri sendiri.

Manfaat Penghijauan, untuk Bumi, untuk Kita

penghijauan
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Manfaat penghijauan sendiri tak hanya bisa dirasakan oleh kita, sebagai bagian terkecil dari ekosistem di bumi ini, namun juga untuk bumi secara umum. Berikut beberapa manfaat penghijauan yang bisa dirasakan.

1. Kualitas Udara Membaik

Seperti kita pahami, tanaman membantu mengurangi polusi udara dengan menyerap karbondioksida yang ada dan mengubahnya menjadi oksigen. Semakin hijau bumi ini, maka semakin baik pula kualitas udara yang dimiliki.

Ketika di suatu daerah memiliki lahan terbuka hijau yang terawat dan terjaga dengan baik, maka otomatis daerah tersebut akan memiliki kualitas udara yang baik pula. Ini mengapa, penghijauan perlu dilakukan di setiap daerah, agar pengolahan karbondioksida bisa lebih optimal.

Baca Juga : Mengenal Konsep Mindfulness Di Era Kekinian

2. Area Daerah Aliran Sungai

Secara praktis setiap makhluk hidup bergantung dengan keberadaan air bersih. Penghijauan, dalam hal ini, juga dapat membantu menjaga daerah aliran sungai agar sungai tetap memiliki air yang bersih dan bisa digunakan semua makhluk hidup.

3. Mengontrol Iklim

Senada dengan apa yang jadi manfaat di poin pertama tadi, lahan yang hijau juga dapat membantu mengontrol iklim agar tidak berubah terlalu drastis. Peningkatan aktivitas manusia yang merusak alam dapat memperparah efek penuaan bumi, yang semakin lama semakin rusak.

Polusi udara jadi penyebab utama mengapa iklim perlahan berubah. Bahkan di Indonesia yang memiliki iklim tropis, kini pergantian musim tak lagi dapat diprediksi. Maka dari itu, penghijauan perlu digalakkan, agar Indonesia kembali memiliki iklim dan pergantian musim yang jelas.

4. Pencegahan Banjir

Pepohonan besar memiliki akar dan kebutuhan air yang tinggi. Ketika hujan datang, air yang jatuh akan terserap ke dalam tanah dan diserap oleh pepohonan besar ini. Hal ini yang menyebabkan banjir tidak terjadi, serta menghindari terjadinya tanah longsor.

Penghijauan, terlebih di area yang memiliki curah hujan tinggi, perlu dilakukan agar kondisi tanah dan penyerapannya tetap ideal. Di waktu yang sama, juga agar tanah tidak mudah longsor karena kemudian ditahan oleh akar-akar besar dari pepohonan.

5. Habitat Hewan Liar

Sudah berapa kasus kepunahan yang terjadi akibat kerusakan habitat alami hewan liar? Hal ini dikarenakan penebangan dan pembukaan lahan yang tidak terkontrol, sehingga rumah dari hewan liar yang bersifat endemik ini perlahan hilang.

Dengan melakukan penghijauan, terlebih di area hutan-hutan alami, kita bisa membantu mengembalikan rumah dari hewan liar yang ada di sana. Dengan demikian hewan ini akan tetap lestari dan ada sampai masa anak cucu kita nanti.

6. Secara Sederhana, Menyegarkan Pandangan

Well siapa yang tak suka melihat asrinya alam yang didominasi warna hijau? Semua orang menyukai pemandangan indah ini, dimanapun mereka berada. Bahkan tak jarang orang-orang kota rela menempuh jarak ratusan kilometer hanya untuk menikmati suasana hijau di pedesaan.

Selain bermanfaat secara langsung untuk bumi dan manusia di dalamnya, secara estetika alam yang hijau juga indah dan sedap dipandang. Untuk pikiran dan batin, hal ini sangat menenangkan dan membawa efek positif bagi manusia.

Melihat Berbagai Manfaat Di Atas, Kenapa Tak Mulai dari Diri Sendiri?

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dengan berbagai manfaat di atas, penghijauan tak harus menunggu program pemerintah atau komunitas besar. Kamu bisa memulainya dari diri sendiri, dan dari lingkungan terdekat.

Pertama, kamu bisa membuat kampanye atau gerakan yang diinisiasi sendiri di media sosial. Dengan menggunakan tagar tertentu atau unggahan bertemakan penghijauan, ini sudah jadi bentuk nyata upaya melaksanakan kegiatan tersebut.

Kedua, tanamkan kesadaran bahwa bumi  ini hanya dipinjam dari anak cucu, sehingga harus dijaga agar bisa dikembalikan dengan kondisi lebih baik. Menanam tanaman hijau di area rumah juga akan jadi langkah awal yang baik.

Ketiga, cari website atau komunitas yang bergerak di bidang penghijauan, dan turut serta berpartisipasi di dalamnya. Baik dalam kegiatan online atau offline, semua akan membawa dampak yang signifikan untuk upaya ini.

Baca Juga : Opsi Menarik Camilan Sehat untuk Di Kantor, Klik Di Sini! 

Gerakan penghijauan memang memiliki banyak sekali manfaat. Meski akan sangat terasa jika dilaksanakan secara masif, namun tak ada salahnya kamu melakukan inisiasi dari diri sendiri dan lingkungan terdekat.

Senada dengan semangat penghijauan, Eiger Adventure menyediakan banyak sekali produk, yang tentunya diproduksi dengan memperhatikan dampak lingkungan, untuk mendukung kegiatan kamu. Kamu bisa langsung melihat ke laman produknya untuk mendapatkan produk terbaik dari Eiger Adventure guna mendukung kegiatan penghijauan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru