HomeTips & TrickMountaineeringSederet Peralatan Pendaki yang Diperlukan dan yang Tidak Diperlukan

Sederet Peralatan Pendaki yang Diperlukan dan yang Tidak Diperlukan

Pendakian gunung adalah salah satu kegiatan yang cukup memerlukan persiapan matang, karena secara langsung kamu akan berada di tengah alam terbuka. Berbagai peralatan pendaki harus disiapkan, agar kegiatan ini bisa berjalan lancar hingga saat kamu pulang nanti.

Tapi tahukah kamu di antara banyak barang dan peralatan yang harus dibawa ini, ternyata juga ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa? Well, sebagian besar barang yang tidak boleh dibawa ini memang sebenarnya tidak ada kaitannya dengan pendakian secara langsung, dan justru menambah beban yang kamu bawa saat mendaki.

Nah, untuk mengetahui peralatan pendaki yang harus dibawa dan tidak boleh dibawa, kamu bisa lihat dalam poin singkat berikut ini.

Baca Juga : 10+ Peralatan Mendaki Gunung Wajib Dibawa, Simak Daftar dan Rekomendasinya!

Persiapan dalam Pendakian

peralatan pendaki
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Terlebih dahulu, agaknya akan relevan jika dibahas persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum pendakian. Terdapat artikel khusus untuk membahas persiapan pendakian ini, namun secara singkat, beberapa hal yang harus dipersiapkan sebenarnya cukup sederhana.

Pertama adalah mental, kemudian fisik, baru peralatan dan perlengkapan pendakian. Mental diperlukan karena nantinya saat mendaki kamu harus bisa teguh dan berprinsip menyelesaikannya hingga akhir. Memiliki kemampuan tidak mengeluh adalah kekuatan mental yang baik.

Untuk fisik jelas, kamu harus memiliki fisik yang bugar dan cukup kuat. Kekuatan tubuh bagian atas, tubuh bagian bawah, diperlukan untuk membawa beban yang cukup berat. Baru kemudian persiapan berbagai jenis peralatan dan perlengkapan pendakian, sesuai dengan durasi dan medan pendakian.

Beberapa Peralatan Pendaki yang Wajib Dibawa

peralatan pendaki
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Peralatan pendaki yang wajib dibawa akan cukup banyak. Namun beberapa barang seperti tenda dan perlengkapannya, bisa dibawa beberapa orang saja dalam rombongan karena digunakan untuk kepentingan bersama.

Hal serupa juga berlaku untuk beberapa perlengkapan dan peralatan yang digunakan bersama lainnya. Untuk peralatan pendaki yang dibawa secara umum, adalah sebagai berikut.

1. Tas, Sepatu, dan Pakaian

  • Tas gunung : digunakan untuk membawa semua perlengkapan pribadi, pakaian, perbekalan, dan sebagainya. Ukurannya cenderung menyesuaikan durasi pendakian, sehingga bisa mengakomodir keperluan pendakian yang dilakukan. Sedikit tips, gunakan tas dengan warna terang agar mudah terlihat.
  • Sepatu gunung : jelas perlindungan pada bagian kaki adalah hal penting. Mengingat medan yang dilalui beragam dan mungkin berbahaya, maka penggunaan sepatu gunung yang berkualitas sangat direkomendasikan.
  • Pakaian dan jaket gunung : membawa pakaian cadangan untuk menghangatkan tubuh penting agar kamu tidak merasa kedinginan. Jaket berbahan parasut juga akan baik untuk menangkal angin. Jika memungkinkan, kamu bisa membawa jaket dengan bahan agak tebal sebagai perlindungan pada suhu dingin.

2. Tenda, Alat Makan, dan Perlengkapannya

  • Tenda dan perlengkapannya : dalam satu rombongan biasanya tenda hanya dibawa beberapa saja, sesuai dengan jumlah peserta rombongan. Tentu, dengan semua perlengkapannya.
  • Sleeping bag : perlengkapan pendaki ini diperlukan secara personal, untuk mengoptimalkan waktu istirahat yang kamu butuhkan. Hangat, nyaman, dan bisa melindungi dari hawa dingin, sleeping bag berkualitas bisa dengan mudah kamu temukan. Lengkapi hal ini dengan matras pendakian.
  • Peralatan makan : alat-alat makan dan memasak juga harus dibawa. Untuk alat makan direkomendasikan sebagai perlengkapan personal, untuk alat memasak bisa kolektif.
  • Botol minum : jelas, untuk membawa air minum dan untuk mengisi air saat pendakian.
  • Senter atau headlamp : diperlukan untuk menjadi sumber cahaya saat pendakian dan ketika hari mulai gelap. Korek api juga bisa ditambahkan untuk membantu membuat api saat mendaki.

3. Perlengkapan Lain

  • Tisu : perlengkapan tambahan yang sangat direkomendasikan untuk dibawa adalah tisu. Meski simpel, tapi tisu sebaiknya dibawa karena bisa membantu banyak hal dalam pendakian.
  • Powerbank : powerbank juga cukup diperlukan untuk menunjang pendakian, karena bisa membantu mengisi daya smartphone dan senter yang di-charge menggunakan kabel USB.
  • Kantong plastik : digunakan untuk membawa pakaian kotor, sampah yang dihasilkan selama pendakian, dan berbagai keperluan lainnya.
  • Obat-obatan : perlengkapan kotak P3K dan obat pribadi juga wajib dibawa saat pendakian, karena menjadi hal krusial untuk tetap menjaga stabilitas pendakian.

Lalu Apa Peralatan yang Sebaiknya Tidak Dibawa?

peralatan pendaki
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Beberapa peralatan yang lain, yang tidak secara langsung terkait dengan pendakian, sebenarnya tidak dianjurkan untuk dibawa. Selain bisa menambah barang bawaan yang kamu miliki, peralatan ini juga akan membuat pendakian kurang fokus atau nyaman.

Berikut beberapa peralatan atau perlengkapan yang tidak dianjurkan dibawa.

  • Celana berbahan jeans : meski mungkin tampak keren, tapi celana jeans justru akan menyulitkan pendakian yang dilakukan. Bahannya cenderung kaku, ketat, dan akan semakin berat ketika lembab atau terkena air.
  • Botol kaca : selain memiliki bobot yang lumayan, botol kaca juga memiliki risiko pecah saat dibawa. Tentu saja, ketika botol ini pecah akan menjadi PR untuk kamu dalam membawanya kembali ke bawah.
  • Senjata tajam yang berlebihan : penggunaan senjata tajam sebenarnya diperbolehkan, seperti pisau lipat atau pisau multifungsi. Namun tentu dalam ukuran yang wajar. Kamu tidak perlu membawa pisau terlalu besar atau kapak untuk pendakian reguler yang kamu lakukan.
  • Mainan : secara langsung tidak ada signifikansi membawa mainan saat naik gunung. Kecuali kamu memang ingin membawanya dan sudah sepakat dengan konsekuensi yang harus ditanggung.
  • Buku : sebenarnya buku ini sendiri bisa jadi teman pendakian yang seru. Namun di banyak skenario, membawa buku bisa menambah beban yang cukup berat. Belum lagi dengan risiko buku terkena air dan rusak, yang justru akan merugikan.

Baca Juga : 5 Upaya Menjaga Kebersihan Gunung Mulai dari Langkah Sederhana 

Peralatan pendaki sebenarnya cukup sederhana jika dilihat dari daftar di atas. Kamu bisa mendapatkan semua produk dan peralatan pendakian tersebut, tentu saja, di Eiger Adventure. Dengan kualitas terjamin dan model yang beragam, selain kamu bisa mendapatkan fungsi terbaik kamu juga akan bisa tampil keren saat pendakian. Belanja di Eiger Adventure webstore sekarang, dan dapatkan semua peralatan yang kamu butuhkan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments